facebook

Nutrition Facts Jamur, Tidak Semua Benalu Itu Buruk Lho :)

Senin, 11 May 2015 - 07:17:01 WIB
Diposting oleh :
Nutrition Facts Jamur, Tidak Semua Benalu Itu Buruk Lho :)

Berrykitchen.com > Tips > Tips > Nutrition Facts Jamur, Tidak Semua Benalu Itu Buruk Lho :)

Hai berrykitcheners :)

Mari kita berfikir sejenak berrykitcheners, Tuhan menciptakan banyak sekali bahan makanan di bumi kita tercinta ini. So, kalo masih ada yang bilang kalo kamu ditelantarkan Tuhan. Huuhh pukul pake bambu!

makanan banyak tersedia di bumi ini, ulai dari hewan, tumbuhan, 90% bisa dijadikan bahan makanan. Bayangkan!

Contohnya jamur, cendawan ini pun bisa dijadikan bahan makanan walaupun tidak memiliki klorofil dan hanya bersifat heterotrof.

Tapi, walaupun jamur merupakan tanaman benalu, yang bisa dibilang, bahwa ia hanya bisa hidup dengan bantuan tumbuhan inangnya. Namun, ia melakukannya dengna simbosis mutualisme yakni, selain menyerap makanan dari organisme lain, jamur juga menghasilkan zat yang bermanfaat bagi simbion atau tumbuhan inangnya. Naaah, di Indonesia, cukup banyak jenis jamur yang dikenal bisa dijadikan bahan konsumsi.

Berikut pemaparannya :

1. Jamur Kancing atau bahasa kerennya Champignon

manfaat-jamur-untuk-kesehatan

Jamur kancing ini, sudah dibudidayakan di Perancis dari abad ke-17 lho. Dan jamur jenis ini, adalah jenis jamur yang paling banyak di budidayakan di dunia, atau sekitar 38% dari populasi jamur pangan di dunia di dominasi oleh jamur kancing atau champignon atau baha ilmiahnya Agaris Bisporus. Dengan bentukan hampir membulat seperti kancing, jamur ini memiliki mengandung banyak vitamin dan mineral, misalnya vitamin B dan potasium. Dan kabarnya, Jamur kancing yang masih segar tidak mengandung lemak dan bebas sodium lho berrykitcheners. :)

2. Jamur tiram, atau Oyster Mushroom

manfaat-jamur-untuk-kesehatan

Jamur pangan dari kelompok Basidiomycota dan termasuk kelas Homobasidiomycets ini termasuk jamur yang cukup banyak juga di budiidayakan di dunia. Meski tidak sebanyak jamur kancing, 25% budidaya jamur di dunia adalah jamur tiram. Fisik jamur ini menyerupai cangkang tiram dengan bagian tenah agak cekung dan umumnya berwarna putih. Di dunia, ada beberapa jenis jamur tiram, diantaranya tiram putih, tiram kelabu, tiram merah muda, dan tiram coklat. Dan jamur tiram putih, di klaim memiliki rasa yang paling enak diantara jamur tiram yang lain. Media tanam jamur tiram biasanya adalah serbuk gergaji steril yang dikemas dalam kantung plastik. Jamur tiram memiliki serat yang tinggi, sehngga sangat baik untuk pencernaan. Serat yang dikandungnya mencapai 7,4-24,6 persen, sehingga cocok nih untuk kamu yang lagi diet :) Selain itu, jamur tiram memiliki banyak manfaat kesehatan seperti menurunkan kolesterol, lemah jantung, meredakan penyakit lever, diabetes, anemia. Belum lagi kandungan polisakarida, khususnya Beta-D-Glucans yang terkandung pada jamur ini yang dipercaya memilikki efek positif untuk antitumor, antikanker, antivirus, antijamur, antibakteri, dan juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Widiiihhh!

