facebook

Manfaat Buah Naga, Kesegaran Buah Tropis Di Musim Kemarau

Jumat, 31 July 2015 - 02:00:00 WIB
Diposting oleh :
Manfaat Buah Naga, Kesegaran Buah Tropis Di Musim Kemarau

Berrykitchen.com > Tips > Tips > Manfaat Buah Naga, Kesegaran Buah Tropis Di Musim Kemarau

Hai BerryKitcheners :)

Sedikit intermezzo, belakangan, cuaca panas di sekitar Jakarta cukup ekstrim. hampir mencapai 40 derajat celsius lho. Bukan rahasia lagi, Indonesia sedang terkena dampak fenomena alam El Nino, yaitu fenomena yang disebabkkan memanasnya suhu air permukaan laut di sekitar Pasifik Tengah hingga Timur. Dan oleh sebab itu, saat ini, Indonesia sedang memasuki musim kemarau, yang beritanya akan berlangsung cukup lama.

Nah, oleh sebab itu, menjaga kesehatan merupakan harga mati untuk kamu yang memang tinggal di daerah tropis nih berrykitcheners :)

Oh iya, kamu tau buah naga? Itu lho buah berair yang belakangan cukup populer di Indonesia. Buah Naga atau yang biasa disebut Pitaya adalah beberapa jenis kaktus dari marga Hylocereus dan Selenicereus. Awalnya, buah ini berasal dari Meksiko, Amerika Tengah, dan Amerika Selatan, namun sekarang banyak dibudidayakan di negara-negara Asia seperti Taiwan, Vietnam, Filipina, Malaysia, dan di negeri kita tercinta Indonesia.

manfaat-buah-naga

Pada awal tahun 1870, Buah Naga lebih dikenal sebagai tanaman hias. Terbukti dari dibawanya tanaman ini oleh orang Prancis dari Guyana ke Vietnam dan orang Cina dan Vietnam dianggap membawa berkah. Oleh sebab itu, tanaman dan buah ini selalu diletakkan di antara 2 ekor patung naga di atas meja altar. Dan semenjak itulah, oleh orang Cina, buah ini disebut thang loy atau buah naga.

Buah yang memiliki 4 varian warna ini, banyak di budidaya di Indonesia, seperti di Mojokerto, Jember, Malang, Pasuruan, Banyuwangi, Ponorogo, Kalibawang, Kulon Progo, Batam, dan Bandung. Cara budidayanya cukup simppel, yaitu dengan cara stek atau penyemaian biji.

Di dalam buah naga tertuama yang berwarna merah, diketahui mengandung gula sederhana, serat alami, betakaroten, kalsium, lemak, fosfor, protein, vitamin B1, B2, C, air dan banyak lagi. Secara tekstur, buah naga memiliki kandungan air yang banyak, yaitu sekitar 91% dari berat total pada daging buah naga. Oleh sebab itu, sangat cocok dikonsumsi pada saat musim panas seperti sekarang.

Nah, berikut manfaat yang kamu dapat bila rajing mengkonsumsi buah naga ini :)

Buah naga merah sebagai salah satu buah yang memiliki banyak manfaat untuk membantu mengatasi dan membantu menyembuhkan berbagai penyakit. Mulai dari batang buah naga, daging buah naga, sampai dengan kulit buah naga juga memiliki banyak kandungan vitamin dan zat yang sangat bermanfaat. Dokter juga sangat merekomendasikan buah naga merah, sebagai buah konsumsi yang bisa di gunakan untuk terapi dalam penyembuhan suatu penyakit.

Berikut ini beberapa manfaat dari buah naga:

1. Membantu Penyembuhan Kanker
Kandungan Vitamin kompleks yang terkandung di dalam buah naga, direkomendasikan oleh dokter sebagai buah terapi penyembuhan kanker lho berrykitcheners, jadi untuk kamu yang sehat, bisa juga untuk dijadikan buah penangkal kanker nih :)

2. Menjaga Kesehatan Kulit
Tingginya kandungan vitamin C yang terkandung di dalam buah naga, mampu membantu menjaga kesehatan kulit, bahkan buah dan kulitnya juga bisa dipakai sebagai bahan lulur lho. Wiih..

3. Untuk Diabetes
Meskipun manis, rasa manis yang terdapat di buah naga bukan berasal dari Glukosa. Nah, bagi kamu penderita diabetes, buah naga aman untuk dikonsumsi :)

4. Menjaga Kesehatan
Terutama yang berwarna merah, antioksidan yang dikandung cukup tinggi, berkolabrasi dengan vitamin lain, telah menjadikan buah naga sebagai buah yang dianggap mampu menjaga kesehatan dan stamina. :)

5. Mencegah Osteoporosis
Buah naga juga mengandung banyak kalsium organik lho, yang mana kalsium dapat membantu mencegah penyakit osteoporosis atau pengapuran tulang.

6. Penekan Kolesterol
Mengandung vitamin B3 yang berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol dan untuk menyembuhkan penyakit batuk dan asma hingga dapat mengatasi tekanan darah tinggi.

7. Merawat Mata
Merawat kesehatan mata, karena beta-Karoten yang terkandung dalam buah naga bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata.

8. Menjaga Jantung
Menjaga kesehatan jantung, karena kandungan vitamin C, B1, B2, dan B3 yang terkandung dalam buah naga dapat menjaga kesehatan jantung.

manfaat-buah-naga

Wiiih, banyak banget ya manfaatnya, gak ada salahnya nih kamu mulai menyukai buah yang memiliki tekstur seperti melon dan memiliki biji seperti strawberry ini. Karena gak ada ruginya berrykitcheners :)

Apalagi di musim panas ini, wiih seger banget pastinya :)

Salam Berrykitchen :)
Kata Kunci:
Bagikan ke teman Kamu

Gunakan voucher sebelum waktu habis 00 : 00
tutup