facebook

PENTINGNYA SARAPAN

Jumat, 15 April 2016 - 08:12:23 WIB
Diposting oleh : Berry
PENTINGNYA SARAPAN

Berrykitchen.com > Tips > Tips > PENTINGNYA SARAPAN

Hai Berrykitcheners! Terima kasih untuk segala pertanyaan yang sudah masuk ke ahli nutrisi kamu mengenai pentingnya sarapan. Seluruh pertanyaan yang masuk sudah kami saring dan sajikan untuk kamu yang belum sempat ikutan ask nutritionist mengenai pentingnya sarapan. Selamat membaca!


 


Q:  Mau tanya, untuk sarapan yang baik itu sebaiknya kita para pekerja kantoran harus sarapan apa, jam berapa dan apakah bikin gemuk?


A: Sarapan memberikan kontribusi penting karena menyumbang sekitar 15 - 25% dari total asupan gizi dalam sehari. Jika kecukupan energi adalah 2000 Kcal  maka sarapan menyumbang 300 - 500 kkal untuk memenuhi kebutuhan energi harian. Telah banyak penelitian yang mengemukakan pentingnya sarapan. Salah satunya adalah Penelitian yang dilakukan Wyon dari hasil recall sarapan anak-anak yang mengonsumsi sarapan dengan energi tinggi secara signifikan lebih sedikit merasa lapar dan memiliki integritas yang lebih baik di sekolah sehingga mempengaruhi konsentrasi belajar.


Sarapan adalah makan di waktu pagi sebelum tubuh mulai melakukan aktivitas, biasanya dilakukan sebelum jam 9 pagi.


Contoh Sarapan Sehat untuk Pekerja Kantoran : Sandwich Roti Gandum Isi Scramble Egg, Bubur Ayam, Bubur Kacang Hijau, Bubur Oat dengan Susu Skim dan Buah, Roti Isi dan Susu Skim Kemasan


 


Q: Kalau sarapan penting, bagaimana caranya untuk mengikuti OCD (yang diet 10-12 jam sehari bahkan lebih)? Kemudian apakah sarapan buah lbh baik dari sarapan nasi/bubur/indomie?


A: Dalam dunia gizi kami percaya pentingnya sarapan. Karena telah banyak penelitian berkenaan dengan manfaat sarapan. Penelitian yang dilakukan Wyon (1997) dari hasil recall sarapan anak-anak yang mengonsumsi sarapan dengan energi tinggi secara signifikan lebih sedikit merasa lapar dan memiliki integritas yang lebih baik di sekolah sehingga mempengaruhi konsentrasi belajar. Menurut Soedibyo dan Gunawan (2009) konsumsi sarapan berenergi tinggi (>25% RDA) dapat memberikan asupan vitamin dan mineral harian yang lebih tinggi dibandingkan sarapan berenergi sedang (15-25%RDA) dan berenergi rendah (<15%) .  Berdasarkan penelitian yang dilakukan Sunarti (2006) setiap peningkatan 1 kcal asupan energi dari sarapan memberikan kontribusi peningkatan skor konsentrasi sebesar 0,34 sedangkan 1 g protein dapat meningkatkan skor konsentrasi belajar sebesar 0,29.


Sarapan memberikan kontribusi penting karena menyumbang sekitar 15 - 25% dari total asupan gizi dalam sehari. Jika kecukupan energi adalah 2000 Kkal maka sarapan menyumbang 300 - 500 kkal untuk memenuhi kebutuhan energi harian. Hal ini menyebabkan seseorang yang tidak sarapan sulit untuk memenuhi kebutuhan gizinya. Sebagian besar orang yang tidak sarapan pagi lebih banyak mengkonsumsi makanan berlemak waktu jam makan siang dan makan malam. Dengan begitu mereka telah menyimpan lemak di sekitar perut, pinggul dan paha.  


OCD diperuntukan bagi orang yang ingin menjalankan diet penurunan berat badan dengan persyaratan adalah orang dengan usia dewasa, berbadan sehat, tidak dalam kondisi sakit dan menjalani aktivitas fisik yang rutin. Sehingga tidak tepat dilakukan oleh anak - anak, remaja atau orang yang sakit. Dan banyak perdebatan mengenai manfaat diet OCD dan tidak tepat dilakukan bagi orang yang aktivitasnya tinggi pada pagi hari.


