facebook

Ragam Soto Khas Indonesia Yang Gak Kalah Dengan Tom Yum Thailand, Siap Hunting Untuk Coba Semua? :)

Senin, 24 August 2015 - 03:00:00 WIB
Diposting oleh :
Ragam Soto Khas Indonesia Yang Gak Kalah Dengan Tom Yum Thailand, Siap Hunting Untuk Coba Semua? :)

Berrykitchen.com > Tips > Tips > Ragam Soto Khas Indonesia Yang Gak Kalah Dengan Tom Yum Thailand, Siap Hunting Untuk Coba Semua? :)


Hai Berrykitcheners :)

Jumpa lagi di hari senin, hari yang paling sibuk diantara hari yang lainnya, terutama di pagi hari dan yah, untuk kamu warga Jakarta sudah sangat mengerti tentunya :)
Nah, kalau sudah begitu, pulang kerja, capek, kayaknya enak ya makan makanan berkuah hangat. Indonesia, memang identik dengan banyaknya makanan berkuah, contohnya soto.
Banyak sekali ragam soto di Indonesia, dan hampir di setiap daerah memiliki ragam sotonya sendiri. Kabarnya, ada 25 jenis soto yang ada dan berasal asli dari Indonesia lho. Dan tentunya, masakan nusantara ini tidak kalah enak lho dengan buatan luar negeri :)
Nah, kali ini, berry akan kasih tau kamu untuk lebih mengenal soto khas dari Indonesia nih :)

1. Soto Betawi



Soto berkuah santan lezat bersama nasi putih

Nah, dimulai dari Soto betawi, soto berkuah santan yang berisikan daging sapi atau kambing ini berasal dari Jakarta, khususnya suku betawi. Aslinya, soto betawi berisikan daging sapi empuk paru goreng renyah, sambal, emping, dan acar timun. Dan khasnya, kuah soto betawi ini mengeluarkan aroma khas rempah indonesia sepert pala, cengkih dan kapulaga.

2. Soto Mie Bogor



Mie basah. bihun, dan risol dipadu dengan kuah kaldu sapi

Beralih sedikit ke Kota Hujan Bogor, disana ada juga makanan berkuah yang lebih sering disebut soto mie. Ya, karena makanan ini berisikan mie kuning basah dan bihun yang diberi kuah kaldu sapi. Makanan ini juga dilengkapi dengan daging sapi, kikil, risol, tomat iris, kentang goreng, seledri, dan juga bawang goreng.Wiih

3. Soto Bandung



Lobak iris, menjadi salah satu identitas Soto Bandung

Soto khas Bandung ini memiliki kuah bening dan gurih yang berasal dari kaldu sapi. Di dalam soto bandung ini, ada bahan khas yang melengkapinya, yaitu lobak putih yang diiris. Ini merupakan ciri khas dari Soto Bandung. Selain lobak putih, soto bandung juga dilengkapi dengan tomat iris, seledri, dan kedelai goreng. Soto bandung biasa disantap bersama perkedel kentang dan juga nasi putih.

4. Soto Kudus



Mangkuk kecil dengan berbagai sate pelengkap

Soto yang memiliki kuah kuning ini umumnya berisikan daging ayam kampung yang telah di suwir. Memiliki aksen rasa manis gurih, tentunya itulah identitas dari Kota Kudus sendiri. Uniknya, cara penyajian soto kudus ini adalah dengan menggunakan mangkuk kecil yang berisikan tauge, kol, dan bawang putih goreng. Tak lupa aneka hidangan pelengkap soto seperti beragam soto yang terdiri dari sate telur puyuh, sate paru, sate usus, dan lainnya yang kesemuanya di bacem. Kebayang dong gimana manis gurihnya :)

5. Soto Lamongan



Taburan koya gurih, menambah lezat soto berkuah kuning ini

Beralih ke Jawa timur, Lamongan. Soto ini juga memiliki kuah kuning seperti soto kudus. Meskipun tanpa santan, serbuk koya yang mendampinginya siap menambahkan rasa gurih kepada soto yang satu ini lho. Dan ayam yang digunakan untuk membuat soto lamongan adalah ayam kampung. Tidak lain, karena alasan ayam kampung lebih memiliki rasa yang kuat dibanding dengan jenis ayam yang lainnya.

6. Sroto Sokaraja



Kerupuk merah muda dan sambal kacangnya membuat soto ini berbeda

Soto yang berasal dari tanah Ngapak Sukaraja ini sebenarnya memiliki kuah bening, yang akan menjadi lebih kental dengan penambahan bumbu kacang pada kuahnya. Biasanya, sroto sokaraja berisikan daging ayam, daging sapi, atau jeroan sapi. Dipadu dengan bihun, bawang goreng, daun bawang dan juga krupuk goreng pasir, sroto menjadi makanan yang tidak bisa terelakkan lezatnya. Apalagi bila disandingkan dengan ketupat dan tempe mendoan. Hmmm...

7. Soto Padang



Dengan cita rasa khas Sumatra yang kuat, menjadikannya memiliki banyak penikmat

Nah, sekarang pindah pulau, Sumatra Barat Padang. Padang memang banyak dikenal dengan kulinernya seperti rendang, dan yang lainnya. Tidak luput pula sotonya. Bumbu racikan minang yang syarat akan rempah-rempah seperti serai, jahe, dan daun jeruk, terdengar sangatlah lezat membanjiri bihun dan irisan daging sapi empuk yang digoreng di sebuah mangkuk saji. Dan jangan lupa, perkedel khas Padangnya ya :)

8. Soto Banjar



Perkedel, ketupat, dan telur rebus berpadu menjadi satu

Nah, pulau terbesar pertama di Indonesia Kalimantan juga punya hidangan soto lho. Namanya Soto Banjar, yang tidak lain  namanya diambil dari tempatnya berasal. Soto Banjar juga berisi daging ayam yang telah disuwir terlebih dahulu berpadu lezat dengan harumnya rempah-rempah khas Indonesia terutama kayu manis, cengkeh, dan biji pala. Cara menghidangkannya adalah dengan mencampurnya ketupat perkedel dan juga telur rebus.

9. Coto Makasar



Akan tambah lezat dan otentik, bila dinikmati bersama buras

Naah, ini cukup terkenal di kalangan kita. Spesial dari Sulawesi Selatan, Makasar. Mereka memiliki soto yang dimasak dengan bumbu sereh, laos, ketumbar, jintan, bawang merah, bawang putih, garam, daun salam, jeruk nipis dan juga kacang. Dan uniknya, panganan ini dimakan bersama dengan Buras, atau lontong khas Makasar yang terbuat dari beras ketan.
Nah, sekarang sudah lebih pinter tentang Masakan Nusantaranya dong ya? Siap cobain saatu-satu? ^_^
Di post selanjutnya, buat salah satunya yuuk :)

Salam Berrykitchen :)

Kata Kunci:
Bagikan ke teman Kamu