facebook

Mau Masak Daging Tapi Takut Daging Keras? Cek Dulu Tipsnya!

Selasa, 07 June 2016 - 06:41:15 WIB
Diposting oleh : Berry
Mau Masak Daging Tapi Takut Daging Keras? Cek Dulu Tipsnya!

Berrykitchen.com > Tips > Tips > Mau Masak Daging Tapi Takut Daging Keras? Cek Dulu Tipsnya!

Hai Berrykitchneners! Bagaimana aktivitas hari kedua bulan puasa? Pastinya lama-lama akan mulai terbiasa bangun untuk sahur kembali. Untuk beberapa roang kadang sudah malas berbuka puasa dengan memasak, apalagi masakan cukup berat seperti daging merah.


Dalam memasak daging merah ada beberapa tantangan seperti ketakutan akan daging merah yang alot ataupun keras, tidak empuk sedangkan sayang sekali jika hal tersebut terjadi karena harga daging merah khususnya sapi sedang tinggi. Jangan sampai daging yang kita masak menjadi gagal dan harus dibuang. Kami sudah menyiapkan beberapa tips supaya daging merah menjadi empuk. Pernah mendengar caranya? Yang belum yuk disimak ya!



  1. Daun Pepaya


Mengapa daun pepaya bisa membantu daging menjadi empuk? Hal tersebut karena daun pepaya mengandung enzim papain. Caranya tidak sulit, hanya dengan meremas daun pepaya hingga getah keluar lalu gunakan daun untuk membungkus daging selama kurang lebih 30 menit. Penggunaan daun pepaya untuk mengempukkan daging sudah dilakukan sejak lama.



  1. Nanas


Sama hal nya dengan daun pepaya yang mengandung enzim papain, di dalam buah nanas terdapat enzim yang membantu mengengempukkan daging, yaitu enzim bromelin. Enzim ini mampu menguraikan serat-serat daging merah. Caranya dengan memarut buah nanas lalu parutan buah nanas dibaluri pada daging, kemudian diamkan selama kurang lebih 45 menit. Setelah itu bersihkan dengan air dan daging siap diolah.



  1. Kiwi


Buah kiwi juga memiliki enzim yang ampu mengempukkan daging, namanya adalah enzim actinidin. Caranya dengan meremas buah kiwi, lalu oleskan ke daging. Biasanya untuk 1 kilogram daging membutuhkan 1 hinga 1,5 buah kiwi. Diamkan selama kurang lebih 1 sampai 2 jam lalu daging siap diolah.



  1. Beras


Berbeda dengan buah yang mampu mengempukkan daging, beras juga mampu membantu mengempukkan daging. Caranya dengan memasukkan beras ke dalam air rebusan daging. Bila beras sudah hancur dan bercampur dengan daging, maka daging tersebut sudah empuk dan siap diolah.



  1. Kulit pisang


Yang terakhir untuk mengempukkan daging adalah kulit dari buah pisang. Hal ini dikarenakan kulit pisang mengandung beberapa bahan aktif alami. Bahan aktif alami tersebut mampu menguraikan protein dalam daging sehingga daging menjadi lebih cepat empuk. Caranya dengan menutup atau membungkus daging dengan kulit pisang, diamkan selama 30 menit sampai 1 jam. Setelah itu daging siap untuk diolah.


Bagaimana menurutmu? Beberapa bahan makanan untuk mengempukkan daging diatas tidak sulit ditemukan loh karena merupakan bahan kebutuhan sehari-hari. Sekarang kamu bisa buka puasa ataupun sahur dengan daging empuk yang cepat. Selamat mencoba ya, Berrykitcheners!

Kata Kunci:
Bagikan ke teman Kamu

Gunakan voucher sebelum waktu habis 00 : 00
tutup