facebook

No Stress With Nutrition

Jumat, 11 March 2016 - 09:15:04 WIB
Diposting oleh : Berry
No Stress With Nutrition

Berrykitchen.com > Tips > Tips > No Stress With Nutrition

Halo Berryitcheners! Kembali lagi dengan Ask Nutritionist yang kamis kemarin membahas no stress with nutrition! Hilangkan stress dengan makanan sehat ya, apalagi saat stress orang kebanyakan cenderung ngemil yang tidak sehat. Segala pertanyaan yang sudah diterima dan dijawab oleh ahli nutrisi kami ada disini! Jadi, untuk kamu yang kemarin belum sempat ikutan yuk kita baca!

Q: boleh bagi informasinya yah terkait makanan apa saja yang harus kita konsumsi untuk menghilangkan/mengurangi stress, dan makanan apa saja yang sebaiknya kita hindari agar tidak moody. Kalau bisa jenis makanannya adalah makanan yang mudah ditemukan di Indonesia.

A: Tentunya sebelum kita mengkonsumsi makanan yang dapat mengurangi tingkat stress terlebih dahulu kita harus mengelola stress itu agar tidak menjadi penyakit fisik di dalam tubuh. Seperti penyakit pusing dan jantung. Makanan juga dapat menjadi alternatif untuk mengurangi tingkat stres, berikut diantaranya :

1. Makanan yang mengandung lemak baik

Ketika stres, fisik dan psikis Anda akan labil dan tertekan hal itu akan mempengaruhi sistem kerja otak Anda. Berdasarkan literatur kesehatan jaringan otak manusia 50% nya mengandung lemak. Oleh karena kita ketika kita stres pilihkan makanan yang mengandung lemak baik. Jenis lemak inilah yang dalam ilmu nutrisi dikenal dengan sebutan lemak tak jenuh.  Lemak baik atau lemak tak jenuh ini terdiri dari dua jenis, yaitu; lemak tak jenuh tunggal (contohnya olive oil, virgin coconut oil, alpukat) dan lemak tak jenuh ganda. Selanjutnya dikenal juga ada dua jenis lemak tak jenuh ganda yang sangat penting bagi  otak, yaitu; Omega-3 dan Omega 6 (Omega 3 ditemukan pada ikan, ikan yg hidup di laut dalam sepeti tuna, makarel, salmon, minyak ikan, sedangkan omega 6 biasanya terdapat pada kuning telur ayam yang mengandung omega 6, biji-bijian seperti biji kenari

2. Makanan yang mengandung karbohidrat sederhana

Makanan dalam karbohidrat sederhana juga dapat mengurangi tingkat stress, seperti gula pasir dan cokelat namun jika berat badan Anda overweight dan obesitas, Anda harus mengurangi asupan karbohidrat sederhana tersebut dan menggantinya dengan karbohidrat kompleks seperti dengan bahan pemanis yang rendah seperti dark chocolate atau  snack diet, mengkonsumsi serealia yang mengandung vitamin B yang dapat mengurangi tingkat stress seperti beras merah.

3. Makanan yang mengandung Vitamin B Kompleks

Dalam penelitian, kekurangan salah satu vitamin B dapat menyebabkan perasaan mudah stres, cemas dan depresi. Makanan yang mengandung vitamin B ada di dalam beras merah, kedelai (susu kedelai, tempe, tahu), jagung, biji2an (kacang hijau, kacang merah), brokoli

4. Makanan yang mengandung vitamin E

Vitamin E berkhasiat menurunkan tekanan darah akibat stress. Makanan yang mengandung vitamin E : kacang almond, kismis atau suplemen vitamin E

5. Makanan yang mengandung Asam Folat

Asam Folat bermanfaat untuk mengatasi stress. Makanan yang mengandung asam folat : Alpukat, Asparagus, Buah Kiwi

6. Antioksidan

Antioksidan dan flavonoid yang dapat mencegah penuaan otak yang disebabkan oleh stres berat. Sumbernya bisa ditemui pada buah keluarga berry seperti rasberry, blackberry, blueberry dan strawberry

Q: Jika saat beban kerja sedang tinggi sering kali merasakan lapar yang cukup luar biasa sehingga akan membeli makanan dan minuman yang tidak terkontrol. Sebagai hasil, berat badan dan kadar kolesterol pun meningkat. Apakah ada jenis makanan dan minuman yang disarankan saat menghadapi situasi tersebut? Karena situasi ini cukup sering dihadapi.

