facebook

Resep Bolu Pisang, Selain jadi Smoothies, Pisang Juga Bisa Jadi Makanan Pembuka Yang Lezat Lho :)

Rabu, 01 July 2015 - 07:00:00 WIB
Diposting oleh :
Resep Bolu Pisang, Selain jadi Smoothies, Pisang Juga Bisa Jadi Makanan Pembuka Yang Lezat Lho :)

Berrykitchen.com > Tips > Tips > Resep Bolu Pisang, Selain jadi Smoothies, Pisang Juga Bisa Jadi Makanan Pembuka Yang Lezat Lho :)

Hai Berrykitcheners :)

Kalo ngomongin tentang makanan ramadhan, emang gak akan lepas dari semua makanan manis ya.

Apalagi bolu, wiiih kebayang doong bolu jadi makanan berbuka puasa kamu, enak banget pastinya ya :)

Naah, kali ini, berry akan kasih kamu Resep Membuat Bolu Pisang Empuk dan Lezat. Bolu memang sudah banyak dikreasikan menjadi berbagai macam bentuknya, salah satunya, bolu pisang. Bila bolu lain hanya dikreasikan luarnnya saja atau toppingnya saja, bolu pisang memiliki keunikan tersendiri, yakni, buah pisang dicampur dengan adonan kue bolu. Hmmm... bolu manis, dicampur dengan pisang yang memiliki aroma yang lezat? Bakal kaya apa yah jadinya :)

resep-bolu-pisang

Di Indonesia, bolu pisang sudah cukup dikenal dimasyarakat, walaupun masih cukup jarang ditemukan di beberapa daerah. Nah, untuk menyiasati hal itu, berrry akan berbagi Resep Membuat Bolu Pisang Yang Empuk dan Enak :)

Yuk persiapkan :

1. 200 gram Terigu Protein Sedang
2. 200 gram Pisang, disarankan untuk menggunakan pisang raja yang telah matang, lumat dengan menggunakan sendok hingga halus
3. 50 ml susu cair
4. 1 sdm Margarin
5. ¼ sdt Baking Powder
6. ¼ sdt Soda Kue
7. 2 sdm Coklat Bubuk
8. 100 gram Gula Halus
9. 100 gram Keju Parut

Cara Membuat :

1. Siapkan loyang untuk bolu, alasi dengan kertas minyak yang sudah diolesi mentega. Sediakan juga pengukus dengan kondisi air dalam alat pengukus sudah mendidih.
2. Campur pisang yang sudah dilumatkan dengan mentega dan margarin cair di dalam wadah terpisah. Aduk hingga merata, dan masukkan soda kue sdikit demi sedikit.
3. Siapkan wadah lainnya untuk mencampurkan susu cair dengan coklat dan ditambahkan gula. Ketika mencampurkan bahan-bahan tadi tuangkan terigu secara bertahap, disertai juga dengan menuangkan baking powder, lalu aduk hingga merata dengan alat pengocok. Setelah semuanya selesai, campur ratakan bahan-bahan yang sudah dicampurkan tadi dengan adonan pisang dalam wadah pertama, aduk sampai rata lagi sambil menuangkan keju yang sudah di parut ke dalam wadah dan aduk kembali hingga adonan tampak sempurna.
4. Kalau semuanya sudah siap, maka lanjutkan dengan memasukan adonan yang sudah dicampur adukan oleh berbagai bahan tadi ke dalam cetakan. Setelah semua adonan habis dimasukkan ke dalam cetakan, letakkan cetakan-cetakan tersebut ke dalam alat pengukus yang airnya sudah mendidih, tutup kukusan dengan kain dan tutupnya. Kain disini berguna untuk menghindari tetesan air ke dalam adonan kue nantinya.
5. Tunggu kurang lebih 30-40 menit hingga adonan kue bolu pisang kukus matang. Perlu diperhatikan, jangan sampai membuka penutup kukusan di menit ke 20 atau 30 awal, karena jika membukanya akan mengakibatkan pengembangan pada kue kurang baik.

resep-bolu-pisang

Naah, Bolu Pisang buatan kamu, siap dinikmati, bisa disajikan untuk sajian buka puasa juga nih berrykitcheners :)

Selamat mencoba :)

Salam berrykitchen :
Kata Kunci:
Bagikan ke teman Kamu