facebook

Tips Makanan Berbuka Puasa, Puasa Bukan Halangan Bila Kamu Ikuti Yang Ini :)

Kamis, 18 June 2015 - 02:00:00 WIB
Diposting oleh :
Tips Makanan Berbuka Puasa, Puasa Bukan Halangan Bila Kamu Ikuti Yang Ini :)

Berrykitchen.com > Tips > Tips > Tips Makanan Berbuka Puasa, Puasa Bukan Halangan Bila Kamu Ikuti Yang Ini :)

Hai Berrykitcheners :)

Tidak terasa kita dipertemukan dengan Bulan yang ditunggu umat muslim seluruh dunia, yaitu bulan Ramadhan, bulan yang penuh berkah dan ampunan. Selama sebulan penuh, umat muslim dunia diharuskan berpuasa menahan lapar, haus, dan juga hawa nafsu. Bukan tanpa arti, ibadah puasa ini tidak lain adalah untuk sarana introspeksi diri dan juga cara utnuk mendekatkan diri kepada Tuhan.

Naah, di Bulan Ramadhan ini, dikenal dengan Bulan Puasa, dimana umat muslim seluruh dunia, menjalankan ibadah puasa yang diharuskan tidak mengkonsumsi makanan atau minuman pada siang hari. Sudah pasti pola makan kamu berubah drastis, dimana harus menggeser makan siang menjadi makan sahur, atau makan di waktu dini hari sebelum matahari terbit.

Naah, seiring perubahan pola makan tersebut, kamu dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang benar-benar sehat. Dalam hal ini, kamu diharuskan mengkonsumsi makanan yang dapat membuat kamu bertahan dalam menahan lapar dan haus seharian penuh.

Banyak sekali memang makanan yang tersedia di dunia ini, begitu juga resep-resep cara mengolahnya. Namun, untuk menu makanan berbuka dan sahur, kamu haruslah jeli dalam memilih makanan apa yang akan kamu konsumsi.Karena tubuh kamu dipaksa utnuk merubah sistem metabolisme yang sudah ada secara drastis dalam waktu singkat. Kurangnya hidrasi ddi siang hari sangatlah pentinguntuk menggantinya pada malam hari. Dan juga perut yang dikosongkan selama satu hari penuh, harus diisi dengan makanan sehat yang berkualitas agar tidak terjadi masalah lain yang menyerang lambung kita.

Nah berikut, berry akan berbagi Tips untuk kamu supaya bisa menjalani ibadah puasa dengan sempurna nih :)

1. Tidak Harus Yang Manis untuk Berbuka, Air Putih adalah pilihan tepat

makanan_yang_dianjurkan_dalam_puasa

Seperti kita tahu, kebutuhan tubuh terhadap air putih adalah 8 gelas perhari, dengan berpuasa, memang kamu diharuskan untuk tidak minum pada siang hari, tapi bukan berarti kamu mengurangi konsumsi air putih lho, karena dengan air putih, selain mampu untuk menahan rasa hausmu di siang hari, ternyata air putih yang cukup juga mampu meningkatkan konsentrasi lho. Selain itu, air putih juga mampu menyeimbangkan kadar cairan dalam tubuh yang membuat tubuh kamu terhidrasi dengan baik. Dan juga, dapat meningkatkan mood baik dalam diri kamu berrykitcheners, karena rasa hausmu berkurang, keinginan untuk marah-marah pun pastinya dapat teredam sempurna kan? ;)

2. Kurma, Lebih dari sekedar anjuran hadits, Kurma sudah seharusnya kamu konsumsi

makanan_yang_dianjurkan_dalam_puasa

Anjuran berbuka dengan yang manis memang bukan saran sembarangan, namun bukan berarti kamu harus mengkonsumsi makanan manis yang berlebihan lho berrykitcheners. Sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan manis dengan porsi kecil hanya untuk mengganti energi yang hilang. Ini juga bertujuan untuk menjaga pencernaan kita tidak kaget setelah seharan kosong. Seperti anjuran Nabi dan Rasul, makan 2 butir kurma sebelum mengkonsumsi makanan berat sangat baik untuk kesehatan. Ternyata di dalam kurma memang mengandung glukosa yang tinggi, tapi tenang, glukosa yang terkandung di dalam buah kurma adalah glukosa alami. Belum lagi kandungan vitmin A, B2, dan B12 yang terkandung di dalamnya. Nggak salah deh kalo kamu dianjurkan untuk mengkonsumsinya. Sistem glukosa dalam kurma dapat sangat cepat berubah menjadi fruktosa dan langsung diserap melalui sistem penernaan untuk memberikan tenaga kepada tubuh yang lemah. Zat ini pula yang dapat memberikan energi kepada sel-sel otak, sel-sel saraf, sel-sel darah merah, dan juga sel-sel tulang belakang. Wiiihhh

3. Menu Sehat Mutlak Perlu

makanan_yang_dianjurkan_dalam_puasa

Setelah Mengkonsumsi kurma, kita dianjurkan untuk melakukan sholat maghrib terlebih dahulu, ini bertujuan untuk membiasakan tubuh kita terhadap makanan yang dikonsumsi. Nah, setelah sholat Maghrib inilah makan utama dihidangkan. Konsumsilah makanan sehat yang berkuah utnuk membantu hidrasi tubuh. Ini juga dapat mencegah gangguan pencernaan, gangguan lambung, dan juga sembelit. Pilihlah sup bening tanpa santan.

4. Santapan Malam Setelah Tarawih, Haruslah Mengandung Tinggi Protein

makanan_yang_dianjurkan_dalam_puasa

Daging sapi tanpa lemak, ikan, atau dada ayam fillet sangat dianjurkan dikonsumsi pada waktu ini, ini bertujuan untuk membuat kamu tahan lapar lebih lama, karena karbohidrat yang habis terpakai, akan digantikan oleh protein . Proteinn juga dapat diperlukan untuk memperbaiki sel yang rusak dan meningkatkan daya tahan tubuh pada saat berpuasa.

5. Karbohidrat? Boleh, dianjurkan untuk mengkonsumsi karbohidrat kompleks

makanan_yang_dianjurkan_dalam_puasa

Dengan mengkonsumsi karbohidrat kompleks sepert gandum utuh, roti gandum, beras merah, atau oatmelas, dapat menghindari kamu dari kekenyengan yang berlebihan. Dan juga, dapat menahan lapar lebih lama.

6. Buah-buahan juga tak ketinggalan pentingnya

makanan_yang_dianjurkan_dalam_puasa

Konsumsilah buah-buahan yang mengandung banyak air dan juga vitamin, kamu juga masih dimungkinkan untuk mngkonsumsi salad buah dan sayuran yang berwarna cerah pada malam hari.

7. Boleh Ngemil, tapi jangan sembarangan

makanan_yang_dianjurkan_dalam_puasa

Cemilan memang kadang diperlukan untuk mengisi waktu senggang setelah tarawih, konsumsilah cemilan yang menganddung kacang-kacangan seperti almond, walnut, hazelnut, atau buah-buahan yang dkeringkan.

Naah, demikian lah tips makanan berbuka kali ini, mudah-mudahan dengan pintar memilih makanan yang harus dikonsumsi, puasa kamu lebih bermanfaat dan bisa menjalankannya selama satu bulan penuh. :)

Selamat Menunaikan Ibadah Puasa Berrykitcheners :)

Salam Berrykitchen :)
Kata Kunci:
Bagikan ke teman Kamu