facebook

Mengenal Si Lembut Gelato

Senin, 29 August 2016 - 12:15:15 WIB
Diposting oleh : Berry
Mengenal Si Lembut Gelato

Berrykitchen.com > Tips > Tips > Mengenal Si Lembut Gelato

Hai Berrykitcheners! Siapa di sini yang gemar dengan es krim?! Es krim memang disukai mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Nah, bagi kamu penggemar es krim mungkin tidak asing lagi mendengar Gelato. Gelato merupakan kudapan khas Italia yang dibuat dengan susu, krim, gula, dan dicampur olahan berbagai jenis buah segar. Gelato memang sangat mirip dengan ice cream. Namun, Gelato memiliki tekstur yang lebih lembut dibandingkan es krim pada umumnya karena temperature teknik membuatnya yang lebih hangat. Saat mencicipinya lidah kamu terasa dimanjakan dengan kelembutan es krim ini. Selain itu, gelato juga  tidak mengandung banyak krim dan menggunakan sedikit kuning telur.


ertty


Dalam bahasa Italia, congelato berarti beku dan kata congelare berarti membekukan. Awalnya Gelato dikenal sebagai makanan penutup yang biasa dinikmati oleh kaum bangsawan di Sisilia, Romawi dan Mesir. Lalu, makanan penutup ini muncul sebagai menu favorit dalam jamuan makan di Istana Medici di Florence. Seorang koki asal Florence bernama Bernardo Buontalenti, diketahui telah menemukan es krim dengan teknik pendinginan inovatif dan modern untuk permaisuri Catherine de’ Medici di tahun 1565. Sejak saat itu, gelato terus dikenal dan dikembangkan mulai dari rasa, proses pembuatannya hingga  bisa diekspor ke luar Italia.


qweee


Seperti yang dikutip dari Mental Floss, setiap tahun di Italia berbagai tim dari seluruh dunia berkompetisi di Gelato World Cup. Kompetisi itu disebut Coppa del Mondo della Gelateria. Peserta yang mengikuti kompetisi berasal dari Jepang, Moroko, Amerika Serikat, Spanyol, dan Polandia pada Januari 2016 silam. Tadaaa pemenangnya  sendiri berasal dari Italia, lho!


Gelato juga terbilang rendah kalori, lemak, dan gula dibandingkan dengan es krim yg lain. Pas sekali untuk kaum wanita yang sedang diet bisa memilih jenis Gelato ini agar badan tetap terjaga. Sayangnya, Gelato lebih cepat cair ketimbang  ice cream. Salah satu restoran di Florence yang terkenal dengan kelezatan gelatonya adalah Ristorante Pizzeria Ghibellini yang terletak di Piazza San Pier Maggiore.


Rasa yang disajikan es krim khas Italia ini banyak jenisnya lho. Mulai dari strawberry, vanila, hazelnut, chocolate, mint, chocolate chip, bubblegum, almond, lemon, dan seterusnya. Jenis rasanya sangat beragam ya? Sekarang kamu bisa memilih sesuai dengan selera yang kamu inginkan. Hayo mana pilihanmu? Daripada kamu penasaran dengan rasanya coba saja datang ke restoran yang menyediakan kudapan dingin ini.


ass


Kini, sudah banyak kedai yang menjual Gelato di Jakarta. Kamu tidak perlu jauh-jauh ke Italia, seperti  kedai yang satu ini namanya Il Vero Gelateria. Salah satu gerai yang ramai dikunjungi dan memiliki rasa gelato yang nikmat terletak di daerah Jalan Arteri Permata Hijau No. 5, Kebayoran Lama. Yuk cicipi nikmatnya Gelato bersama teman-temanmu. Pasti mejadi momen yang asyik sembari bersantai menikmati Gelato.  Semoga bermanfaat ya, Berrykitcheners!

Kata Kunci:
Bagikan ke teman Kamu