facebook

Nikmatnya Saus Ala Negeri Ginseng

Selasa, 20 September 2016 - 14:07:03 WIB
Diposting oleh : Berry
Nikmatnya Saus Ala Negeri Ginseng

Berrykitchen.com > Tips > Tips > Nikmatnya Saus Ala Negeri Ginseng

Hai Berrykitcheners!  Korea tidak hanya terkenal dengan budaya K-POP yang mendunia. Namun, cita rasa kunlinernya sudah mulai melekat di lidah penggemarnya, lho! Dalam tradisi orang Korea percaya bahwa kualitas makanan tergantung dari rempah-rempah dan saus yang digunakan.  Nah, bagi kamu yang belum mengenal bahan dan bumbu yang biasa digunakan dalam masakan-masakan Korea. Yuk kita bahas selengkapnya di bawah ini!


1. Gochujang (Pasta Cabai)


2w


Gochujang merupakan pasta cabai yang terbuat dari cabai kering, kacang kedelai, tepung beras ketan, garam, serta air. Kedelai dan tepung beras yang difermentasi untuk menghasilkan pasta pedas dan berwarna merah gelap. Nah, pasta cabai ini salah satu bumbu yang sering digunakan dalam membuat masakan Korea. Biasanya pasta cabai ini ditambahkan ke dalam sup atau makanan yang direbus.


2. Gochugaru (Bubuk Cabai)


io


Dalam bahasa Korea Kata gochu  memiliki arti cabai dan garu berarti bubuk. Gochugaru terbuat dari cabai yang dikeringkan dan dihaluskan sehingga menjadi bubuk cabai. Proses pengeringan cabai bisa dilakukan dengan menjemurnya di bawah terik matahari atau dipanggang di dalam oven. Bubuk cabai banyak digunakan dalam masakan Korea. Terutama saat membuat kimchi yang merupakan bumbu wajib tak boleh ketinggalan.


3. Doenjang (Pasta Kedelai)


jk


Doenjang merupakan saus pasta yang terbuat dari kedelai. Bila gochujang dan gochugaru memiliki rasa yang pedas, maka pasta kedelai ini memiliki rasa yang berbeda lho. Pasta kedelai ini difermentasikan dengan rasa yang manis asin, mirip dengan bumbu miso di Jepang. Nah, pasta ini memiliki warana seperti selai kacang dan ada potongan kedelai kecil di dalamnya.  Doenjang biasa digunakan untuk sup atau masakan berkuah. Uniknya, doenjang juga bisa digunakan untuk sambal saat menyantap mentimun dan cabai hijau.


Sekarang kamu sudah mengetahui bumbu yang biasa digunakan saat membuat masakan Korea. Pasti kamu penasaran kan dengan rasanya? Ngiler? Mau Coba? Hmm jangan ngiler dulu ya. Pastikan kamu sudah menyiapkan semua bahan yang dibutuhkan. Nah, kabar baiknya kamu bisa lho mencicipi saus ala Korea di menu harian kamu. Caranya dengan mengikuti terus menu catering  Berrykitchen. Kadang beberapa menu, seperti Ikan Goreng Saus Korea dan Ayam Goreng Saus Gochujang bisa muncul kapan saja loh. Sudah kebayang kan bagaimana rasanya? Semoga informasi ini membantu ya. Have a nice day, Berrykitcheners!


 

Kata Kunci:
Bagikan ke teman Kamu