facebook

Plus Minus Garam, Yuk Kenali dan Kendalikan Konsumsi garam Harian Kamu :)

Senin, 18 May 2015 - 02:00:00 WIB
Diposting oleh :
Plus Minus Garam, Yuk Kenali dan Kendalikan Konsumsi garam Harian Kamu :)

Berrykitchen.com > Tips > Tips > Plus Minus Garam, Yuk Kenali dan Kendalikan Konsumsi garam Harian Kamu :)

Hai Berrykitcheners :)

Apabila kita berbicara soal garam, kamu pasti sudah mengetahui bumbu dasar masakan yang satu ini. Karena garam, memang menjadi salah satu bumbu yang dapat menyedapkan masakan. For your information, garam adalah mineral yang terdiri dari Natrium Klorida (40% Natrium dan 60% Klorida). Sebenarnya, garam penting bagi tubuh manusia, tetapi, dalam porsi yang cukup ya berrykitcheners :)

Dewasa ini, banyak sekali makanan cepat saji yang menyajikan makanan enak, memang sih, beberapa dari mereka menggunakan bahan makanan yang sehat, seperti sayuran segar, daging pilihan dan sebagainya, tetapi, ada satu hal yang membuatnya kurang begitu layak dikonsumsi, penggunaan garam yang belum kita ketahui kadarnya.

Dalam kadar yang cukup, garam dapat berfungsi untuk menajga keseimbangan cairan dalam tubuh, membantu transmisi impuls saraf ke otak, membantu relaksasi otot, dan lain sebagainya. Namun, ada beberapa bahaya yang akan ditimbulkan apabila kita mengkonsumsi garam dalam jumlah yang berlebihan.

Diantara bahaya konsumsi garam berlebbihan adalah, dapat meningkatkan tekanan darah atau hipertensi, dimana ini dapat menyebabkan beberapa penyakit serius seperti penyakit jantung, paralysis, dan juga stroke.

Penyakit kardiovaskuler juga mengintai kamu yang sering mengkonsumsi garam dalamm jumlah yang berlebihan nih berrykitcheners. Stroke juga tidak kalah mengerikan nih berrykitcheners. Menurut penelitian, orang yang mengurangi kkonsumsi garam hariannya, bisa menurunkan resiko penyakit Stroke.

Bukan hanya itu lho berrykitcheners, hipertrofi ventrikel atau pembengkakan jantung, retensi cairan, permasalahan pencernaan, permasalahan rambut, peningkatan sekresi air empedu, osteoporosis, dan bahkan kematian lho.

Terus solusinya apa berry?

Naah, ada bumbu atau bahan lain yang bisa kamu pergunakan nih berrykticheners, contohnya seperti dibawah ini :

1. Minyak Zaitun

plus-minus-garam

MInyak zaitun bukan hanya menambah rasa enak pada makanan kamu, tetapi juga pilihan yang tepat untuk memulai hidup sehat. Kamu bisa menambahkan minyak zaitun pada sayuran atau daging kamu, dan akan mengeluarkan rasa khas yang akan menutupi rasa hambar tanpa garam.

2. Blackpepper

plus-minus-garam

Naah, lada hitam juga bisa di substitusikan sebagai pengganti garam, selain rasanya yang enak, blackpepper bisa menambah lezat masakan kamu lho.

3. Herbs

plus-minus-garam

Herbal segar atau kering juga bisa ditambahkan sebagai pengganti garam, oregano, daun salam kering, kemangi, thyme atau yang lainnya. Ini akan membuat masakan kamu lebih tasty walaupun tanpa garam.

4. Bawang merah dan bawang putih

plus-minus-garam

Peggunaan bawang merah atau putih juga dapat membuat masakan kamu lebih tasty. Cukup dengan membubuhkan bawang merah atau bawang putih goreng diatas masakan kamu. Akan membuat kamu lupa akan garam.

5.Air Lemon atau cuka

plus-minus-garam

Cairan asam ini juga dapat digunakan sebagai pengganti garam pada sajian salad, atau masakan kamu. Tapi, kamu harus pastikan, cuka yag dipakai memiliki kandungan sodium yang rendah.

Naah... semakin tahu, kamu akan semakin sehat nih berrykitcheners :)

Belakangan, sedang trend yang namanya Diet Mayo, atau diet mengurangi garam. Diet ini di klaim cukup ampuh untuk menjaga kesehatan dan mendukung turunnya berat badan berlebih lho :)

Selamat mencoba berrykitcheners :)

Salam berrykitchen :)
Kata Kunci:
Bagikan ke teman Kamu

Gunakan voucher sebelum waktu habis 00 : 00
tutup