A: Dalam ritme kerja yang sibuk, tubuh tetap memerlukan asupan makanan untuk dipecah menjadi energi. Makanan yang tinggi kalori padat energi yang bisa mengantisipasi kondisi tersebut contohnya roti manis, bubur kacang hijau dengan roti tawar, jus alpukat, makan buah yang mengandung tinggi kalori seperti pisang sunpride. Namun makanan tersebut hanya bersifat kenyang sementara. Saran saya, bapak tetap mengkonsumsi makanan utama dengan pola makan dan menu gizi seimbang yang terdiri dari Nasi, lauk hewani, lauk nabati, sayur dan buah dan ketika makan tidak berkonsentrasi pada pekerjaan. Menikmati waktu makan secara alami juga merupakan hak tubuh Anda. Maka sempatkan memberikan waktu untuk hak tersebut agar hidup bapak juga seimbang.

Q: saat ini saya sedang berusaha mengurangi berat badan, dan mencoba untuk lebih clean eating, masalah yg paling berat itu untuk memilih menu sarapan. Saya kerja kantoran sedikit repot kalau harus masak sendiri. Sudah coba sarapan buah, walaupun kenyang tapi rasa craving for savory food masih muncul jadi ujung2nya ngemil, Apalagi klo cuma pakai shake2 atau smothies sayuran.. aduuh jam 10 udah gak konsen dan makan siang nya justru jadi menggila. mencoba makan overnight oat yang lagi ngetrend itu lama2 enek juga sih and i don’t see any significant effect

A: Untuk menjalani diet penurunan berat badan, diperlukan niat dan motivasi yang tinggi. Motivasi untuk menurunkan berat badan diantaranya dengan melalui pencapaian target berat badan ideal, sehingga kita terpacu untuk menjalaninya. Cobalah buat pencapaian target selama 2 minggu. Lihat perubahan yang terjadi, jika menguntungkan kamu bisa melanjutkan hingga tercapai berat badan ideal. Jangan lupa kontrol asupan makan melalui gizi seimbang dan sehat ya, hindari makanan gorengan, perbanyak minum air putih atau infused water, kenapa infused water? Minuman yang mempunyai aroma jauh lebih menguntungkan orang yang ingin dimotivasi untuk menurunkan berat badan, karena air putihnya memiliki rasa dan mengandung antioksidan untuk tubuh, selanjutnya lakukan olahraga teratur.

Q: Bagaimana cara mengelola stress dengan makanan sehat?

A: Stres bisa terjadi disebabkan oleh beberapa hal, misalnya tekanan pekerjaan, kondisi lingkungan, sakit berat. Stres dapat menimpa siapa saja dan kapan saja. Maka dari itu, Anda perlu segera mengatasi stres atau depresi yang sedang Anda alami agar tidak memicu munculnya berbagai penyakit fisik, seperti sakit kepala dan sakit jantung. Secara tidak langsung ketika psikis Anda sedang labil dan tertekan, hal itu akan mempengaruhi sistem kerja otak Anda. Alhasil, tubuh Anda akan merasakan dampaknya dan pada akhirnya penyakit pun datang.

Berdasarkan literatur kesehatan jaringan otak manusia 50% nya mengandung lemak. Inilah mengapa lemak sebenarnya juga amat diperlukan untuk tubuh. Jaringan otak tidak dapat berfungsi optimal jika kita kurang mengkonsumsi asupan lemak. Oleh karena kita ketika kita stres pilihkan makanan yang mengandung lemak baik. Jenis lemak inilah yang dalam ilmu nutrisi dikenal dengan sebutan lemak tak jenuh. Fungsinya adalah membentuk materi kolesterol baik dan membantu system sirkulasi di dalam tubuh. Secara umum, lemak tak jenuh ini menjaga agar pembuluh darah bersih dari timbunan zat yang menyebabkan penyempitan. Lemak tak jenuh juga berfungsi menurunkan kadar kolesterol jahat yang memicu gangguan jantung. Lemak baik atau lemak tak jenuh ini terdiri dari dua jenis, yaitu; lemak tak jenuh tunggal (contohnya olive oil, virgin coconut oil, alpukat) dan lemak tak jenuh ganda. Selanjutnya dikenal juga ada dua jenis lemak tak jenuh ganda yang sangat penting bagi  otak, yaitu; Omega-3 dan Omega 6.

Makanan dalam karbohidrat sederhana juga dapat mengurangi tingkat stress, seperti gula dan cokelat namun jika berat badan Anda overweight dan obesitas, Anda harus mengurangi asupan karbohidrat sederhana tersebut dan menggantinya dengan karbohidrat kompleks seperti dengan bahan pemanis yang rendah seperti snack diet atau mengkonsumsi serealia yang mengandung vitamin B yang dapat mengurangi tingkat stress seperti beras merah.

Kata Kunci:
Bagikan ke teman Kamu

Gunakan voucher sebelum waktu habis 00 : 00
tutup