facebook

Kesehatan Kamu, Berawal dari Sini :)

Rabu, 15 April 2015 - 04:31:08 WIB
Diposting oleh : admin
Kesehatan Kamu, Berawal dari Sini :)

Berrykitchen.com > Tips > Tips > Kesehatan Kamu, Berawal dari Sini :)

Halo Berrykitcheners, di kesempatan kali ini, berry akan kasih kamu advice tentang menjaga dapur berrykitcheners tetap sehat dan layak untuk mengolah makanan. Bagaimanapun, dapur adalah hal penting, karena, kegiatan memasak makanan yang notabene akan masuk ke perut kamu, paling utama terjadi di dapur. Dikutip dari health.kompas.com, berikut beberapa kriteria dapur sehat.

1. Tidak menghangatkan sayur berkali-kali, terutama untuk makanan bersantan

​
Inilah yang membuat makanan warung tidak sehat, karena proses pemanasan yang dilakukan berkali-kali dapat mengikis kandungan gizi yang terkandung dalam makanan tersebut, usahakan untuk memasak secukupnya, dan tidak bersisa ya berrykitcheners.

2. Hindari menghangatkan sayur atau lauk dengan wadah plastik



Hentikan penggunaan plastik sebagai media pembungkus makanan, karena, dalam suhu tertentu, zat tidak baik yang terkandung di dalam plastik dapat ikut bercampur ke makanan yang dibungkusnya, hal ini dapat berbahaya bagi tubuh, terutama dapat memicu tumbuhnya sel kanker. Misal, mulailah gunakan daun untuk membungkus lontong, daripada menggunakan plastik, selain lebih lezat, tentunya lebih sehat ya berrykitcheners :)

3. Hindari menggunakan minyak goreng berulang-ulang


​
Ini mutlak perlu ya berrykitcheners, minyak goreng yang digunakan berkali-kali dapat menyebabkan meningkatnya kolesterol dalam minyak yang juga akan memicu kanker. Apalagi tempat penampungan yang tidak tertutup juga dapat memicu tumbuhnya jamur.

4. Bersihakan Lemari Es secara rutin dan cucilah sayuran sebelum digunakan


​
Pastinya, Lemari es adalah tempat utama kamu dalam menyimpan bahan makanan ya berrykitcheners, Bersihkan secara berkala guna mengurangi kemungkinan jamur yang bisa mengganggu makanan yang tersimpan di dalamnya. Dan juga,
biasakan membungkus makanan sebelum dimasukkan ke dalam lemari es.

5. Periksa Ulang bahan makanan di Lemari Es

​
Periksa juga semua bahan makanan yang kamu simpan di lemari es berrykitcheners, lebih baik kamu buang bahan yang sudah lama tidak terpakai dengan kemasan yang sudah terbuka.

6. Sebisa mungkin,gunakanlah bahan pewarna alami

​
Ini juga mutlak perlu berrykitcheners, karena, sekalipun berlabel pewarna makanan, tetap tidak bisa semurni pewarna alami. Tips juga buat kamu nih, untuk memberi warna hijau, kamu bisa menambahkan daun pandan atau daun suji, untuk pewarna kuning, kamu bisa menambahkan kunir.

7. Belajarlah untuk selalu membuat bumbu kamu sendiri, bukan yang instan

​
Kurangilah penggunaan bahan makanan instan, seperti bumbu-bumbu bubuk buatan pabrik. Karena bumbu-bumbu seperti itu banyak mengandung MSG atau Vetsin yang tidak baik bila dikonsumsi terus menerus

8. Gunakan beberapa talenan untuk memotong bahan makanan yang berbeda

​
Gunakan beberapa talenan untuk bermacam fungsi, misal untuk daging, buah, sayuran, atau bumbu. Fungsinya, agar rasa tidak bercampur, dan juga dapat mempertahankan rasa dari bahan makanan itu sendiri. Atau, kamu juga bisa menggunakan talenan yang berbahan keramik anti gores, agar, tidak terjadi perkembangbiakan bakteri di sela2 goresan pisau yang kamu gunakan berrykitcheners.

9. Pastikan, semua aman dari lalat

​
As we know, lalat adalah sumber dari bakteri, kaki lalat yang mebmbawa bakteri bisa mempengaruh kesehatan kamu berrykitcheners. Pastikan seluruh bahan makanan kamu bebas dari lalat ya berrykitcheners

10. Sirkulasi udara dan air, harus yang terbaik

​
Ini berfungsi untuk membuang asap dan juga air bekas mencuci bahan makanan, agar semua tetap terjaga kebersihannya.

Demikian tips untuk dapur sehat dari berrykitchen, semoga bermanfaat.

Sampai jumpa di posting selanjutnya dengan topik yang lebih seru..

Salam Berryitchen :)
Kata Kunci:
Bagikan ke teman Kamu

Gunakan voucher sebelum waktu habis 00 : 00
tutup