facebook

Produk Susu Untuk Diet?

Jumat, 08 April 2016 - 11:12:01 WIB
Diposting oleh : Berry
Produk Susu Untuk Diet?

Berrykitchen.com > Tips > Tips > Produk Susu Untuk Diet?

Hai Berrykitcheners! Terima kasih untuk respon baik dalam ask nutritionist minggu ini. Banyak sekali pertanyaan yang masuk dan dengan senang hati kami menjawabnya. Kali ini pertanyaan kamu yang sudah kami saring, dibagi menjadi beberapa bagian. Yang pertama adalah pertanyaan-pertanyaan mengenai susu untuk diet. Yuk disimak!


 


Q: Apa manfaat yoghurt untuk aktivitas sehari-hari? Karena kebanyakan orang berpikir susu yoghurt bagus untuk diet. Apa memang berpengaruh untuk diet?


A: Yoghurt adalah salah satu produk turunan dari susu yang telah difermentasi oleh bakteri baik sehingga yoghurt aman untuk pencernaan, karena yoghurt dibuat dari susu skim atau susu rendah lemak, rendah gula dan tinggi akan kalsium maka yoghurt cocok dikonsumsi untuk orang yang sedang menjalani diet penurunan berat badan, karena orang yang sedang menjalani diet penurunan berat badan harus menghindari sumber makanan yang mengandung tinggi lemak. Manfaat yoghurt untuk kesehatan : Yoghurt kaya nutrisi baik karena mengandung kalsium yang tinggi yang sangat penting untuk kebutuhan tubuh terutama kesehatan tulang, rendah lemak, rendah gula sehingga baik untuk kadar glukosa darah, dan yang penting dalam yoghurt memiliki kandungan prebiotik (makanan untuk pertumbuhan bakteri baik di dalam pencernaan, sehingga pencernaan Anda lebih banyak mengandung bakteri baik) dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan, menurunkan kolesterol, menstabilkan tekanan darah dan gula darah.


 


Q: Saya tiap hari minum susu kedelai yg di produksi oleh industri rumahan. Apakah susu kedelai ini berpengaruh terhadap diet saya? karena ada mitos yang mengatakan susu kedelai menggemukan, berapa kira2 kalori yang terkandung di segelas susu kedelai (less sweet)


A:  Di dalam kandungan susu kedelai per 100 gr mengandung kalori 41 kkal, Dan nilai kalori pada susu kedelai jelas lebih rendah dari susu full cream. Dengan ini, susu kedelai aman dan baik untuk program diet penurunan berat badan, selain itu susu kedelai juga mengandung karbohidrat yang cukup, rendah lemak, serat, vitamin E dan K. Susu kedelai bermanfaat juga untuk kesehatan jantung, mengurangi kolesterol di dalam darah, membantu menurunkan berat badan. 


Yang membuat gemuk adalah jika susu kedelai terlalu manis karena susu kedelai yang terlalu manis banyak mengandung gula, dan kita tahu gula adalah sumber karbohidrat, apabila terlalu banyak mengkonsumsi karbohidrat dapat menyebabkan kegemukkan dan dapat meningkatkan kadar gula dalam darah.


Jadi apabila Ibu minum susu kedelai ada baiknya dengan tingkat kemanisan yang cukup.


 


Q: Apakah benar kalau sedang diet, produk susu tidak boleh dimakan diatas jam 6 malam?


A: Untuk pertanyaan ini berkaitan erat dengan faktor kegemukkan, kegemukkan bisa terjadi karena kelebihan asupan energi harian dari total kecukupan energi. Sehingga kelebihan asupan tersebut disimpan sebagai cadangan lemak di dalam tubuh. Kelebihan asupan ini bisa dikurangi dari banyaknya aktifitas, namun aktifitas manusia lebih banyak terjadi di pagi hari hingga siang hari, kemudian menjelang petang dan malam, aktifitas manusia berkurang. Oleh karena itu, yang perlu diperhatikan adalah total asupan harian harus sebanding dengan aktivitas hariannya agar tidak terjadi kegemukkan. Apabila ibu dalam program diet penurunan berat badan namun tetap ingin minum susu, pilihlah susu yang rendah lemak (susu skim) atau susu kedelai.


