facebook

Kenali Biang Es Dalam Kebutuhan Sehari-Hari

Rabu, 08 June 2016 - 09:10:13 WIB
Diposting oleh : Berry
Kenali Biang Es Dalam Kebutuhan Sehari-Hari

Berrykitchen.com > Tips > Tips > Kenali Biang Es Dalam Kebutuhan Sehari-Hari

Hai Berrykkitcheners! Ada beberapa hal yang bisa kamu ketahui soal penyimpanan dengan menggunakan dry ice atau biang es. Biasanya, biang es digunakan oleh penjual es krim keliling ataupun jika menggunakan jasa pengiriman makanan dingin supaya tidak meleleh. Namun ada beberapa orang yang belum mengerti betul manfaat biang es, manfaat dan beberapa hal yang harus diperhatikan selama penggunaan dry ice.


 


Apa itu biang es? Dry ice atau biang es terbuat dari gas CO2 yang dipadatkan. Gas CO2 dipadatkan dengan cara didinginkan sehingga volumenya mengecil dan membeku. Penggunaan biang es sendiri untuk membuat makanan tetap segar namun jangan memasukkan biang es langsung dekat makanan seperti sayuran untuk menghindari layu.


 


Kami ingin membagikan beberapa tips penting yang harus diperhatikan ketika menggunakan biang es seperti berikut ini:



  • Jika memasukkan biang es ke dalam plastik yang tertutup, apabila dibiarkan secara terus menerus, biang es akan memuai dan membentuk gas kembali. Plastik akan menggembung dan meledak. Hal ini tentunya akan mengagetkan dan bisa membahayakan orang lain.

  • Jika memasukkan biang es pada ruangan tertutup seperti mobil, letakkan pada bagasi. Namun, jika mobil tidak ada bagasi seperti mobil sedan, matikan AC mobil dan buka jendela mobil. Karena, jika AC mobil menyala dan jendela ditutup, biang es akan menguap dan mobil dipenuhi dengan CO2. Jika CO2 terus menguap, akan menyebabkan orang-orang didalamnya mengalami sesak napas. Darah manusia pada umumnya lebih tertarik untuk mengikat gas CO2 daripada gas oksigen.

  • Biang es berbeda dengan es batu biasanya karena biang es terbuat dari gas. Ketika kontak langsung dengan biang es disarankan jangan terlalu lama. Hal ini dikarenakan jika memegang langsung biang es selama lebih dari satu menit, bukannya menyebabkan tangan beku dan mati rasa seperti es batu melainkan membuat tangan menjadi gosong.


 


Bungkus biang es dengan plastik atau lapisi dengan plastik, alumunium foil atau lainnya sehingga tidak langsung terkena bahan makanan. Ready to Cook pada Berrykitchen menggunakan biang es sehingga bahan-bahan makanan bisa tetap terjaga suhu dan kesegarannya. Disarankan membuka jendela ketika pulang membawa ready to coo.. Paket Ready to Cook dengan dry ice bisa bertahan sampai 5 jam untuk dimasukkan ke dalam lemari es. Selama di dalam lemari es, bahan-bahan makanan bisa bertahan selama 2 hari sampai 3 hari.


 


Sekarang kamu tahu betul kan manfaat biang es? Dengan demikian kamu bisa lebih bijaksana ketika membawa biang es atau menggunakannya! Semoga informasi  ini membantu ya, Berrykitcheners!

Kata Kunci:
Bagikan ke teman Kamu

Gunakan voucher sebelum waktu habis 00 : 00
tutup