facebook

Kunci Sukses Resolusi

Kamis, 04 January 2018 - 17:26:10 WIB
Diposting oleh : Berry
Kunci Sukses Resolusi

Berrykitchen.com > Tips > Tips > Kunci Sukses Resolusi

Hai Berrykitcheners! Membuat resolusi tahun baru namun tidak kunjung terwujud setiap tahunnya? Kamu nggak sendirian kok. Resolusi kerap berhubungan dengan kebiasaan lama yang ingin diubah. Walau sulit, resolusi bukan hal yang mustahil untuk diwujudkan. Hal ini kemudian diungkap oleh para pengamat behaviorisme dalam ilmu psikologi. Menurut mereka, kamu bisa membentuk kebiasaan baru dengan 3 cara berikut.

 

1. Tetapkan dengan jelas

dq

 

Tahun baru, saatnya mengubah kebiasaan lama yang tidak bermanfaat atau malah seringkali merugikan. Kebiasaan ini bisa berupa sering mengonsumsi junk food, tidur larut malam, atau bahkan tidak menyediakan waktu untuk berolah raga. Tetapkan langkah yang jelas untuk mengubah kebiasaan tersebut. Dari pada menetapkan untuk lebih sering berolahraga atau berjalan kaki, sebaiknya kamu menetapkan ketentuan yang lebih jelas seperti  berjalan 3 kilometer 2 kali seminggu atau mendaftarkan diri ke tempat fitness atau yoga. Nggak mau uangmu terbuang percuma bukan? Dengan begitu, mau tidak mau kamu harus memaksa dirimu untuk berolahraga.

 

2. Memahami pemicu

n n

 

Sebelum mencoba mengubah perilaku yang diinginkan, kamu bisa mengamati dan memelajari penyebab munculnya perilaku tersebut. Selain dari dalam diri sendiri, linkungan pun bisa menjadi pemicu timbulnya kebiasaan tersebut. Sebagai contoh, kamu “rajin” menyantap soto Betawi yang bersantan dan menggunakan aneka jeroan sebagai isiannya. Kamu pun bergaul dengan pecinta kuliner yang kerap mengajakmu berwisata kuliner sejenis yang menggunakan jeroan atau junk food. Lingkungan ini yang akhirnya memicu kebiasaan kamu untuk menyantap aneka jeroan. Sebaliknya, kamu juga perlu mencari teman pecinta fitness sehingga kamu bisa terbawa dengan gaya hidup mereka.

 

3. Ubah akibatnya

dewdw

 

Mengubah kebiasaan memang bukan hal yang mudah, karena melakukan kebiasaan bisa membuat kita merasa lebih aman dan nyaman bila melakukannya. Untuk itu, kamu wajib memberi konsekuensi berupa hadiah dari perubahan kebiasaan yang kamu lakukan. Namun, kamu perlu menyesuaikan reward tersebut dengan kebiasaan baru kamu. Contohnya, bila menerapkan kebiasaan mengonsumsi makanan sehat, sebagai reward kamu sebaiknya tetap menghindari junk food. Alihkan reward dengan hal-hal lain yang bisa menyenangkan dirimu seperti perawatan di salon atau spa.

Mengubah perilaku atau kebiasaan lama memang tidak semudah membalikkan telapak tangan. Dengan analisa dari para pengamat behaviorisme di atas, kamu bisa mencoba memulai kebiasaan baru yang baik di tahun ini. Sudah siap mencoba?

Kata Kunci: Kunci Sukses Resolusi
Bagikan ke teman Kamu