 


Q: Saya mau menanyakan, untuk susu low fat high calsium, apakah itu cocok untuk diet? Atau ada referensi produk susu lain yang baik dikonsumsi saat diet?


A:  Pada prinsipnya untuk mengurangi berat badan tidak hanya mengonsumsi susu diet dan susu yang low fat. tetapi banyak faktor yang mempengaruhi berat badan antara lain, setiap sekali makan ada 2 macam sayuran, mengurangi makanan yang tinggi lemak, dan aktifitas fisik minimal 30 menit perhari. Bagi Ibu yang suka mengonsumsi susu dapat mengonsumsi susu low fat dengan jumlah yang terbatas atau sari kedelai tanpa gula/ gula yang dibatasi. 


 


Q: Saat ini saya sedang program utk losing fat & gaining muscle. Tidak terlalu fokus pada weight loss. Biasanya after exercise saya minum susu whey protein. Dan pagi hari saya minum susu rendah lemak. Apa komposisi demikian sudah sesuai? Lalu kalau Raw Almond Milk, itu manfaatnya apa ya?


A: Pemilihan susu whey protein memang sudah baik dalam program gaining muscle hanya saja masih menjadi perdebatan beberapa ahli mengenai efek jangka panjang dari mengonsumsi susu whey protein, saran saya sebaiknya disertai juga dengan konsumsi air mineral yang cukup setiap harinya. Untuk konsumsi susu rendah lemak tinggi kalsium juga sudah baik untuk mempertahankan kekuatan tulang. 


Raw Almond Milk mengandung omega 3 yaitu lemak baik untuk tubuh selain itu Raw Almond Milk juga kaya dengan antioksidan yang berguna untuk melawan radikal bebas di dalam tubuh anda.


 


Q: Biasanya saya sering membeli produk susu kemasan, baik itu susu full cream, soya milk atau susu low fat gitu. Di masing2 kemasan tertera jumlah kalori dan lemak nya. Apa jumlah tersebut berpengaruh terhadap proses diet? Apa susu low calorie lebih baik dari susu low fat yang kalori nya lebih tinggi?


A: Jumlah kalori tersebut berpengaruh pada proses diet, jika jumlah asupan kalori yang ibu konsumsi melebihi kebutuhan kalori ibu perhari maka sisa kalori tersebut disimpan menjadi cadangan lemak dan ini adalah pencetusnya kegemukkan dimana kelebihan asupan energi harian dari total kecukupan energi. Apabila asupan kalori dari makanan sudah mencukupi kebutuhan energi dalam sehari, lebih baik konsumsi susu lebih diperhatikan/ dibatasi terutama susu full cream.  


Saya baru mendengar mengenai susu calorie, yang saya tahu susu di pasaran adalah susu dengan jenis low fat, karena pada umumnya memiliki kalori dan rendah lemak. Karena setiap 1 gram lemak = 9 kkal (kilo kalori), artinya lemak juga menyumbang kalori yang tinggi.


 


Q: Susu apa dengan jumlah kalori yg besar yang mengenyangkan?


A: Berdasarkan nilai gizi, susu yang mengandung kalori yang tinggi adalah tepung susu full cream, dengan kandungan kalori 513 kkal dan karbohidrat 36,2 gr dan lemak 30 gr per 100 gramnya, minum susu memang bersifat mengenyangkan karena kandungan nutrisinya dapat menyumbang kebutuhan energi harian, namun susu bukan pengganti makan, Anda perlu makan makanan utama untuk memenuhi kebutuhan energi harian Anda.


 

Kata Kunci:
Bagikan ke teman Kamu