facebook

Resep Brokoli Cah Bawang Putih, Sayuran Hijau Kribo Pencegah Kanker :)

Rabu, 06 May 2015 - 04:37:06 WIB
Diposting oleh :
Resep Brokoli Cah Bawang Putih, Sayuran Hijau Kribo Pencegah Kanker :)

Berrykitchen.com > Tips > Tips > Resep Brokoli Cah Bawang Putih, Sayuran Hijau Kribo Pencegah Kanker :)

Hai berrykitcheners...

As we know, sayuran hijau sangat bagus untuk kesehatan kamu nih berrykitcheners, dan gak ada ruginya juga kamu mengkonsumsi jenis makanan yang satu ini. Apa aja sih manfaat yang terkandung dalam sayuran hijau? Baca terus yaa :)

Dalam sayuran hijau, terdapat vitamin yang bekerja sebagai antioksidan dengan cara mengikat lalu menghancurkan radikal bebas, juga mampu melindungi tubuh dari reaksi oksidaktif yang menghasilkan racun di tubuh.

Selain itu, sayuran hijau juga tinggi akan serat yang bebas lemak, cocok banget nih buat kamu yang lagi diet berrykitcheners. BUkan hanya itu, semangkuk sayuran hijau ternyata hanya mengandung kalori kurang dari 25 per porsinya jika dimakan tanpa tambahan bahan lainnya. Jadi, makan sayuran juga membuat kamu kenyang lebih lama, sama dengan kamu mengkonsumsi setangkup roti gandum.

resep-brokoli-cah-bawang-putih

Untuk kali ini, berry akan kasih tau kamu tentang manfaat brokoli. Sayuran yang termasuk dalam suku kubis-kubisan atau Brassicaceae ini memiliki kepala bunga berwarna hijau yang tersusun rapat seperti cabang pohon dengan batang tebal. Sepintas, memang brokoli mirip dengan kembang kol, hanya saja, brokoli memiliki warna hijau yang menandakan lebih banyak mengandung klorofil dibandingkan dengan kembang kol yang berwarna putih.

For your information ya berrykitcheners, Tanaman yang berasal dari daerah Laut Tengah dan sudah ada sejak zaman Yunani Kuno, adalah tanaman yang hanya dapat hidup pada cuaca dingin dan dataran tinggi. Dan brokoli sendiri, masuk ke Indonesia pada tahun 1970.

Naah, berikut berry paparkan manfaat tumbbuhan hijau ini :

1. Brokoli, cocok untuk kamu yang memiliki tensi darah tinggi
Di dalam brokoli, mengandung magnesium dan kalsium yang notabene dua zat tersebut bisa menurunakan tekanan darah tinggi. Jadi untuk kamu yang memiliki tensi tinggi, sebaiknya mengkonsumsi brokoli nih.

2. Sistem syaraf terganggu, brokoli bisa menjadi solusi
Kalium yang tinggi, terkandung di dalam brokoli. Kalium, di percaya mampu menjadga sistem syaraf manusia.

3. Meningkatkan Imunitas juga lho :)
Brokolu mengandung beta karoten, seng, dan juga selenium yang dipercaya mampu memperbaiki sel tubuh dan menambah kekebalan tubuh. Naah, dengan mengkonsumsi brokoli, Say No To Pilek batuk yang disebabkan oleh virus :)

4. Sumber Tulang Kuat juga bisa
Kalsium dan VItamin K yang terkandung di dalam brokoli, dapat membantu kkamu mempertahankan kekuatan tulang lho. Dan sudah pasti juga dapat meminimalisir penyakit tulang seperti osteoporosis.

5. PUnya Kulit Cerah, Sehat, Kenyal, siapa sih yang gak mau?
Brokoli mengandung glucooraphanin yang sangat baik untuk detoksifikasi kulit. Naah, buat kamu yang sering mengkonsumsi brokoli, punya kulit sehat bukan mimpi :)

6. Penglihatan lebih segar dengan brokoli
Zat Lutein Karotenoid yang terkandung di dalam brokoli, mampu untuk mencegah penyakit mata, misalkan katarak.

7. Bisa sebagai antikanker
Brokoli mengandung senyawa glukorafanin yang merupakan bentuk alami senyawa antikanker sulforafana (sulforaphane). Selain itu, senyawa isotiosianat yang dikandungnya juga dipercaya memiliki fungsi sebagai anti kanker.

Naah, gimana? Udah ngerti dong manfaat sayuran hijau yang satu ini? :)

Sekarang, berry akan kasih tau kamu, cara menikmatinya :)

Sebenarnya, pegolahan terbaik brokoli adalah dengan mengukusnya. Ini bertujuan agar segala vitamin dan nutrisi penting di dalamnya tidak hilang selama proses pemasakan. Sedangkan dengan metode perebusan, kamu akan kehilangan 50% asam folat yang dikandungnya. Duh sayang banget kaan...

Tapi, bisa juga dengan metode menumis cepat, selain lebih tasty, kandungan gizi brokoli juga tidak banyak hilang. Contohnya dengan membuat Brokoli Cah Bawang Putih.

resep-brokoli-cah-bawang-putih

Kamu perlu persiapkan :
- 1 bh brokoli dengan berat kurang lebih 500 gram
- 4 btr bawang putih, cincang halus
- 1 sdm saus tiram
- garam dan merica secukupnya
- 1/2 sdm gula pasir
- 1/4 sdt kaldu bubuk
- 1/4 sdm tepung maizena, larutkan dengan 2 sdm air
- 50 mL air
- 1 sdm minyak untuk menumis

Cara membuat :
1. Panaskan minyak di wajan, tumis bawang putih sampai harum.
2. Masukkan brokoli, masak hingga setengah matang.
3. Tambahkan saus tiram, gula pasir, garam, kaldu bubuk, merica bubuk, maizena, dan air.
4. Aduk-aduk hingga mendidih dan mengental
5. Angkat dan sajikan

*tips mengolah brokoli

- Usahakan menumis dengan secepat mungkin, dan usahakan jangan memasak terlalu matang
- Satu kelemahan brokoli adalah sangat cepat membusuk, segeralah memasak brokoli setelah dibeli dari supermarket.
- Cuci bersih brokoli dengan air mengalir guna menghilangkan kemungkinan adanya residu pestisida, kotoran dan juga terkadang adanya ulat yang terselip diantara batang brokoli.

Naaah...gimana berrykitcheners, sudah siap hidup sehat dengan brokoli? :)

Selamat mencoba :)

Salam berrykitchen :)
Kata Kunci:
Bagikan ke teman Kamu

Gunakan voucher sebelum waktu habis 00 : 00
tutup