facebook

Masak Nasi Goreng yang Lezat dan Bergizi? Ikuti Tips Ini, Yuk!

Jumat, 22 April 2016 - 07:18:57 WIB
Diposting oleh : Berry
Masak Nasi Goreng yang Lezat dan Bergizi? Ikuti Tips Ini, Yuk!

Berrykitchen.com > Tips > Tips > Masak Nasi Goreng yang Lezat dan Bergizi? Ikuti Tips Ini, Yuk!

Hai Berrykitcheners! Apa menu sarapan favorit kamu? Jika ingin sarapan dengan menu yang praktis dan mengenyangkan, tentu pilihan yang tepat adalah nasi goreng, bukan? Nah, kali ini kami ingin berbagi tips memasak nasi goreng yang lebih bergizi dan bernutrisi! Selain tidak menggunakan minyak goreng kelapa sawit, ada beberapa tips lain yang bisa membuat nasi goreng buatanmu jadi lebih bergizi dan lezat, lho. Penasaran dengan tipsnya? Yuk, langsung saja intip tips berikut ini!


Nasi Goreng Tanpa Minyak Goreng


Siapa sih yang tidak kenal dengan menu makanan nasi goreng? Makanan ini bisa dinikmati saat pagi, siang, atau malam hari. Tak perlu membeli nasi goreng di luar rumah, karena kamu bisa membuatnya sendiri dengan mudah.


Sebelum membuat nasi goreng, biasanya kita akan memanaskan sedikit minyak goreng di wajan. Kemudian, kita akan memasukkan bawang merah, bawang putih, bumbu-bumbu lainnya, dan nasi putih ke dalam wajan. Namun, kali ini kami akan berbagi tips memasak nasi goreng yang lebih bergizi tanpa minyak goreng. Lantas, apa pengganti minyak kelapa untuk memasak nasi goreng?


 


Ada beberapa bahan pengganti minyak kelapa sawit untuk membuat nasi goreng, seperti:



  1. Minyak Jagung


Ini merupakan minyak yang diperas dari biji jagung dan sifatnya adalah setengah kering. Jika minyak goreng kelapa sawit mengandung asam lemak jenuh, minyak jagung ini tidak mengandung asam lemak tak jenuh. Minyak jagung mengandung asam lemak esensial yang dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah.



  1. Minyak Zaitun


Minyak yang sangat populer ini dapat kamu gunakan sebagai pengganti minyak goreng kelapa sawit. Pasalnya, minyak zaitun memiliki titik panas yang rendah. Ketika minyak ini dipanaskan dalam waktu singkat, maka asap akan langsung mengepul. Jenis minyak inilah yang sangat baik untuk memasak, karena pemanasan dalam waktu yang lama dapat menghilangkan kandungan nutrisi di dalam minyak itu sendiri.



  1. Kemiri


Pernah mendengar nama minyak kemiri? Nah, rempah yang satu ini memang dapat menghasilkan minyak yang sehat dan alami. Untuk menghasilkan minyak kemiri, sangrai beberapa butir kemiri di atas wajan selama beberapa saat. Secara perlahan, kemiri akan mengeluarkan minyak yang bisa kamu gunakan untuk membuat nasi goreng. Minyak kemiri ini sehat dan tidak mengandung asam lemak jenuh.


 


Tidak Menggunakan MSG


Vetsin atau Monosodium Glutamat adalah penyedap rasa yang dipercaya dapat melezatkan segala macam masakan. Namun, tahukah kamu bahwa MSG ini sangat berbahaya untuk tubuh manusia? MSG bisa menyebabkan obesitas, kerusakan otak, gangguan fungsi hati, dan menghambat kecerdasan anak-anak. Untuk membuat nasi goreng yang lezat, kamu tidak perlu menggunakan MSG kok!


Tips untuk mengganti MSG adalah dengan menggunakan sedikit gula pasir. Nah, gula pasir ini dapat menggantikan peran MSG. Di samping itu, nasi goreng yang lezat bisa dibuat tanpa menggunakan MSG. Caranya, perbanyak penggunaan rempah-rempah seperti bawang merah dan bawang putih untuk membuat cita rasa nasi goreng buatanmu jadi lebih lezat.


 


Tambahkan Sayur dan Gunakan Bahan-Bahan Segar


Tambahkan sedikit sawi, wortel, dan mentimun saat memasak nasi goreng agar menu nasi goreng buatanmu ini jadi lebih bergizi Selain itu, tips memasak nasi goreng yang sehat lainnya adalah dengan menggunakan bahan-bahan yang segar. Misalnya, kamu bisa menambahkan sedikit irisan dada ayam kampung di dalam nasi goreng buatanmu.


Jika ingin menggunakan telur, sebaiknya gunakan putih telurnya saja. Pasalnya, kuning telur mengandung kalori yang sangat tinggi. Batasi pula penggunaan kecap manis atau kecap asin, karena kedua bahan tersebut mengandung kalori dan sodium yang cukup tinggi.


 


Sudah siap untuk memasak nasi goreng yang lezat dan bergizi, Berrykitcheners? Semoga tips memasak nasi goreng ini bermanfaat untuk kamu, ya!


 


Sources:



  • com/recipe/curry-fried-rice/

  • com/cara-lebih-sehat-membuat-nasi-goreng

  • com/tips-memasak-nasi-goreng-tanpa-minyak/


Diakses pada 3 Februari 2016.

Kata Kunci: tips memasak nasi goreng, masak nasi goreng
Bagikan ke teman Kamu