facebook

Redam Stress Dengan Ini!

Senin, 07 March 2016 - 16:12:31 WIB
Diposting oleh : Berry
Redam Stress Dengan Ini!

Berrykitchen.com > Tips > Tips > Redam Stress Dengan Ini!

Halo Berrykitcheners! Dalam kehidupan kita sehari-hari ada kalanya berhadapan dengan tekanan. Kadang, tekanan membuat kita menjadi stress. Ketika kamu sedang mengalami stress, ada hormon adrenalin dan kortisol yang dilepaskan. Hormon adrenalin memicu peningkatan tekanan darah dan denyut jantung sedangkan kortisol menaikkan gula darah. Alasan seseorang mengalami stress ada banyak. Bisa dikarenakan tekanan dalam pekerjaan, tekanan masalah keluarga, dan masih banyak lagi faktor penyebab stress. Beberapa makanan ini bisa membantumu mengeluarkan stress yang menumpuk. Walaupun pada akhirnya akan kembaali ke diri sendiri setidaknya hidangan ini bisa membuatmu sedikit tenang dan berpikir dengan kepala dingin. Sebelum membahas hidangan pelepas stress, cek dulu yuk gejala dan dampak stress untuk tubuhmu.

Ketika kita sedang mengalami stress, tubuh bereaksi dengan terjadinya gejala awal stress. Gejala stress yang paling sering dialami orang-orang biasanya adalah,

1. Keringat berlebihan

2. Insomnia

3. Sakit kepala seperti migrain

4. Denyut jantung meningkat

5. Tekanan darah meningkat

6. Sakit perut (sembelit, diare, dll)

7. Sistem pencernaan terganggu

8. Nafas berat dan cepat

Gejala stress saja cukup merepotkan ya. Bagaimana dengan jangka panjang? Apa dampaknya pada tubuh?

1. Penyakit jantung

Gejala seseorang mengalami stress salah satunya adalah denyut jantung meningkat. Ketika hal tersebut berlangsung terus menerus maka akan mengakibatkan penyakit jantung. Chauncey Crandall, MD, seorang ahli jantung dari Amerika Serikat menyatakan bahwa stress adalah penyebab utama penyakit jantung.

2. Kesehatan mental terganggu

Saat mengalami stress yang cukup kronis, seseorang akan terkena depresi. Perubahan sikap saat merespon beberapa hal menjadi berbeda. Penderita stress kronis cenderung merasa cemas dan mudah panik.

3. Masalah berat badan

Kebanyakan orang melampiaskan stress dengan makan. Tidak mempedulikan apa yang dimakan selama mampu melupakan stress sejenak. Padahal, mengkonsumsi makanan sembarangan akan menimbulkan penyakit lain seperti obesitas, darah tinggi dan lainnya. Ada pula orang yang justru tidak memiliki nafsu makan ketika mengalami stress dan sama saja dampak buruknya dengan yang melampiaskan stress dengan makan.

4. Penyakit lambung

Lambung adalah bagian yang  termasuk rentan terserang ketika seseorang stress. Ketika seseorang sedang dalam keadaan tertekan, tubuh akan memproduksi asam lambung terlalu banyak sehingga dapat melukai lapisan lambung.

5. Stroke

Stress berkepanjangan memiliki konstribusi terhadap perkembangan kolesterol. 50% orang yang sering mengalami stress lebih mungkin terkena stroke daripada orang yang jarang mengalami stress.

Itulah sebagian penyakit dampak dari stress. Bayangkan, terlalu berpikir dan stress akan suatu hal bisa menyebabkan penyakit yang cukup serius. Luangkan sedikit waktumu dan manjakan lidahmu dengan hidangan yang bisa melepas penat dan stressmu sejenak seperti,

1. Dark Chocolate

Coklat yang satu ini cenderung sedikit pahit dan tidak semanis coklat biasanya. Coklat hitam memiliki kandungan cocoa yang tinggi dan sedikit pemanis. Coklat hitam mengandung tryptophan yang mampu memproduki hormon serotonin, hormon kebahagiaan dalam diri kita.

2. Susu Hangat

Selain coklat hitam, susu juga mengandung tryptophan. Gunakanlah susu putih sebagai pilihan dan nikmati dengan keadaan hangat dan pikirkan hal-hal baik untuk meningkatkan mood dan melepaskan stress.

3. Teh Hijau

Minuman khas negeri sakura ini sangat baik untuk melepas stress karena mengandung amino thenine yang meningkatkan relaksasi pada otak. Teh hijau dapat menimbulkan efek tenang dan mengurangi gelombang pemicu stress. Seduh teh hijau setelah beraktifitas seharian dalam kondisi hangat.

4. Buah-buahan

Luangkanlah waktu untuk menyantap potongan buah-buah manis yang dingin. Pemanis dalam buah-buahan memiliki kandungan gula alami untuk mengurangi stress.

5. Air Putih Dingin

Air menggerakkan darah dan udara segar sehingga merangsang produksi endorphin, hormon penghilang stress. Setelah meminum air putih dingin, ambil waktu berjalan dan olah raga ringan untuk memperlancar predaran darah dan merenggangkan otot kaku akibat stress.

6. Madu

Kandungan tryptophan dalam madu  tidak akan membuat ketagihan namun membantu membuat tubuh lebih rileks. Madu bisa ditambahkan pada susu hangat, teh atau lainnya.

Hidangan peredam stress bukan membuat masalahmu selesai tetapi membuat otot dan saraf-saraf dalam tubuh lebih rileks sehingga memberikan ruang untuk berpikir positif dan tenang. Usahakan luangkan waktu untuk memanjakan lidah untuk sedikit merenggangkan pikiran dari masalah. Tetap konsumsi hidangan sehat ya ketika meredam stress. Semoga informasi kami membantu. Have a nice day, Berrykitcheners!

Kata Kunci:
Bagikan ke teman Kamu