facebook

Makanan Sahur Praktis untuk Anak Kos

Rabu, 09 May 2018 - 14:27:13 WIB
Diposting oleh : Berry
Makanan Sahur Praktis untuk Anak Kos

Berrykitchen.com > Tips > Tips > Makanan Sahur Praktis untuk Anak Kos

Agar kuat berpuasa selama kurang lebih 14 jam, kamu butuh asupan energi yang cukup saat sahur dan berbuka. Namun, tak berbeda dengan hari-hari biasa, anak kos seringkali tidak teratur makan. Entah karena malas, tidak sempat, atau karena tinggal sendiri jadi tidak ada yang mengingatkan.

 

Daripada skip sahur terus-terusan dan kamu jadi lemas saat berpuasa, lebih baik simpan stok makanan di kosan. Jadi, setiap kamu sedang malas memasak atau membeli makanan – atau bangun kesiangan – kamu bisa tetap sahur dengan makanan yang mengenyangkan.

 

Coba, deh, mulai mencicil menyiapkan makanan-makanan berikut ini dari sekarang untuk puasa yang akan dimulai sebentar lagi:

 

1. Makanan Instan

Mi instan sudah jadi teman akrab para anak kos. Meski tak baik dikonsumsi sering-sering, makanan ini bisa jadi penyelamat saat kamu malas beli makanan di luar. Kamu bisa meningkatkan kandungan gizinya dengan menambahkan sayur dan telur.

 

Selain mi instan, sekarang sudah banyak jenis makanan instan yang tersedia di pasaran. Beberapa di antaranya adalah bubur, bihun, dan pasta instan. Kamu bisa memvariasikannya agar tidak bosan.

 

2. Makanan Kalengan

Kalau malas memasak atau sedang tanggal tua, kamu bisa memenuhi kebutuhan proteinmu dengan makanan kalengan seperti sarden atau kornet. Tinggal panaskan sebentar dan sajikan bersama nasi, jadi, deh, makanan sahur yang mengenyangkan!

 

3. Makanan Beku

Selain lewat makanan kalengan, protein hewani juga bisa didapatkan dalam bentuk makanan beku atau frozen food. Contohnya adalah nugget dan sosis. Goreng, lalu nikmati dengan cocolan saus sambal atau mayones. Jangan lupa nasinya agar lebih kenyang!

 

4. Sereal

Ini solusi jika kamu bangun sahur menjelang imsak karena bisa disiapkan dengan cepat. Kamu bisa menikmati sereal sarapan dengan susu, atau menyeduh minuman sereal atau oatmeal. Meski tidak semengenyangkan makan nasi dengan lauk-pauknya, sereal bisa jadi pengganjal perut yang bergizi.

 

5. Lauk Kering

Kering tempe, kering kentang, dan teri kacang bisa jadi teman makan nasi yang praktis dan lezat. Kamu bisa mulai membuatnya dari sekarang dan menyimpannya di wadah kedap udara agar tahan lama. Kalau tak sempat, kamu juga bisa, kok, membeli yang sudah jadi di pasar atau di tempat lainnya. Selain itu, ada abon yang juga enak dinikmati bersama nasi meski harganya relatif lebih mahal.

 

6. Lauk dari Ibu

Ibu biasanya senang membekali anaknya yang tinggal jauh dengannya dengan lauk yang tahan lama seperti rendang atau ayam ungkep. Rendang justru makin enak jika dipanaskan berkali-kali, sedangkan ayam ungkep bisa disimpan di freezer dan digoreng jika dibutuhkan.

 

Saat sedang pulang ke rumah ibu, kamu bisa minta tolong ibu membuatkan makanan tersebut jika tidak merepotkan. Atau saat menanyakan kabar ibu lewat telepon, kamu bisa sekaligus meminta ibu mengirimkan makanan tersebut. Di perantauanpun kamu bisa tetap menikmati kelezatan hidangan ibu tersayang!

 

Kalau tak mau merepotkan ibu, sekarang banyak, kok, bumbu ayam goreng yang dijual di pasaran. Kamu tinggal menyiapkan daging ayam lalu memasaknya dengan bumbu tersebut. Jadi, deh, ayam ungkep praktis!

 

7. Makanan Bergizi yang Bisa Distok

Selain makanan-makanan di atas, kamu juga perlu menyiapkan stok telur. Bahan makanan satu ini mudah diolah menjadi telur ceplok, telur dadar, telur rebus, atau dimasak bersama mi. Selain itu kamu juga bisa membeli roti dan susu karena bisa langsung dinikmati jika tak sempat makan berat. Tapi, roti dan susu punya waktu simpan sebentar, jadi pastikan kamu membeli secukupnya saja, ya.

 

Konsumsi serat yang cukup penting untuk mencegah sembelit di bulan puasa. Karena itu, jangan lupa selalu tambahkan sayur ke dalam makananmu. Sediakan pula buah-buahan yang bisa segera kamu nikmati saat sahur dan berbuka.

 

Sebaiknya anak kos punya rice cooker dan beras agar punya persediaan nasi kapanpun dibutuhkan. Tidak lucu, kan, kalau stok lauknya sudah ada tapi nasinya harus beli dulu di luar?

 

Semoga dengan tips di atas kamu tidak melewatkan sahur lagi, ya, Berrykitcheners!

 

Foto: https://foodsoldier.com/

 

Kata Kunci: Makanan Sahur Praktis untuk Anak Kos
Bagikan ke teman Kamu

Gunakan voucher sebelum waktu habis 00 : 00
tutup