facebook

Resep Ceker Tausi, Awet Muda Dengan Ceker Ayam Bukan Cuma Wacana :)

Rabu, 29 July 2015 - 02:00:00 WIB
Diposting oleh :
Resep Ceker Tausi, Awet Muda Dengan Ceker Ayam Bukan Cuma Wacana :)

Berrykitchen.com > Tips > Tips > Resep Ceker Tausi, Awet Muda Dengan Ceker Ayam Bukan Cuma Wacana :)

Hai Berrykitcheners :)

Setelah Lebaran, Makanan Sehat memang menjadi salah satu yang dicari orang saat ini setelah terlalu banyak "dosa" yang dikonsumsi sewaktu lebaran. :)

Nah, sebagian kamu mungkin anti untuk mengkonsumsi bagian dari ayam yang satu ini. Yaitu ceker atau kaki ayam. Atau, justru kamu jadi ceker holic nih? ^_^

Gak ada salahnya kok berrykitcheners. Karena, dibalik rasa dan tekstur dagingnya yang unik. Bahkan, ada yang menjadikan ceker sebagai sajian utama makan sehari-hari. Hmm... Seperti apa ya manfaatnya...

1. Kartilago dalam Ceker, Mampu Mengatasi Asthritis Lho

Di dalam ceker ayam, mengandung berbagai nutrisi diantaranya protein, kolagen, dan juga kartilago. Nah, kartilago inilah kandungan yang istimewa dair ceker ayam karena Kartilago adalah zat yang mampu memperlancar peranan sendi-sendi tubuh kita lho. Apalagi untuk kamu yang memang menderita arthritis atau radang sendi, ceker ayam mampu mengurangi rasa sakit yang ditimbulkan karenanya nih.

Nah, dalam tradisi orang Tiongkok, mereka mencampurkan ceker ayam untuk sup lho, karena ceker ayam dipercaya mampu membantu memperlancar pergerakan tubuh. Bahkan, mereka para master kung fu, selalu memasukkan menu ceker di dalam menu sehari-harinya lho. Wiih kereen...

resep-ceker-tausi

2. Awet Muda Dengan Ceker? Kenapa Tidak!

Belum lama ini, sebuah penelitian yang dilakukan di Taiwan mengatakan bahwa di dalam ceker ayam, mengandung kolagen yang cukup tinggi. Seperti di percaya para ilmuwan, kolagen adalah zat yang mampu membantu meremajakan kulit sehingga kulit terlihat lebih awet muda. Selain itu, ceker ayam juga mampu menguatkan sistem pembuluh darah sehingga peredaran darah bisa lebih lancar.^_^

3. Kandungan Zat Kapur Juga Baik Untuk Kesehatan

Bukan cuma memperlancar persendian dan bikin awet muda lho, ternyata ceker juga mnegandung zat kampur yang fungsinya sebagai zat anti reumatik. Wiihh...

Jadi, beruntunglah untuk kamu yang suka mengkonsumsi ceker, tapi jangan berkecil hati untuk kamu yang tidak suka atau belum suka menikmatinya, karena para ilmuwan sedang mencari cara untuk mendapatkan ekstrak dari ceker ayam tersebut.

Nih berry kasih deh cara untuk menikmati ceker ayam yang enak. Berikut berry kasih kamu Resep Membuat Ceker Ayam Tausi. Seperti apa ya? Yuk simak :)

Kamu perlu persiapkan :

1. 600 g ceker ayam, bersihkan, buang kulit dan kuku
2. 5 siung bawang putih, (dicincang kasar minyak untuk menggoreng)
3. 3 batang daun bawang, (dipotong 2 cm)
4. 2 sdt angkak
5. 2 1/2 liter air (untuk merebus)
6. 1 1/2 sdm tausi, (dihaluskan)
7. 1 1/2 sdt garam
8. 1 bunga lawang (pekak)
9. 1 sdm arak masak, (jika suka)
10. 1 sdm garam
11. 1 sdm gula pasir
12. 1 sdm jeruk nipis
13. 1 sdt minyak wijen
14. 1 sdt tepung maizena, (larutkan dengan 1 sdm air)
15. 1 ruas jari jahe, (diiris tipis)
16. 1/2 sdt merica bubuk

Cara Membuat :

1. Lumuri ceker ayam dengan menggunakan air jeruk nipis serta garam sampai rata, diamkan selama 15 menit, cuci bersih. Rebus ceker ayam dengan 1 liter air mendidih selama 10 menit, lalu tiriskan.
2. Langsung goreng dengan minyak yang banyak serta panas sampai kecokelatan serta matang, angkat, dan ditiriskan.
3. Didihkan sisa air tadi. Masukkan ceker ayam goreng, jahe, bunga lawang, daun bawang, angkak, dan juga garam. Aduk sampai semuanya rata. Masak sampai empuk dan airnya tinggal sedikit saja, angkat ceker ayam serta sisihkan airnya.
4. Tumis bawang putih sampai tercium bau harum. Masukkan ceker ayam dan tausi, aduk sampai rata. Tambahkan arak, merica, gula, minyak wijen, dan air sisa rebusan, aduk sampai semuanya rata. Masak sampai airnya menyusut.
5. Taruh larutan maizena, aduk sampai rata, masak sampai airnya mengental. Lalu angkat.
6. Sajikan dalam keadaan panas karena makanan ini sangat nikmat bila disantap dalam keadaan panas.

resep-ceker-tausi

Gimana, memang sih, tausi biasa berbahan dasar tahu, tapi kali ini, ceker ayam juga gak kalah enak kok :)

Selamat mencoba dan selamat menikmati manfaat ceker ayam ya berrykitcheners :)

Salam Berrykitchen :)
Kata Kunci:
Bagikan ke teman Kamu