facebook

Dampak Buruk MSG Untuk Tubuh, Yuk Kenali Gejala dan Cara Mengatasinya :)

Kamis, 13 August 2015 - 04:00:00 WIB
Diposting oleh :
Dampak Buruk MSG Untuk Tubuh, Yuk Kenali Gejala dan Cara Mengatasinya :)

Berrykitchen.com > Tips > Tips > Dampak Buruk MSG Untuk Tubuh, Yuk Kenali Gejala dan Cara Mengatasinya :)

Hai Berrykitheners :)

Mulai Agustus ini, Berrykitchen berkomitmen untuk tidak menggunakan MSG pada setiap masakan yang dibuat karena dampak buruk yang ditimbulkannya.

Nah, sebenarnya, apa dan kenapa sih kok MSG buruk untuk kesehatan manusia? Yuk cari tau...

MSG (Monosodium Glutamat) atau Vetsin atau Mecin adalah bahan penyedap makanan yang umum banget digunakan di berbagai makanan, terutama pada makanan cepat saji dan makanan kemasan, terutama yang memiliki cita rasa asin. Vetsin sendiri sebenarnya sudah digunakan lebih dari 100 tahun yang lalu di Jepang sebagai bahan penyedap rasa. Dan mselanjutnya merambah ke negeri China. bahkan ada ungkapan Chinese Food Syndrome karena banyaknya kandungan vetsin di dalamnya.Di Indonesia sendiri juga masih banyak sekali terjadi panggunaan MSG yang berlebihan pada masakan.

Walaupun sebenarnya masih terjadi perdebatan diantara ahli gizi dan para ahli nutrisi produk tentang kemanan MSG ini, namun pada tahun 2006 penelitian membuktikan bahwa MSG tidak baik untuk kesehatan dikarenakan kandungannya yang dapat merusak beberapa organ vital tubuh manusia lho berrykitcheners

bahaya-MSG

Nah, berikut ini beberapa efek samping karena terlalu banyak mengkonsumsi MSG :

1. Kerusakan Otak

Mengkonsumsi MSG atau vetsin setiap hari dalam jumlah yang banyak, akan menyebabkan kerusakan otak yang serius lho, seperti degenerasi otak dan juga rusaknya sel-sel sistem saraf. Nah, zat yang bernama excitotoxin lah dalang utama dari semuanya. Zat ini sebenarnya hanya menstimulasi otak kita untuk berfikir bahwa apa yang kita makan memiliki rasa yang lezat. Namun sebaliknya, overstimulating yang dihasilkan zat tersebut, justru dapat menyebabkan kelelahan dan kematian sel otak kamu karena bekerja terlalu keras lho.

2. Obesitas

Lagi diet tapi gak turun-turun? Bisa jadi makanan yang kamu konsumsi masih banyak mengandung MSG nih berrykitcheners. Karena excitoxin ini terus menerus merangsang otak kita untuk lapar dan kembali mengkonsumsi makanan yang mengandung MSG. Bahkan penelitian juga membuktikan, bahwa MSG juga menjadi salah satu faktor yang menyebabkan kegemukan.Nah, masih inget dong waktu kamu kecil dulu atau ada keluarga kamu yang masih kecil. Bisa terlihat jelas pada mereka yang sering mengkonsumsi makanan kemasan akan lebih sulit untuk makan makanan sehat. Ini dikarenakan rangsangan excitotoxin pada makanan yang mereka konsumsi untuk terus menerus mengkonsumsi makanan ber-MSG. Jadi, tak ada salahnya kalau orang tua kamu ngelarang makan makanan kemasan kebanyakan nih berrykitcheners. Mulai sekarang, yuk kurangi konsumsinya :)

3. Berbahaya Bagi Ibu Hamil

Nah, untuk ibu hamil sangat tidak dianjurkan untuk mongkonsumsi MSG pada masa kehamilan. Seperti kita tahu, bayi atau janin di dalam perut iibu hamil masih 100% menyerap makanan dari apa saja yang dikonsumsi si ibu. Nah karena itu, MSG yang dikonsumsi si ibu, akan mengalir di dalam aliran darah yang akhirnya akan menjadi makanan si janin. Ini dapat sangat membahayakan, karena MSG dapat mengganggu perkembangan otak dari bayi yang dikandung lho. Kandungan Excitotoxin yang terkandung di dalam MSG juga dapat memicu terjadinya ADD (Attentio Deficit Disorder) atau ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder). Tentunya, gak mau dong ya buah hati kita tercinta terkena 2 penyakit tersebut. Jadi, sayangi diri dan bayi mulai sekarang untuk kamu yang sedang hamil ya berrykitcheners :)


4. Efek buruk yang cukup banyak

Nah, selain yang disebutkan diatas, kamu juga bisa merasakan langsung lho dampak dari MSG yang kamu konsumsi. Efek samping umum yang akan timbul dari mengkonsumsi MSG secara berlebihan diantaranya :

1. Sensasi terbakar pada bagian belakang leher dan dada
2. Mual
3. Sesak Napas
4. Nyeri Dada
5. Rasa Haus dan Mulut Kering
6. Pusing
7. Mengantuk
8. Serta adanya hasrat untuk mengkonsumsi makanan berMSG lain

Nah, apabila setelah makan kamu merasakan hal-hal yang disebutkan diatas, berhati-hatilah, kemungkinan di dalam tubuh kamu banyak MSG yang masuk melalui makanan yang kamu makan. Nah cara menanggulanginya adalah dengan menghentikan makanan ber-MSG, banyak minum air putih, bisa berlanjut, bisa juga mengkonsumsi obat yang mengandung ibuprofen atau analgesik utnuk penghilang nyeri. Apabila terus berlanjut, segeralah hubungi dokter terdekat yaa :)

Nah, mulai sekarang, yuk kita mulai gaya hidup sehat dengan merubah asupan makanan yang tadinya ber-MSG, menjadi tidak ber-MSG.

Dengan hidup tanpa MSg kita akan hidup lebih sehat, dan tentunya juga akan sangat membantu aktifitas harian kita, seperti :

1. Dapat menjaga kesehatan mental dan fikiran lebih segar
2. Mencegah berbagai serangan penyakit yang disebabkan keracunan makanan
3. Meningkatkan Energi dan Stamina untuk Aktifitas harian
4. Dapat juga menjaga Penampilan agar tampak awet muda lho.
5. Sudah pasti, bisa juga untuk memperpanjang usia.

bahaya-MSG

Nah, tentunya, selain tidak mengkonsumsi makanan ber-MSG, dengan diiringi olahraga dan makanan sehat juga akan membantu menjaga kesehatan kamu lho berrykitcheners.

Naah, kabar gembira untuk kamu yang memang tidak sempat membuat masakan sehat dirumah untuk makan siang, terutama kamu yang bekerja di Ibukota Jakarta nih. Mulai Bulan Agustus, Berrykitchen berkomitmen untuk tidak menggunakan MSG di setiap masakan yang dibuat. Jadi, tidak perlu khawatir untuk mengkonsumsinya ya. Yuk segera berlangganan, ada harga khusus untuk corporate lho...:)

Salam Berrykitchen :)
Kata Kunci:
Bagikan ke teman Kamu

Gunakan voucher sebelum waktu habis 00 : 00
tutup