facebook

Pecinta Kopi Harus Baca! Kupas Tuntas Kopi si Biji Super :)

Senin, 01 June 2015 - 02:00:00 WIB
Diposting oleh :
Pecinta Kopi Harus Baca! Kupas Tuntas Kopi si Biji Super :)

Berrykitchen.com > Tips > Tips > Pecinta Kopi Harus Baca! Kupas Tuntas Kopi si Biji Super :)

Hai Berrykitcheners :)

Kembali lagi di hari senin kejepit nih. Sebagian kamu mungkin sedang berlibur dengan keluarga karena memang ini adalah salah satu spot liburan di Tahun 2015 ini berrykitcheners :)

Tapi, untuk kamu yang lagi dikantor, nikmatilah hari Senin kejepit kamu, minimal, Jakarta tidak seramai biasanya kan? :p

Naah, untuk kamu yang lagi dikantor, gak usah bikin rencana busuk untuk pulang cepet deh :D

kenali_macam_kopi

Meding sekarang, kamu buat kopi, supaya nggak ngantuk gih! :D

Bicara soal kopi, sebenernya apa sih yang bikin dia menjadi minuman yang sangat terkenal utnuk mengusir kantuk?

Kita semua tau, kopi adalah minuman yang mengandung kafein, dan memang, kafein memang dipercaya bisa dijadikan zat pengusir kantuk karena sifatnya yang dapat merangsang pusat syaraf manusia, sehingga dengan mengkonsumsinya, sistem kerja syaraf kamu akan menjadi 2x lebih kuat dan tajam. Nah, inilah yang bisa memberikan kamu efek berenergi, konsentrasi meningkat, dan juga efek menyegarkan lainnya. Dengan begitu, fungsi ini juga dapat menghilangkan rasa kantuk. Karena rasa kantuk sendiri datang dari sistem syaraf yang mulai melemah dan lelah. Dengan kafein ini, maka energi kamu akan bertambah dan otomatis, rasa kantuk pun enggan mendekat. :)

Kadar kafein dari setiap kopi memang berbeda, namun sangat umum ditemukan 85 mg kafein dalam secangkir kopi. Dari makanan atau minuman berkafein lainnya, kopi adalah yang paling kuat diantaranya. Tidak heran deh apabila kopi dijadikan minuman pengusir kantuk.

Namun, dengan adanya manfaat iitu, tidak serta merta kamu menjadikan kopi sebagai minuman wajib harian yang harus kamu minum berkali-kali perharinya lho berrykitcheners. Karena, apapun yang berlebihan, pasti memiliki hasil yang kurang bagus.

Begitu juga dengan kopi. Manusia, memiliki batas konsumsi kafein 100 mg - 150 mg perhari. Dalam hal ini, berarti hanya 1 cangkir kopi yang dianjurkan utnuk kamu konsumsi nih berrykitcheners. Apabila kamu mengkonsumsi lebih dari porsi tersebut. Akan ada yang namanya keracunan kafein, dengan gejala jantung berdetak cepat, tubuh bergetar, gelisah, bahkan apabila kamu mengkonsumsi dalam waktu yang lama, akan mengakibatkan insomnnia atau kesulitan tidur pada malam hari.

Wiih ngeri juga ya... Naah, maka dari itu, kalli ini berry akan kasih tau kamu tentang jenis-jenis kopi yang biasanya ada di kafe-kafe supaya kamu gak salah minum :)

Espresso si Kopi Hitam

kenali_macam_kopi

Espresso adalah kopi hitam yan gkental dengan rasa yang sangat kuat. Espresso disajikan tanpa pemanis atau susu. Biasanya disajikan dalam cangkir kecil yang disebut shot.

Latte, Susu Kopi

kenali_macam_kopi

Latte pertama kali populer di daerah Amerika Utara. Yaitu kopi yang dicampur dengan susu dengan busa tipis diatasnya. Untuk di Amerika sendiri, perbandingan Espresso dan susu yang terkandung dalam secangkir Caffe Latte adalah 1 : 3. Bahkan, di Eropa, minuman ini diperuntukkan bagi anak-anak yang baru mulai mencoba mengkonsumsi kopi.

Mocca, Kombinasi Kopi - Cokelat

kenali_macam_kopi

Terkenal dengan sebutan Kopi Cokelat, kopi jenis ini memang memiliki komposisi kopi dengan cokelat. Untuk cokelat yang digunakan, sangat bervariasi. Ada yang menggunakan Dark Chocolate, atau White Chocolate. Dan dari bentuknya oun beragam, ada yang menggunakan cokelat bubuk, adapula yang menggunakan sirup cokelat sebagai bahan campurannya. Dan biasanya, untuk Iced Mocca, ada tambahan whipped cream sebagai topping. :)

Cappucino, Kopi Susu

kenali_macam_kopi

Untuk cappucino, memang memiliki sampuran yang sama dengan Latte, tetapi untuk Cappucino, kandungan kopi lebih mendominasi dan memiliki kadar lebih banyak dibanding dengan susunya. Bisa dikatakan, ini adalah kebalikan dari Latte yang memiliki kadar susu lebih banyak.

Naah, mulai sekarang, yuk lebih smart pilih kopi di kafe nih berrykticheners. Jangan sampai berlebihan dalam mengkonsumsi afein ayng terkandung dalam kopi agar kamu hanya mendapatkan manfaatnya dan tidak mendapatkan bahayanya. :)

Sekedar tips, jangan menyajikan kopi langsung dengan air mendidih, karena cara itu akan menghanguskan bubuk kopu yang tentunya akna mempengaruhi rasa dan aroma yang dikeluarkan. Untuk mendapatkan sajian kopi terbaik, gunakan air panas bersuhu sekitar 90 derajat. Dan juga, walaupun banyak yang menyajikan kopi dalam keadaan dingin, cara ini kurang bagus untuk kamu lho berrykitcheners, karena kopi yang bersuhu dibawah 20 derajat, akan meningkatkan gas di dalam perut dua kali lipat dari kopi hangat. Untuk kamu yang memang memiliki gangguan lambung, disarankan untuk tidak mengkonsumsi kopi dalam keadaan dingin ya :)

Kopi adalah minuman dewa yang sangat dinikmati oleh hampir seluruh populasi manusia di muka bumi ini. Tapi, kamu harus tau juga ya cara menikmatinya :)

Salam Berrykitchen :)
Kata Kunci:
Bagikan ke teman Kamu