facebook

Rahasia Penambah Nafsu Makan

Kamis, 19 May 2016 - 09:16:06 WIB
Diposting oleh : Berry
Rahasia Penambah Nafsu Makan

Berrykitchen.com > Tips > Tips > Rahasia Penambah Nafsu Makan

Hai Berrykitcheners! Pernahkah kamu makan dan ada pelengkap yang membuat nafsu makanmu meningkat? Nah salah satunya adalah kerupuk. Sebagian besar orang Indonesia suka menyantap makanan ditemani dengan kerupuk. Kerupuk umumnya merupakan makanan ringan yang terbuat dari adonan tepung tapioka dicampur beberapa bahan perasa atau bahan lainnya sehingga membuat kerupuk menjadi beragam. Adonan dikeringkan di bawah sinar matahari sampai kering digoreng dengan minyak goreng.


Konon katanya awal pembuatan kerupuk dari keluarga miskin dan memiliki banyak anak yang membuat tepung tapioka dari sawut, ketela pohon yang diparut lalu dijadikan kerupuk. Walaupun belum bisa dipastikan kebenarannya. Saat ini, penikmat kerupuk bukan hanya dari kalangan bawah namun hampir seluruh kalangan menyukainya. Berrykitchen selalu menyajikan kerupuk sebagai hidangan pendamping yang berbeda-beda setiap harinya. Mau tau beberapa jenis kerupuk yang biasa muncul di menu catering Berrykitchen?



  1. Kerupuk Keriting


Kerupuk satu ini biasa juga disebut kerupuk uyel atau kerupuk putih karena warnanya yang putih walaupun ada juga yang berwarna kuning. Kerupuk kerating sangat mudah ditemukan, dari took kelontong hingga warung makan bahkan disediakan kerupuk keriting yang tinggal digoreng di pasar tradisional maupun modern. Harga dari kerupuk keriting tergolong murah dan teksturnya yang gurih membuat orang selalu menikmati kerupuk keriting sambil menyantap makanan.



  1. Kerupuk Udang


Siapa yang tidak mengenal jenis kerupuk satu ini? Selain warna dan rasanya yang khas, pada umumnya bentuk kerupuk udang seperti bulan sabit dengan ujung yang tumpul. Asal dari kerupuk udang sendiri berasal dari Sidoarjo, Jawa Timur. Dalam pembuatannya, udang yang digunakan adalah rebon atau udang berukuran kecil, ditumbuk hingga halus untuk dicampur ke dalam adonan. Kerupuk udang sering digunakan ketika menikmati soto Lamongan ataupun berbagai makanan lainnya.



  1. Kerupuk Gendar


Terkadang disebut gendar, kerupuk ini terbuat dari adonan nasi yang dibumbui dengan rempah dan bahan-bahan lainnya. Biasanya menggunakan tepung tapioka agar adonan mentah menjadi lebih kenyal dan padat. Kerupuk gendar bisa dinikmati bersama menu apapun, atau kamu bisa menikmati kerupuk gendar sebagai hidangan.



  1. Kerupuk Merah


Belum diketahui betul asal kerupuk ini, bentuknya yang tidak terlalu besar atau bahkan cenderung kecil dan berwarna oranye atau sedikit krem. Rasanya khas, membuat orang ketagihan. Biasanya kerupuk ini disajikan bersama nasi uduk, nasi kuning, gado-gado, ketoprak ataupun lontong sayur.



  1. Kerupuk Pelangi


Walaupun bernama kerupuk pelangi, namun bukan berarti seluruhnya berwarna warni melainkan kerupuk berukuran tidak besar atau cenderung kecil ini berwarna putih tetapi memiliki warna berbeda pada pinggirannya. Selain kerupuk pelangi, bisa juga disebut kerupuk bawang. Biasanya ada warna merah muda atau pink, hijau dan kuning. Kerupuk pelangi biasa disajikan dengan nasi goreng, gado-gado ataupun makanan lainnya.


Sebenarnya, penggunaan kerupuk tergantung individu yang menikmati. Ada yang merasa satu jenis kerupuk akan terasa nikmat bila dinikmati dengan makanan apapun, adapula yang memilih. Kamu bisa pilih kerupuk favoritmu di menu catering Berrykitchen setiap senin sampai jumat. Semoga bermanfaat ya, Berrykitcheners!

Kata Kunci:
Bagikan ke teman Kamu

Gunakan voucher sebelum waktu habis 00 : 00
tutup