facebook

Kenali Faktor Penyebab Diabetes dan Pencegahannya!

Senin, 25 April 2016 - 10:17:15 WIB
Diposting oleh : Berry
Kenali Faktor Penyebab Diabetes dan Pencegahannya!

Berrykitchen.com > Tips > Tips > Kenali Faktor Penyebab Diabetes dan Pencegahannya!

Hai Berrykitcheners! Yuk mengenali lebih dekat faktor-faktor penyebab diabetes dan cara pencegahannya. Diantara banyak faktor yang dapat meningkatkan resiko terjadinya Diabetes Melitus salah satunya adalah karena keturunan, Orang yang memiliki ikatan darah dengan orang yang mengidap diabetes lebih cenderung mengidap penyakit diabetes ketimbang mereka yang tidak memilikinya di dalam keluarga. Resikonya tergantung pada jumlah anggota keluarga yang memiliki diabetes. Semakin banyak jumlah saudara yang mengidap diabetes, semakin tinggi resikonya. Ada resiko 5% bagi kamu untuk mengidap diabetes jika orangtua atau saudara kandung kamu mengidap diabetes. Resikonya bisa meningkat menjadi 50% jika kamu kelebihan berat badan.


Kadar normal gula darah puasa adalah  < 100 mg/dl, sedangkan kadar normal gula darah sewaktu adalah < 140 mg/dl.


Untuk menegakkan diagnosa apakah mengidap diabetes tentunya dengan pemeriksaan lanjut oleh dokter. Namun perlu mengenali gejala - gejala awal yang mengindikasikan diabetes sekaligus sehingga dapat mencegahnya sehingga gejala - gejala tersebut tidak terjadi. Gejala - gejala tersebut antara lain :



  1. Penurunan berat badan yang drastis dan sering merasa lemas

  2. Banyak buang air kecil

  3. Banyak minum

  4. Banyak makan

  5. Kadang disertai dengan gangguan tidur seperti mudah mengantuk

  6. Gangguan penglihatan

  7. Luka sulit sembuh

  8. Kesemutan


 


Makanan yang mengandung glukosa juga dapat menyebabkan diabetes, glukosa terdapat pada makanan yang manis, seperti gula pasir, kue - kue manis, makanan dan minuman kalengan, cake, eskrim, coklat dan sebagainya.makanan dan minuman yang diawetkan. Karena glukosa akan dipecah menjadi energi didalam tubuh dengan bantuan hormon insulin. Apabila terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung gula, maka insulin diproduksi secara masal namun tidak berefek apa2 karena gula darah yang dipecah terlalu banyak, (ini mekanisme terjadinyaDM type 2), atau insulin yang diproduksi terlalu sedikit sehingga membutuhkan insulin dari luar atau disuntik insulin (mekanisme terjadinyaDM type 1).


Selain itu makanan yang berlemak dan berkalori tinggi seperti gorengan, makanan fast food juga dapat meningkatkan resiko terjadinya DM, efeknya tidak langsung terasa dalam jangka pendek, namun ini berinvestasi dalam jangka yang panjang.


 


Cara pencegahan tentu saja dengan merubah pola hidup, yaitu yang utama adalah mengurangi konsumsi gula dari makanan dan minuman, baik di dalam menu makanan ataupun dalam snack atau cemilan, ganti cemilan dengan cemilan sehat seperti buah, jus, sari buah yang dibuat sendiri (bukan jus buah/sari buah kalengan, kemasan), perbanyak mengkonsumsi sayur, minum air putih, imbangi dengan kegiatan atau aktivitas fisik yang rutin.

Kata Kunci:
Bagikan ke teman Kamu

Gunakan voucher sebelum waktu habis 00 : 00
tutup