facebook

Ketahui Manfaat Sayur Paling Tinggi Nutrisi di Dunia Ini

Kamis, 31 March 2016 - 11:26:01 WIB
Diposting oleh : Berry
Ketahui Manfaat Sayur Paling Tinggi Nutrisi di Dunia Ini

Berrykitchen.com > Tips > Tips > Ketahui Manfaat Sayur Paling Tinggi Nutrisi di Dunia Ini

Hai Berrykitcheners! Tidak semua orang menyukai sayur. Tetapi tidak sedikit pula yang menyukainya. Padahal sayur memiliki segudang manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh, kulit bahkan wajah. Salah satunya adaah brokoli. Sayur brokoli merupakan jenis sayuran yang dinobatkan sebagai sayur paling bergizi dan terbukti memiliki banyak sekali manfaat di dunia. Tetapi sayangnya banyak orang yang tidak menyukai sayuran ini terutama anak-anak karena menilai dari bentuk dan warnanya yang kurang menggugah selera. Sekarang banyak sekali kreasi memasak brokoli untuk anak-anak maupun dewasa. Hal ini dilakukan supaya banyak orang yang mengkonsumsi sayuran yang sangat baik untuk kesehatan ini. Mau tau apa saja manfaat dibalik brokoli?



  1. Serat pada brokoli sangat baik untuk mengontrol kolesterol sehingga mencegah resiko terserang penyakit jantung dan stroke. Rebus sayuran ini untuk menghindari pemakaian minyak goreng. Sebelum direbus, kukuslah terlebih dahulu supaya vitamin yang dikandung brokoli tidak hilang.

  2. Jumlah kandungan vitamin A dalam brokoli sama banyaknya seperti yang dikandung oleh wortel sehingga sangat baik untuk kesehatan mata. Lutein dalam brokoli juga mampu menjaga kerusakan mata akibat sinar matahari maupun penuaan.

  3. Di dalam brokoli terdapat sulforaphane yang mampu mempengaruhi peningkatan produksi enzim pada hati. Enzim berperan untuk membawa bahan-bahan penyebab gejala kanker keluar dari tubuh. Sulforaphane juga dapat mencegah resiko dan gangguan pencernaan seperti maag.

  4. Brokoli merupakan sumber antioksidan karena vitamin C yang terkandung didalamnya berguna untuk melawan radikal bebas.

  5. Vitamin C didalam brokoli juga berperan penting dalam meningkatkan sistem imun dalam tubuh sehingga tidak mudah terserang penyakit.

  6. Glucoraphanin, zat yang dikandung oleh brokoli sangat baik untuk kesehatan jantung.


Berbagai macam manfaat brokoli yang teruji klinis tidak akan berguna jika dimasak denganc ara yang salah. Bukan hanya untuk brokoli, dalam memasak sayuran ada cara-cara yang tepat sehingga vitamin yang dikandung oleh sayuran tersebut tidak hilang seperti berikut:



  • Rebus dengan api kecil dan jangan biarkan terlalu lama (usahakan tutup panci pada saat merebus brokoli supaya vitamin tidak menguap).

  • Jangan biarkan sayuran terlalu lama di dalam kulkas yang mengakibatkan sayuran menjadi tidak segar.

  • Usahakan jangan digoreng dengan minyak


Semoga saran dan pengetahuan ini bisa membantu kamu untuk mengetahui lebih jelas soal manfaat penting dari brokoli ya. Have a nice day, Berrykitcheners!

Kata Kunci:
Bagikan ke teman Kamu

Gunakan voucher sebelum waktu habis 00 : 00
tutup