facebook

Resep Es Kacang Merah, Hindari Stroke Dengan Cara Enak :)

Rabu, 15 April 2015 - 04:31:08 WIB
Diposting oleh : admin
Resep Es Kacang Merah, Hindari Stroke Dengan Cara Enak :)

Berrykitchen.com > Tips > Tips > Resep Es Kacang Merah, Hindari Stroke Dengan Cara Enak :)

Hai Berrykitcheners...
​

Kacang Merah, apa sih yang pertama ada di benak kamu kalau denger kata itu? 

Kacang Berwarna Merah? Kacangnya besar-besar? Biasa dijual di tukang sayur? 

Itu semua ga salah sih, tapi, kali ini berry akan kasih tahu kamu tentang manfaat kacang merah ini, dan jangan khawatir, berry juga akan kasih kamu cara asik untuk menikmatinya. :)

Kacang Merah adalah tanaman merambat yang memiliki bentuk buah seperti polong yang biasanya terdiri dari 2 atau 3 buah biji dalam satu polong. Kacang merah ini ada beberapa jenis nih berrykitcheners, diantaranya ada Red Bean, atau Kacang Merah biasa, Azuki Bean, atau Kacang merah berukuran kecil, dan kidney bean atau kacang merah yang berukuran besar. Dan di Indonesia, banyak ditemukan jenis Kidney Bean, karena memang ukurannya yang besar. 


Masuk ke fase manfaat dari Kacang Merah, menurut Boldsky.com, terdapat beberapa manfaat dari kacang merah, diantaranya :

- Menghasilkan Energi karena tingginya jumlah zat besi yang terkandung di dalam kacang merah

- Mengontrol Kalori, karena kacang merah dapat memberi rasa kenyang lebih lama, jadi, kamu bisa menahan untuk makan segera nnih berrykitcheners, dengan begitu, bisa dong yaa mengontrol nafsu makan kamu.

- Menjaga Gula Darah dengan serat yang banyak terkandung di dalam kacang merah ini, karena serat, dapat menurunkan tingkat metabolisme kandungan karbohidrat dalam kacang-kacangan.

- Bagus untuk otak dengan Vitamin K dan juga bisa membangun sel otak dengan Vitamin B yang terkandung. Bisa juga menghindari kamu dari penyakit Alzheimer lho... kereeen

- mencegah Sembelit. Ini pasti kamu sudah tau ya, serat yang terkandung di dalamnya, dapat membantu proses pembersihan usus dan juga membantu mempertahankan gerakan usus. Nah, apabila kita Buang Air Besar secara rutin, maka bisa mencegah terjadinya kanker usus besar.

- Kardiovaskular, Magnesium dan Serat yang terkandung di dalam kacang merah ini bisa menurunkan kadar kolesterol jahat juga lho berrykitcheners. Jadi, buat kamu yang ingin terhindar dari penyakit jantung atau stroke, Yuk makan kacang merah. :)

Nah, manfaat sudah, sekarang, berry akan kasih tau kamu cara asik mengkonsumsinya, dibuat Es! Siapa sih yang gak suka es? Semua dari kamu pasti suka sama yang namanya es, apalagi manis. :)

Bahan yang kamu perlukan untuk membuat Es Kacang Merah adalah :
- kacang Merah


​
- Air


​
- Garam


​
- Gula Pasir


​
- Vanili Bubuk


​
- Gula Merah


​
- Cokelat Bubuk


​

Kuah :
- Susu Cair (atau santan, sesuai selera)


​
- Maizena (Untuk mengentalkan)

Pelengkap :
Es Batu, Susu Kental Manis, Meses


​

Cara membuat :
1. Rendam kacang merah dalam air hingga semua bagian terendam selama semalaman gunanya, agar kacang menjadi empuk
2. Setelah dipastikan empuk, didihkan 2 liter air di panci, masukkan dan rebus hingga kacang benar-benar empuk.
3. Masukkan gula, garam, vanili, cokelat bubuk. Pastikan kacang direbus sampai benar-benar empuk, baru dimasukkan bahan tersebut. Karena apabila kacang belum empuk dan dimasukkan bahan-bahan tersebut, sudah dipastikan, bahwa kacang merah tidak akan bisa menjadi empuk. Tunggu sampai air berkurang kira-kira setengahnya.
4. Siapkan kuah, dengan mencampur susu dan maizena, lalu rebus sambil terus diaduk sampai mendidih.
5. Siapkan mangkuk saji, masukkan beberapa sendok kacang merah beserta kuahnya. Lalu masukkan kuah susu dan tambahkan es serut diatasnya. Dan tuangkan susu kental manis sebagai topping. Es kacang merah siap disantap. :)

Cara menghindari dari penyakit stroke yang menjadi momok menakutkan tidak selalu sulit kok berrykitchen, yang penting, kamu tau cara menikmatinya. :)

Salam Berrykitchen :)
Kata Kunci:
Bagikan ke teman Kamu

Gunakan voucher sebelum waktu habis 00 : 00
tutup