facebook

Pola Makan Diet Rendah Kolesterol

Senin, 04 April 2016 - 09:36:53 WIB
Diposting oleh : Berry
Pola Makan Diet Rendah Kolesterol

Berrykitchen.com > Tips > Tips > Pola Makan Diet Rendah Kolesterol

Hai Berrykitcheners! Menyambung pembahasan dari asknutritionist mengenai diet rendah kolesterol, kami akan menjabarkan contoh makanan sehari-hari untuk kamu yang ingin menjalani diet rendah kolesterol, apalagi untuk kamu yang menderita hypercholesterol atau bisa dikatakan memiliki kadar kolesterol yang tinggi di dalam tubuh.


 


Kolesterol adalah zat yang fungsinya sangat penting bagi tubuh. Sebenarnya zat ini merupakan zat lemak yang dikenal sebagai lipid. Lipid dalam sumber makanan hewani disebut dengan kolesterol, sedangkan lipid pada sumber makanan nabati disebut fitosterol, Di dalam tubuh, kita juga menyimpan kolesterol di dalam di hati, kadar normal kolesterol di dalam tubuh adalah 160 - 200 mg/dl (Total Kolesterol). Apabila  jumlah kolesterol tersebut melebihi yang dibutuhkan, maka kolesterol itu akan mengendap pada dinding-dinding arteri dan menyebabkan penyakit aterosklerosis, kolesterol yang membawa penyakit disebut dengan  LDL (Low Density Lipoprotein) atau dikenal sebagai kolesterol jahat. 


 


Pada dasarnya, diet rendah kolesterol memang diperuntukkan bagi orang dengan kadar kolesterol yang tinggi dalam darah, tujuannya adalah untuk:
• Menurunkan berat badan bila kegemukan
• Mengubah jenis dan asupan lemak makanan
• Menurunkan asupan kolesterol makanan
• Meningkatkan asupan karbohidrat kompleks dan menurunkan asupan karbohidrat sederhana

Prinsip diet rendah kolesterol adalah:
• Pengurangan asupan kolesterol dan lemak jenuh. Disarankan < 300 mg/ hari
• Peningkatan serat larut air untuk membantu mencegah penyerapan kolesterol. Disaranakan ± 20 g/hari


 


Semua makanan nabati tidak mengandung kolesterol tetapi mengandung bentuk sterol lain yaitu fitosterol. Contohnya santan, minyak kelapa, minyak kelapa sawit dan margarin. Yuk perhatikan contoh menu harian diet rendah kalori sebagai berikut,


 


Sarapan :


- Bubur Havermout Gula Merah


- Jus Apel Madu


 


Snack Pagi


- Sari Kacang Hijau


 


Makan Siang


- Nasi merah 100 gr


- Pepes Ayam


- Schotel Tahu Wortel


- Bening Katuk Jagung Pipil


- Pepaya Potong


 


Snack Sore


- Pudding Cokelat


 


Makan Malam


- Nasi Merah 100 gr


- Tim Ikan Tuna Asam Pedas


- Perkedel Tempe Panggang


- Tumis Wortel Jamur Merang


- Melon Potong


 


Jika kadar LDL kolesterol sudah turun (dilihat dengan cek laboratorium) maka maintenance pola makan dengan diet sehat gizi seimbang, yaitu kurangi asupan lemak jenuh, batasi asupan lemak, gula dan garam, perbanyak konsumsi sayur dan buah.


 


Hmm, banyak hal yang harus diperhatikan ya dan makanpun tidak bisa sembarangan lagi. Tapi demi kesehatan, hal ini tidaklah sulit. Semoga informasi ini membantu ya, have a nice day Berrykitcheners!

Kata Kunci:
Bagikan ke teman Kamu