facebook

Obesitas si Sumber Segala Penyakit

Jumat, 15 January 2016 - 05:45:12 WIB
Diposting oleh : Berry
Obesitas si Sumber Segala Penyakit

Berrykitchen.com > Tips > Tips > Obesitas si Sumber Segala Penyakit

Halo Berrykitcheners! Kali ini kami akan sharing seputar obesitas. Bagaimanapun sesuatu yang berlebihan itu tidak baik untuk tubuh. Contohnya makan berlebihan bisa membuat obesitas. Selain itu, obesitas bisa memicu berbagai macam penyakit loh. Obesitas sendiri adalah tumpukan lemak yang berada dalam tubuh sampai melebihi batas kesehatan.

Bagaimana untuk mengetahui apakah berat badan kita normal atau sudah termasuk ke dalam obesitas? Berat yang normal adalah jika indeks massa tubuhnya berada pada kisaran 18,5 – 24,9. Seseorang dikatakan berat badan berlebih jika indeksnya 25 – 29,5. Tapi jika indeksnya di atas 30, baru dikatakan obesitas. Selain dengan cara tersebut, mengukur obesitas bisa juga dihitung melalui penghitungan Indeks Massa Tubuh (IMT). IMT adalah penghitungan berat badan dengan mnghitung rasio tinggi dan berat badan seseorang. Contohnya bila berat badan seseorang adalah 70kg dengan tinggi badan 1,6m maka penghitungannya adalah dengan 70/(1,6 x 1,6) = 27.34 kg/ m². Jika kamu berada di bawah angka 18,5 kg/m², maka kamu kekurangan berat badan. Sedangkan jika berada di antara 18,5-22,9 kg/m², maka bobot tubuh kamu termasuk sehat. Jika hasil IMT Anda berada di antara 25-30 kg/m², maka Anda kelebihan berat badan. Walaupun belum termasuk obesitas tetapi kamu harus berhati-hati karena banyak jenis penyakit seperti diabetes dan jantung bisa menjadi ancaman kesehatanmu.

Lalu, apa saja sih penyebab obesitas? Coba cek daftar di bawah ini

1. Gender

Biasanya para wanita lebih cenderung terkena obesitas dibanding pria. Hal ini disebabkan oleh pria yang memiliki tingkat metabolisme lebih tinggi dibandingkan dengan wanita. Apalagi seiring bertambahnya usia dan mengalami menopause, metabolisme mengalami penurunan sehingga wanita akan lebih mudah mengalami obesitas setelah menopause.

2. Genetik

Obesitas juga bisa terjadi karena keturunan. Ada 25-35% besar kemungkinan obesitas yang dialami oleh anggota keluarga akan diturunkan kepada anak. Sebuah penilitian mengatakan jika ibu biologis mengalami obesiats maka ada kemungkinan sebesar 75% anaknya akan mengalami obesitas juga.

3. Usia

Tentu saja semakin bertambahnya usia, metabolisme tubuh akan semakin menurun sehingga orang akan lebih mudah terkena obesitas ketika usia sudah mulai bertambah akan lebih baik bila mulai memperhatikan kebiasaan makan.

4. Gaya Hidup

Hal ini yang paling sering menyebabkan seseorang mengalami obesitas. Seperti kebiasaan begadang, makan makanan cepat saji, minum minuman yang mengandung banyak gula. Apalagi dengan kebiasaan bekerja dengan duduk seharian di depan layar computer, mengambil cemilan yang mengandung banyak gula dan berkalori tinggi tentu saja dapat menyebabkan obesitas.

5. Stress

Orang yang bekerja dalam tekanan maupun mengalami stress dalam kehidupan lebih cenderung mengalami obesitas. Karena secara tidak sadar biasanya akan mengkonsumsi makanan berkalori tinggi lebih sering.

Itu tadi adalah faktor-faktor yang bisa menyebabkan obesitas. Masih banyak lagi factor lainnya. Karena itu akan lebih baik kalau kita mulai lebih berhati-hati dalam memilih makanan dan memberlakukan gaya hidup. Mau tau apa saja penyakit yag menunggu untuk orang yang mengalami obesitas?

- Masalah tidur

- Gangguan pernapasan

- Diabetes tipe 2

- Tekanan darah tinggi/ Hipertensi

- Penyakit jantung

- Kolesterol tinggi

- Dll

Masih banyak yang lainnya loh. Sedangkan hal yang disebut di atas cukup membuat kita berpikir dua kali untuk menjalani hidup dan makan yang tidak teratur. Bagaimana untuk mencegah obesitas?

1. Olah raga 1 jam setiap hari

2. Mengatur pola makan dengan baik

3. Mengatur pola hidup lebih baik

4. Mengurangi kebiasaan makan makanan yang mengandung kolesterol tinggi

5. Perbanyak makan sayur

6. Perbanyak minum air mineral yaitu 3 sampai 8 gelas per hari

Tidak sulit bukan untuk memulai pola hidup sehat? Ayo sayangi tubuhmu. Karena tubuhmu itu bukan sekali pakai loh, jadi kamu harus pintar menjaga kesehatannya karena harus tetap sehat sampai tua nanti! Semoga tulisan ini bisa membantu ya. Have a good day!

Kata Kunci:
Bagikan ke teman Kamu

Gunakan voucher sebelum waktu habis 00 : 00
tutup