facebook

Resep Es LIdah Buaya, Mengambul Manfaat Dari Tanaman Berduri Kaya Manfaat

Rabu, 15 April 2015 - 04:31:08 WIB
Diposting oleh : admin
Resep Es LIdah Buaya, Mengambul Manfaat Dari Tanaman Berduri Kaya Manfaat

Berrykitchen.com > Tips > Tips > Resep Es LIdah Buaya, Mengambul Manfaat Dari Tanaman Berduri Kaya Manfaat

Hai Berrykitcheners :)

Jumpa lagi nih... Hmm... panas banget ya diluar berrykitcheners... musim kemarau segera menjelang nih berrykitcheners... :)

Buat yang seger-seger yuk, kalau sebelumnya berry bahas tentang Lime Squash, nah sekarang, berry akan bahas tentang Lidah Buaya atau istilah kerennya, Aloe Vera. Itu lho tanaman tropis yang memiliki daging berwarna putih dan juga getah yang banyak. Ciri khas tanaman ini adalah duri yang ada di sekujur daunnya. Dari dulu, tanaman ini dipercaya memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan. Walaupun sebelumnya tanaman ini terkenal dapat membantu menjaga kesehatan rambut, tetapi, manfaat lainnya gak kalah oke lho berrykitcheners. Apalagi, belakangan, aloe vera banyak dikonsumsi sebagai minuman yang menyegarkan. 


​

Apa saja sih manfaat yang dimiliki oleh tanaman berduri ini? Yuk simak :)

1. Sebagai Detoksifikasi
Ternyata, Aloe Vera bermanfaat untuk menetralisir racun yang masuk ke tubuhmu lho berrykitcheners. Dengan mengkonsumsi jus lidah buaya, kamu sudah bisa mengambil manfaatnya sebagai penetralisir racun di dalam tubuh lho :)

2. Mengatasi Stress
Vitamin dan mineral yang terkandung di dalam aloe vera, dipercaya dapat mengurangi resiko penyakit yang diakibatkan oleh stress.

3. Meningkatkan Imunitas atau Kekebalan tubuh
Kandungan antioksidan yang ada di dalam Lidah Buaya, mampu meningkatkan imunitas dan daya tahan tubuh terhadap penyakit.

4. Menurunkan kadar gula penderita Diabetes
Dengan mengkonsumsi 1/2 sendok jus lidah buaya secara rutin selama 2 minggu, terbukti mampu untuk menurunkan kadar gula sebanyak 45% lho, tentunya, minumnya jangan pakai gula ya berrykitcheners :)

5. Mengobati ganguan pencernaan
Untuk kamu yang mengalami gangguna pencernaan seperti iritasi usus, tukak lambung, atau perut terasa panas, bisa juga menggunakan lidah buaya. Selain itu, lidah buaya juga bisa menenangkan Esofagus serta mengatasi Refluks Asam.


6. Mengobati luka bakar
Nah, pada daging lidah buaya, terdapat getah yang menyerupai gel. Sejak zaman dahulu, gel yang terdapat pada daging daun lidah buaya ini mampu untuk mengobati luka bakar. 

7. Mengatasi luka lebam dan luka dalam
Tidak hanya luka bakar, getah lidah buaya juga mampu untuk mengatasi luka lebam akibat benturan, datu juga luka dalam.

8. Perawatan kulit
Semenjak tahu bahwa lidah buaya dapat membantu untuk perawatan kulit, banyak lho perusahaan yang memproduksi produk-produk kecantikan memanfaatkan lidah buaya sebagai bahan dasar pembuatnya. Karena, lidah buaya dipercaya dapat menghilangkan bekas luka, menyembuhkan jerawat, detoksifikasi kulit, mengurangi peradangan dan iritasi kulit, serta mampu memperbaiki dan meremajakan kulit. Kereeenn

9. Mengatasi ketombe, rambut rontok, dan kebotakan Naaah...berarti gak salah ya berrykitcheners, kalau beberapa produk shampo tanah air menggunakan tanaman ini, karena memang dipercaya sebagai obat untuk mengatasi ketombe dan gatal pada kulit kepala. Dan bisa juga digunakan sebagai pencegah rambut rontok dan kebotakan. Caranya juga cukup mudah, oleskan lidah buaya pada rambut, dan pijat-pijat, diamkan selama 30-60 menit, lalu dibilas dengan keramas. Waah bisa dicoba nih :)

10. Menjaga kesehatan mulut
Untuk kamu yang memiliki masalah mulut seperti, sariawan, gusi berdarah, lebih baik mulai berfikir untuk rajin mengkonsumsi lidah buaya deh mulai sekarang, karena lidah buaya dapat membantu kamu mengurangi masalah pada mulut lho.

Naah...dari sekian manfaat yang tadi, masa sih kamu tidak berfikir untuk enggan mengkonsumsi tanaman berduri ini? Seperti pepatah bilang, Don
t Jusge The Book By Its Cover, sepertinya tepat dikatakan untuk lidah buaya ini, karena dibalik kulit berdurinya terdapat segudang manfaat. 

Nah, sekarang, berry akan kasih tau kamu bagaimana cara mengkonsumsi lidah buaya yang enak dan segar.

Kamu perlu persiapkan :
1. Lidah Buaya

​
2. Kapur Sirih

​
3. Air

​
4. Sirup

​
5. Garam

​

Cara membuat :
1. Siapkan kapur sirih dan air, hancurkan kapur sirih aduk dalam air
2. Kupas lidah buaya, ambil dagingnya, cuci dan bersihkan lendirnya.
3. Potong-potong lidah buaya dan rendam di dalam larutan kapur sirih dan garam selama kurang lebih 1 jam.
4. Setelah itu, cuci bersih lidah buaya sampai tidak ada sisa lendir dan juga kapur sirih yang menempel. Lidah buaya siap dikonsumsi.
5. Didihkan 700mL air, dan masukkan sirup cocopandan, aduk.
6. Masukkan potongan lidah buaya, masak selama 10 menit di dalam larutan sirup.
7. Angkat, dinginkan, dan es lidah buaya siap disajikan.

Gimana? Sudah kebayang dong? Segera deh pergi ke pasar tradisional terdekat untuk membeli aloe vera atau lidah buaya ini. Males ke pasar tradisional? Supermarket besar juga umumnya menjual lidah buaya dalam berbagai ukuran. 


​

Selama mencoba berrykitcheners :)

Salam Berrykitchen :)


sumber gambar : google.com
Kata Kunci:
Bagikan ke teman Kamu

Gunakan voucher sebelum waktu habis 00 : 00
tutup