facebook

Resep Eclair, Soes Lonjong Lapis Cokelat berisikan Krim :)

Rabu, 15 April 2015 - 04:31:08 WIB
Diposting oleh : admin
Resep Eclair, Soes Lonjong Lapis Cokelat berisikan Krim :)

Berrykitchen.com > Tips > Tips > Resep Eclair, Soes Lonjong Lapis Cokelat berisikan Krim :)

Hai berrykitcheners :)


Cokelat! Co-ke-lat! Siapa sih yang gak suka cokelat? Dari anak kecil sampe orang tua pasti suka deh sama makanan yang satu ini. Bahkan ada grup yang menamakan dirinya chocolate lover lho berryitcheners. Karena memang, selain sebagai mood booster, cokelat juga dipercaya bisa membuat awet muda lho.

Lho, apa hubungannya berry? 

Bayangin aja, dengan cokelat, kamu bisa lebih happy, good mood. Sudah pasti dong, kamu akan banyak senyum. Dan senyum itu sendiri, dipercaya bisa membuat awet muda. Belum lagi manfaat yang didapat karena senyum ke teman-teman kamu setiap pagi. Waaah.... Yaa, asalkan , jangan senyum-senyum sendiri aja ya berrykitcheners. Nanti kamu dikira ehm... hhehe :p

Ok, kali ini, berry akan ajak kamu untuk membuat si lonjong lapis cokelat yang enak banget nih. Eclair!


Iya, eclair... Tau kan? Eclair sebenarnya adalah turunan dari Choux Pastry, atau pastry yang terbuat dari mentega, air, terigu, dan telur, tanpa pengembang. Sebenarnya, ini masih satu keluarga dengan soes, cuma, yang ini bentuknya lonjong. Isinya kuning telur yang dicampur dengan krim. Yaah, bahasa kerennya, Custard atau creme pattiserie :)

Di kafe-kafe, eclairs disajikan dingin, ini bertujuan agar cokelat yang terdapat diatasnya tidak meleleh. Karena memang, eclair ini diberikan cairan cokelat leleh diatasnya. 

Mau tau cara buatnya? Yuk :)

Kamu perlu siapkan :

- 100 gram margarin
- 175 ml air
- 1/2 sdt garam
- 125 gram tepung terigu protein sedang
- 4 btr telur, kocok lepas

Bahan isi :
- 450 ml susu cair
- 200 gram gula pasir
- 1/2 sdt garam
- 60 gram maizena larutkan dengan air
- 1 kuning telur
- 1/4 sdt pasta cokelat
- 1 sdt margarin

bahan Pencelup
- 150 gram dark chocolate, lelehkan
- 25 gram white chocolate, lelehkan

1. Jumlah Telur menjadi penentu disini, jadi harus perhatikan baik-baik. Timbang telurnya, jangan hitung jumlah butir karena ukuran telur gak selalu sama.

2. kita tidak memasak diatas wajan. So, jangan masak terigu di atas api. Segera setelah memasukan terigu, matikan apinya dan aduk.

2. Jangan Berhenti untuk mengaduk, karena kalau berhenti, air dan minyak akan terpisah, dan itu membuat konsistensi adonan menurun. Aduklah terus... 

**tips: pakailah stand mixer dengan dough-hook dan penting juga untuk memakai bowl yang terbuat dari logam supaya dapat membuang hawa panas. Aduk terus dengan kecepatan rendah.

4. Setelah adonan sudah tidak panas, masukkan telur. Karena kalau terlalu panas, maka telur akan terkoagulasi atau mengeras dan tidak membantu prosesnya.

5. Ingat ya, ini adalah Pastry, jadi butuh lebih banyak gluten dibanding cake atau kue biasa. Jadi aduk telur agak lama supaya terigunya membentuk gluten, itu sebabnya terigu tidak boleh dimasak di wajan. Kalau terigu masak di wajan, proteinnya terurai dan tidak akan menjadi gluten. Setelah masuk telur, aduk sekitar 10 menit untuk membentuk gluten pada terigu.

6. Panaskan Oven, perhatikan suhunya sesuai resep, sesuai ukuran. Kalau eclairs bentuknya lonjong. Karena, kalau kamu buat bulat, kue soes dong namanya :p

7. setelah kue mengembang dan kering, keluarkan dari oven dan gunting tepinya supaya uap air yang tersisa bisa keluar, lalu teruskan lagi panggang dengan suhu lebih rendah sedikit lebih lama.

8. Setelah matang, keluarkan dari oven, dinginkan dulu baru diisi dengan custard atau mousse coklat. Atau bisa juga nutella loh :)

9. Setelah isian sudah, celup eclair kamu ke dalam larutan cokelat. Lalu dinginkan di freezer.

10. Eclair kamu siap disantap.


Naah, tambah lagi nih kamus resep kamu berrykitcheners. Udah buruan deh beli bahan-bahannya ke supermarket terdekat. Buat deh.. :)

Salam Berrykitchen :)

Gambar : google.com
Kata Kunci:
Bagikan ke teman Kamu

Gunakan voucher sebelum waktu habis 00 : 00
tutup