Sarapan pagi yang baik adalah berisi karbohidrat kompleks yang menggunakan dapat memecah glukosa dalam darah menjadi energi secara lambat. Energi yang diperoleh dalam sarapan dapat mencegah gangguan konsentrasi akibat turunnya kadar glukosa darah (hipoglikemia). Hipoglikemia menimbulkan perasaan pusing yang akut, badan bergetar, dan otot-otot menjadi lemas yang menyebabkan kelemahan dalam bekerja. Contoh karbohidrat kompleks ada pada roti gandum, serealia, oat, umbi - umbian, biji - bijian


 


Q: Apa makanan yang baik dikonsumsi pagi hari agar tidak gemuk dan siang hari? Jika ingin menurunkan berat badan makan malam perlu atau tidak?


A: Sarapan tidak membuat gemuk, karena energi yang didapatkan saat sarapan biasanya digunakan untuk melakukan aktivitas sehari - hari. Untuk itu sarapan lengkap memenuhi gizi yang seimbang perlu dilakukan. Untuk menurunkan berat badan perbanyaklah konsumsi sayur dan buah serta batasi makanan berlemak dan sumber karbohidrat seperti nasi. Selain itu, perlu juga dilakukan aktivitas fisik minimal 30 menit dalam sehari seperti berjalan kaki, membersihkan rumah, dan lain sebagainya, lakukan juga olahraga dengan rutin.


 


Q: Saya biasanya sarapan tiap pagi dengan sepotong roti dan segelas susu. Apakah itu cukup? Karena saya biasanya pukul 10.00 sudah lapar lagi. Mohon tips nya sarapan seperti apa yang bisa tahan sampai jam makan siang.


A: Kenapa jam 10 lapar lagi? Siklus makan yang benar untuk memenuhi kebutuhan harian adalah 3 kali makan padat dan 2 kali snack yang terdiri dari Makan Sarapan, Selingan Pagi, Makan Siang, Selingan Sore dan Makan Malam, dimana setiap 3 jam sehari saluran pencernaan perlu diisi oleh makanan. Diantara jam - jam makan utama adalah waktunya makan selingan, jadi wajar jika jam 10 kamu terasa lapar, karena itu adalah waktu selingan. Isi jam selingan dengan snack ringan seperti kue kering, kue basah, biskuit, atau buah seperti buah potong atau jus. 


 


Q: Saya seringkali bangun pagi buat jus dulu, seling 1 jam kemudian baru sarapan. Apakah pola makan ini benar? Mana yg lebih baik: makan buah sewaktu perut kosong setelah bangun tidur seling 1 jam baru roti gandum atau sebaliknya (sarapan jam 7, buah jam 8.30)?


A: Selama tidak ada masalah dengan pencernaan, pilihan pertama tidak masalah. Makan buah sebelum makan utama dijalankan oleh orang - orang yang menjalani food combaining. Dimana makan buah adalah yang pertama dikonsumsi sebelum makan utama, hal ini untuk membersihkan pencernaan. 


Untuk pilihan kedua juga baik, sarapan jam 7 dan makan buah sebagai selingan jam 8.30 untuk menunggu jam makan siang.


Keduanya sama baik namun untuk yang pertama jika ada masalah pencernaan sebaiknya tidak dipilih. Jika tidak ada masalah, kedua - keduanya dapat dijadikan pola hidup


 


Q: Sarapan apa  yang cocok bagi orang yang kurus untuk lebih berisi? Sarapan seperti apa ya yang sehat sekaligus bisa mendapatkan nutrisi yang seimbang ?


A: Sarapan pagi yang baik adalah berisi karbohidrat kompleks yang dapat digunakan untuk memecah glukosa dalam darah menjadi energi secara lambat. Contoh karbohidrat kompleks ada pada nasi, mie/pasta, roti gandum, serealia, oat, umbi - umbian. selain karbohidrat, protein dan vitamin juga dibutuhkan untuk tubuh, contoh sarapan sehat yang dapat membantu dalam program penaikan berat badan yaitu sandwich isi scramble egg dan sayuran (salada, tomat dan ketimun) lalu ditambahkan buah apel dan susu. sarapan tersebut sangat praktis dan menyehatkan. selain itu dapat pula mengonsumsi oatmeal yang ditambahkan dengan buah pisang atau buah buahan yang disukai dan ditambahkan susu. akan tetapi, sarapan yang berlebihan juga tidak baik karena membuat anda mengantuk sehingga produktifitas anda terganggu. bagi pak rudy yang memiliki badan kurus dapat ditambahkan makanan cemilan yang tinggi energi dan tinggi protein contohnya Macaroni schotel, Lasagna, Kroket Kentang.

Kata Kunci:
Bagikan ke teman Kamu