facebook

Kreasi Mengolah Tape Menjadi Snack Sore

Rabu, 18 May 2016 - 10:48:02 WIB
Diposting oleh : Berry
Kreasi Mengolah Tape Menjadi Snack Sore

Berrykitchen.com > Tips > Tips > Kreasi Mengolah Tape Menjadi Snack Sore

Hai Berrykitcheners, bagaimana kegiatanmu hari ini? Semoga berjalan menyenangkan ya. Apa kamu menyukai tape? Tapai atau tape merupakan makanan olahan khas Indonesia, biasanya dibuat dari singkong yang di fermentasi sehingga mengandung sedikit alkohol. Tidak semua orang menyukai tape karena harumnya yang tajam dan rasanya manis asam. Tetapi, kebanyakan orang mau menikmati tape jika sudah diproses menjadi cemilan seperti digoreng, dibuat menjadi kue atau lainnya.  Apa tape mengandung manfaat? Pastinya! Ada beberapa manfaat atau kegunaan dari tape loh



  1. Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, tape mengandung alkohol dalam kadar ringan jadi kamu tidak perlu khawatir. Alkohol pada tape justru dapat membantu menghangatkan tubuh.

  2. Karena tape pada umumnya terbuat dari singkong , maka tape memiliki jumlah karbohidrat yang sangat tinggi sehingga mampu membantu tubuh menjadi lebih bugar.

  3. Dengan karbohidrat tinggi, tape justru mengandung kadar lemak yang rendah dan serat tinggi sehingga bisa membantu kamu yang sedang melakukan diet.

  4. Proses fermentasi pada tape meningkatkan produksi tiamin yang berfungsi meningkatkan sistem syaraf dan otot.

  5. Ternyata tape juga bisa jadi salah satu obat yang baik untuk jerawat di wajah karena tape membantu tubuh menetralisir racun yang terdapat pada permukaan pori-pori.


Itu beberapa manfaat dari tape yang mungkin beberapa orang tidak mengetahuinya. Kalau kamu penyuka tape tapi bosan dengan cara memasak yang biasa dilakukan di rumah, berikut ada beberapa makanan yang bisa kamu masak dengan tape sebagai bahan baku dalam olahannya.



  • Bola Tape Goreng


Kalau keadaan sore hari sedang hujan, bola tape goreng bisa menemani snack sore dengan secangkir teh hangat. Cara membuatnya tidaklah sulit cukup membentuk tape menjadi seukuran bola ping pong, baluri dengan tepung basah, bisa kamu kreasikan bersama bread crum atau tepung roti lalu tambahkan keju parut atau meises coklat. Atau bisa juga dengan menggoreng tape bersama tepung lalu taburkan keju parut diatasnya.



  • Bolu Tape


Kalau yang ini bisa jadi pilihan snack untuk kumpul-kumpul bersama keluarga. Cara membuatnya seperti pembuatan bolu pada umumnya, tambahkan tape halus dengan jumlah yang cukup untuk mempertajam rasa dari tape.  Kamu bisa tambahkan kismis, atau bahan lainnya sebagai kreasi dalam memasak bolu tape.



  • Gulung Tape


Bentuknya sama seperti lumpia, menggunakan kulit lumpia sebagai pembungkusnya. Tape dipotong sebesar ukuran lumpia, begitu juga dengan keju cheddar tipis yang biasa dipakai untuk roti lapis. Potong keju sebesar ukuran tape. Setelah digoreng kamu bisa tambahkan bubuk kayu manis dengan parutan keju ataupun meises coklat warna-warni sebagai pelengkapnya.



  • Prol Tape Kukus


Biasanya pembuatan prol dengan menggunakan singkong, namun kali ini kamu bisa menggunakan tape, fermentasi dari singkong sebagai bahan bakunya. Cara membuatnyapun tidak terlalu sulit, masih termasuk mudah. Cukup membuat adonan dari telur ayam dan gula pasir, lalu tambahkan baking powder dan tepung terigu supaya prol tape kukus memiliki tekstur yang lembut. Kamu bisa gunakan keju cheddar, kismis atau bahkan kurma diatas prol sebagai pelengkap .



  • Bolu Muffin Tape


Selain bolu kukus, ternyata tape bisa juga dijadikan sebagai muffin. Kamu cukup mencampurkan adonan untuk muffin dengan tape yang sudah dihaluskan. Seperti muffin lainnya, bisa juga tambahkan irisan keju sebagai kondimen tambahan yang nikmat atau choco chips sebagai taburan sehingga muffin menjadi lebih enak dan gurih.


Banyak menu yang terbuat dari tape, tapi ingat ya, konsumsi berlebihan itu tidak baik karena tape mengandung alkohol, konsumsi dengan jumlah berlebih dapat memberikan efek samping. Selamat mencoba ya, Berrykitcheners!

Kata Kunci:
Bagikan ke teman Kamu

Gunakan voucher sebelum waktu habis 00 : 00
tutup