facebook

Makanan Ini Wajib Dihindari buat Kamu Penderita Maag

Selasa, 11 October 2016 - 14:35:23 WIB
Diposting oleh : Berry
Makanan Ini Wajib Dihindari buat Kamu Penderita Maag

Berrykitchen.com > Tips > Tips > Makanan Ini Wajib Dihindari buat Kamu Penderita Maag

Hai Berrykitcheners! Di zaman serba instan dan padat aktivitas seperti saat ini, tentu menuntut kita untuk serba cepat dan dapat membagi waktu dengan tepat. Namun aktivitas yang super padat justru kerap memaksa kita untuk mengundur jam makan atau malah melewatkan jadwal makan pagi atau siang. Alhasil si lambung yang terlupakan mulai menunjukan aksi protesnya, mulai dari lapar hingga sakit. Yap! Sudah bukan barang asing lagi bahwa sebagian dari kita mengidap penyakit ini, atau bahkan kamu salah satunya?

Tukak lambung atau yang biasa kita kenal dengan maag terjadi sebab adanya luka atau radang di bagian lambung. Penyebabnya pun dapat bermacam-macam, seperti stress, kurang tidur, pola makan tidak teratur, hingga mengonsumsi makanan dan minuman tertentu. Apa saja makanan dan minuman yang dapat memicu rasa sakit di lambungmu? Yuk dilihat!

 

1. Makanan pedas

uygykkyu

Banyak dari kita yang merupakan penggemar jenis makanan satu ini. Sayangnya, makanan pedas dapat memicu asam lambung, memperburuk atau bahkan melukai lambung kamu lho, Berrykitcheners. Jika kamu, memiliki gejala penyakit maag, sebaiknya kurangi konsumsi makanan pedas. Ini dikarenakan selaput lambung yang sudah rusak akibat maag akan terus “memberontak” bila terkena makanan yang sangat pedas. Tidak hanya makanan yang mengandung cabai, kamu juga harus menghindari makanan yang memilki efek sama seperti merica.

 

2. Makanan asam

 iuhliu

Untuk yang satu ini, tentu kamu pernah mendengar bahwa ada beberapa makanan dengan rasa asam yang praktis membuat produksi asam lambungmu meningkat. Kamu yang menderita penyakit radang lambung ini pun akan merasakan efeknya bila memakan makanan asam.

 

3. Sayur dan buah bergas

 yufkuyfk

Sayur dan buah memang baik dikonsumsi, namun ternyata ada beberapa sayur dan buah yang justru sebaiknya dihindari atau dikurangi konsumsinya oleh kamu penderita maag.  Sayuran yang sebaiknya kamu hindari ialah sawi, kol/kubis, nangka, nanas, rambutan, durian, kedondong, pisang ambon, dan beberapa buah lain yang dikeringkan. Sayur dan buah tersebut dapat menghasilkan gas ketika dikonsumsi.

 

4. Minuman bersoda

dqdqdew

Jika dalam kondisi sehat dan tidak mengidap penyakit apa pun minuman ini tergolong sebagai minuman yang tidak boleh sering dikonsumsi karena tidak sehat, terlebih jika kamu mengidap penyakit maag. Minuman berkarbonasi ini akan memicu naiknya kadar asam di lambung. Efek karbonasinya juga berpotensi menimbulkan gangguan di perut seperti kembung yang membuat rasa tidak nyaman di perut kamu. Selain itu, sebaiknya hindari pula minuman beralkohol.

 

5. Teh dan kopi

 yfuyguu

Oops! Sayangnya, teh dan kopi ternyata masuk dalam daftar minuman yang harus kamu kurangi jika mengidap penyakit maag lho. Mungkin beberapa dari kamu pernah merasa kembung, mual atau tidak nyaman setelah minum teh atau kopi. Hal tersebut tidak mengherankan, karena kandungan kafein dalam minuman ini dapat memicu gangguan pada lambung.

 

Hmm.. jadi terjawab sudah ya, mengapa lambungmu kerap merasa tidak nyaman, mual, perih, atau bahkan terasa seperti ditusuk-tusuk ketika mengonsumsi beberapa makanan di atas. Kadang memang sebal bila penyakit maag mulai mengganggu di perutmu. Untuk mencegahnya, kamu tidak perlu berhenti mengonsumsi makanan dan minuman di atas kok. Cukup kurangi jumlahnya dan  jangan terlalu sering mengonsumsinya ya, Berryitcheners!

 

 

Kata Kunci: Makanan Ini Wajib Dihindari buat Kamu Penderita Maag
Bagikan ke teman Kamu

Gunakan voucher sebelum waktu habis 00 : 00
tutup