facebook

MEN-JAMUR YUK!

Jumat, 04 March 2016 - 13:00:44 WIB
Diposting oleh : Berry
MEN-JAMUR YUK!

Berrykitchen.com > Tips > Tips > MEN-JAMUR YUK!

Halo Berrykitcheners! Mungkin banyak dari kamu sudah sering menyantap hidangan yang mengandung jamur. Tapi beberapa orang tidak mengetahui jenis-jenis jamur yang biasa dinikmati. Padahal jamur memiliki banyak manfaat dan rasanya kenyal dan enak. Bahkan beberapa jenis jamur sering dijadikan bahan utama pembuatan hidangan mirip daging untuk vegetarian. Berrykitchen sering menyediakan hidangan dengan menggunakan jamur. Yuk kita ulas bersama jenis jamur yang sering digunakan untuk memasak beserta manfaatnya!

1. Jamur Kuping

Jamur kuping merupakan salah satu kelompok jelly fungi yang masuk ke dalam kelas Basidiomycota dan mempunyai tekstur jelly yang unik. Mengapa sering disebut jamur kuping karena bentuk tubuhnnya melebar seperti daun telinga manusia.

MANFAAT:

- Zat besi yang terkandung dalam jamur kuping dapat mencegah terkena anemia.

- Penelitian menunjukkan bahwa kandungan polarisakarida yang terdapat dalam jamur kuping juga mampu menurunkan kolesterol.

- Vitamin B-2 yang juga sering disebut riboflavin membantu mendukung sistem kekebalan tubuh dan memampukan tubuh untuk menghindari stress.

- Dengan merebus jamur kuping bisa membantu penyeimbangan darah dalam tubuh dan mengencerkan darah sehingga mengurangi resiko terkena penyakit jantung akibat pengumpalan darah.

2. Jamur Tiram

Jamur Tiram adalah jamur pangan dari kelompok Basidiomycota dan termasuk kelas Homobasidiomycetes dengan ciri-ciri umum tubuh buah berwarna putih hingga krem dan tudungnya berbentuk setengah lingkaran mirip cangkang tiram dengan bagian tengah agak cekung. Alasan disebut jamur tiram karena bentuknya seperti tiram.

MANFAAT:

- Kandungan vitamin C dan magnesium pada jamur tiram mampu meningkatkan daya tahan tubuh.

- Kandungan gizi yang terdapat dalam jamur tiram setara dengan daging tetapi perbedaannya, jamur tiram tidak mengandung kolesterol sehingga mampu menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh.

- Nutrisi yang terkandung dalam jamur tiram sangat dibutuhkan oleh ibu hamil supaya janin berkembang dengan baik.

- Vitamin D yang ada pada jamur tiram dapat menurunkan tekanan darah sehingga jantung terlindungi.

3. Jamur Merang

atau kulat jumpung dalam bahasa Aceh adalah salah satu spesies jamur pangan yang banyak dibudidayakan di Asia Timur dan Asia Tenggara yang beriklim tropis atau subtropis. Tubuh buah yang masih muda berbentuk bulat telur, berwarna cokelat gelap hingga abu-abu dan dilindungi selubung. Pada tubuh buah jamur merang dewasa, tudung berkembang seperti cawan berwarna coklat tua keabu-abuan dengan bagian batang berwarna coklat muda. Jamur merang yang dijual untuk keperluan konsumsi adalah tubuh buah yang masih muda yang tudungnya belum berkembang.

MANFAAT

- Jamur remang rendah kalori dan mengandung insulin alami yang baik untuk penderita diabetes. Kandungan antibiotik yang terdapat dalam jamur merang juga mampu bisa menghindari infeksi akibat luka diabetes.

- Kandungan yang baik seperti vitamin A, B kompleks dan C yang terdapat dalam jamur merang bermanfaat bagi daya tahan tubuh.

- Jamur merang memiliki kandungan vitamin D terbaik kedua setelah minyak ikan cod. Sehingga kalsium yang terdapat didalamnya baik untuk kesehatan dan memperkuat tulang.

- Kandungan protein hewani dalam jamur merang sangat berguna untuk vegetarian yang tidak memakan daging sebagai asupan.

4. Jamur Kancing

Jamur kancing, jamur kompos atau champignon adalah jamur pangan yang berbentuk hampir bulat seperti kancing dan berwarna putih bersih, krem, atau coklat muda. Jamur kancing merupakan jamur yang paling banyak dibudidayakan di dunia.

MANFAAT:

- Ekstrak jamur kancing bermanfaat untuk menurunkan aktivitas sel kanker dan mengurangi ukuran tumor bagi penderita kanker payudara dan kanker prostat.

- Antioksidan dalam jamur kancing bisa memperbaiki imun tubuh dan mencegah migraine.

- Jamur kancing juga kaya akan serat yang memperlancar pencernaan.

Ternyata hampir semua jamur memiliki fungsi yang sama dan yang jelas semuanya baik untuk kesehatan tubuh. Apalagi untuk kamu yang sedang menjalani diet! Bayangkan saja jamur-jamur yang sudah disebutkan di atas mengandung 0% lemak sehingga cocok untuk kamu yang menghindari makanan berlemak. Semoga informasi ini membantu ya. Have a nce day, Berrykitcheners!

Kata Kunci:
Bagikan ke teman Kamu