3. Jamur Merang

manfaat-jamur-untuk-kesehatan

Di Indonesia, jamur merang adalah jamur yang paling populer untuk dijadikan bahan konsumsi, karena memang jamur ini merupakan spesies jamur yang dapat hidup pada iklim tropis dan subtropis. Jamur merang memliki rasa dan tekstur yang paling enak diantara jamur lainnya. jamur merang dibudidayakan di dalam bangunan rumah kaca yang disebut Kumbung. Karena Jamur Merang adalah jamur tropis, ia dapat bertahan pada suhu yang tinggi antara 30-38 derajat celsius. Widiiihh... apa nggak keringetan yah :p Jamur merang memiliki kandungan protein yang cukup tinggi, dalam 100 gram jamur merang segar terkandung sekitar 3,2 gram protein, jumlah ini kaan bertambah menjadi 16 gram apabila jamur merang berada dalam keadaan kering. Juga kandungan kalsium dan fosfor yang cukup tinggi, sekitar 51 mg dan 225 mg, dan mengandung 105kj kalori dengan kandungan lemak yang sangat rendah, sekitar 0,9 gram.

4. Jamur Shitake atau Lentinus Edodes

manfaat-jamur-untuk-kesehatan

Dari namanya, sudah terlihat, bahwa jamur ini memang banyak di budidaya di Jepang, tiongkok, dan juga Korea Selatan. Populasi budidaya jamur shitake di dunia hanya 10%. Shitake ini biasa disebut dengan Chinese Black Mushroom, dan kerennya, jamur ini sudah dikenal sebagai jamur konsumsi sejak 2000 tahun lalu di daratan Asia lho. Manfaat jamur shitake diantaranya bisa digunakan sebagai obat penyakit saluran nafas, melancarkan sirkulasi darah, meredakan gangguan hati, memulihkan kelelahan dan juga bisa meningkatkan energi chi. Dan shitake juga dipercaya bisa mencegah penuaan dini lhoo...

5. Jamur Kuping

manfaat-jamur-untuk-kesehatan

Jamur ini dikenal dan banyak dipakai di Tiongkok. Terdiri dari jamur kuping putih, jamur kuping hitam, dan jamur kuping merah. Di Cina sendiri, jamur kuping adalah jamur yang lebih dulu dibudidaya dibanding dengan jamur shitake. Dan produksi segar jamur kuping, menempati urutan keempat populasi jamur didunia. Manfaat jamur kuping diantaranya dapat mengurangi panas dalam dan dapat meringankan rasa sakit pada kulit akibat luka bakar. Dan berfungsi juga untuk menurunkan hipertensi, pengerasan pembuluh darah akibat penggumpalan darah, kekurangan darah, mengobati wasir, dan juga memperlancar proses buang air besar.

6. Jamur Enokitake

manfaat-jamur-untuk-kesehatan

Enoki dikenal dengan jamur musim dingin. Di wilayah dnia beriklim sejuk, jamur ini tumbuh di alam bebas pada suhu udara sejuk. Jamur Enoki biasanya tumbuh pada permukaan batang pohon Celtis Sinensis yang sudah lapuk sehingga disebut Enokitate. Jamur hasil budidaya yang terlindung dari panas matahari biasanya berwarna putih, sedangakan jamur liar yang tumbuh di hutan berwarna coklat hampir merah muda. Di Tiongkok, jamur ini sering dijadikan obat dalam pengobatan tradisional untuk mengobati sulit buang air besar.

Naah, itulah jamur-jamur yang biasa kamu makan di restoran berrykitcheners. Apabila kamu tahu manfaat yang dihasilkan dari makanan, akan membuat kamu lebih selektif untuk memilih makanan yang akan masuk ke dalam perut kamu berrykitcheners. Ada pepatah yang mengatakan, "You are what you eat".

Demikian posting kali ini, dan berry akan kasih kamu resep untuk menikmati Jamur dalam posting berikutnya yaa ^_^

Salam berrykitchen :)
Kata Kunci:
Bagikan ke teman Kamu

Gunakan voucher sebelum waktu habis 00 : 00
tutup