facebook

Manfaat Daging Kerbau

Selasa, 25 October 2016 - 15:20:49 WIB
Diposting oleh : Berry
Manfaat Daging Kerbau

Berrykitchen.com > Tips > Tips > Manfaat Daging Kerbau

Hai Berrykitcheners! Daging kerbau memiliki warna yang sedikit lebih merah daripada daging sapi. Teksturnya pun sedikit lebih keras dari daging sapi. Namun jangan khawatir, teknik memasak yang benar akan membuat daging ini terasa empuk dan nikmat lho, Berrykitcheners. Selain dikenal dengan kadar lemaknya yang sangat rendah, daging kerbau juga dikenal karena kandungan gizinya yang tinggi. Seperti jenis sumber pangan hewani lainnya, daging ini pun memiliki sejumlah manfaat bagi tubuhmu. Apa sajakah itu? Berikut uraiannya.

 

1. Perbaikan jaringan tubuh

Daging kerbau memiliki kandungan protein yang lebih tinggi daripada daging sapi. Terdapat 20-30% kandungan protein dalam daging kerbau, sementara dalam porsi yang sama pada daging sapi hanya terdapat 15-19% kandungan protein. Protein merupakan salah satu zat terpenting  yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Saking pentingnya, setiap sel dalam tubuh kita membutuhkan protein lho. Kandungan protein inilah yang kemudian dapat dimanfaatkan oleh tubuh untuk perbaikan jaringan yang rusak dan dapat menghasilkan tenaga.Namun sayangnya, protein tidak bisa disimpan oleh tubuh sehingga asupan protein harus dikonsumsi dengan seimbang setiap harinya.

 2. Mencegah keropos tulang

Selain protein, daging kerbau juga mengandung kalsium. Dalam 100 gram daging kerbau terdapat 7 mg kandungan kalsium. Pengeroposan tulang atau yang dikenal dengan osteoporosis memiliki peluang yang lebih besar untuk menyerang wanita. Hal ini disebabkan oleh penyusutan tulang yang banyak dipengaruhi oleh hormon esterogen. Jika tidak diantisipasi secara dini, maka lima atau 10 tahun setelah menopause banyak wanita yang akan mulai terserang osteoporis. Wah, jangan sampai kamu jadi salah satunya ya, Berrykitcheners. Untuk itu kamu disarankan untuk mengonsumsi kalsium secara seimbang. Asupan kalsium sangat penting untuk membentuk puncak massa tulang yang optimal pada masa muda.

 

3. Mengandung mineral penting

Satu porsi daging kerbau mengandung mineral zat besi dan seng. Zat besi berfungsi untuk membentuk hemoglobin. Hemoglobin inilah yang kemudian menyalurkan oksigen ke seluruh tubuh. Sementara seng berfungsi untuk membantu metabolism dalam tubuh. Di samping itu, kandungan seleniumnya dapat menguraikan lemak serta bahan kimia yang masuk dalam tubuh.

 

Di samping tinggi gizi dan rendah lemak, daging ini juga mengandung asam amino esensial yang berguna banget bagi antibodi dalam tubuhmu lho. Wah, ternyata banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan jika mengonsumsi daging kerbau ya, Berrykitcheners. Say yes deh sama daging yang satu ini!

 

Kata Kunci: Manfaat Daging Kerbau
Bagikan ke teman Kamu