facebook

Katakan Tidak Pada Diabetes!

Jumat, 22 April 2016 - 09:39:17 WIB
Diposting oleh : Berry
Katakan Tidak Pada Diabetes!

Berrykitchen.com > Tips > Tips > Katakan Tidak Pada Diabetes!

Hai, Berrykictheners! Terima kasih untuk segala pertanyaan yang masuk pada ask nutritionist kamis kemarin, 21 April 2016 membahas diabetes. Kami sudah mengumpulkan beberapa pertanyaan untuk dibagikan pada kamu yang belum sempat ikutan. Yuk di cek bersama!


 


Q: Saya ingin bertanya mengenai berapa banyak asupan gula yang sebaiknya dikonsumsi per harinya? Lalu seperti apa contoh takaran realnya, karena misalnya saya beli donut atau kue dari luar, saya kan gatau takarannya bagaimana


A: Berdasarkan PGS (Pedoman Gizi Seimbang) yaitu pedoman gizi yang ditetapkan untuk orang Indonesia, anjuran untuk mengkonsumsi gula adalah sebanyak 4P (4 Porsi, 1 porsi = 13 gr atau 1 sendok makan) atau sebanyak 50 gr. Jika ibu membeli donut atau kue - kue manis maka bisa dikonsumsi sebanyak 1 potong donat/roti/kue - kue manis dan dapat dijadikan cemilan (baik snack pagi yang dikonsumsi di jam 10 atau snack sore yang dapat dikonsumsi jam 4 sore) di sela - sela waktu makan berat, jika berupa minuman manis seperti teh atau kopi, anjurannya adalah 1 sdm gula pasir dalam 1 cangkir.


 


Q: Diabetes ayah saya cukup tinggi 220, sampai sekarang pengaruh ke matanya, mata menjadi agak buram. Saya hanya tau seorang diabetes tidak boleh porsi makan yg terlalu banyak, hanya boleh makan dikit tapi sering, 2 atau 3 jam harus makan.


A: Bagi penderita Diabetes Mellitus, untuk mengontrol kadar gula dalam darah sebaiknya memperhatikan prinsip 3J, yaitu Jenis, Jumlah dan Jadwal. Untuk jenis sebaiknya pilih makanan kandungan Indeks Glikemik yang rendah dan berserat tinggi. Juga diganti snack manis menjadi buah-buahan. Untuk Jumlah sesuaikan dengan porsi dan kebutuhan gizi sehari. Untuk jadwal, sebaiknya penderita DM tetap makan 3kali sehari secara teratur. Juga perbanyak minum air putih. 


Penggunaan gula murni untuk makanan atau minuman tidak diperbolehkan, kecuali dalam jumlah sangat sedikit sebagai bumbu. Penggunaan gula alternatif dapat dipergunakan dalam jumlah yang dibatasi. Ada dua jenis gula alternatif yaitu gula alternatif yang bergizi seperti fruktosa (gula pada buah), dan gula alternatif yang tidak bergizi seperti aspartam dan sakarin


Sebaiknya penderita DM juga selalu berkonsultasi ke dokter dan patuh terhadap obat dan diet yang diberikan karena tujuan utama pengobatan diabetes melitus yaitu :



  1. Mengontrol glukosa darah menjadi normal agar pengidap DM merasa sehat

  2. Mencegah timbulnya komplikasi

  3. Mengedukasi pengidap DM dalam pengetahuan dan motivasi agar dapat merawat sendiri penyakitnya sehingga mampu mandiri


Pola makan yang diberikan adalah 3 kali makan utama dan 2 kali snack karena benar, dalam 2 - 3 jam sekali harus makan namun terukur dari jumlah dan jenisnya.


Jenis makanan yang dapat diberikan :



  1. Pilih makanan kandungan Indeks Glikemik yang rendah dan berserat tinggi karena makanan yang mengandung nilai Indeks Glikemik yang rendah lebih lama dipecah menjadi energi, sehingga lebih memperlambat peningkatan gula darah. Makanan dengan nilai IG terdapat pada beras merah, umbi - umbian, serealia seperti oat, gandum, roti gandum.

  2. Batasi asupan lemak terutama lemak yang mengandung kolesterol seperti jerohan, kuning telur.

  3. Hindari makan dan minuman yang mengandung pemanis, pengawet, pewarna. Lebih baik minuman atau makanan yang kaya serat seperti agar - agar, puding (apabila harus menggunakan susu, pilih susu untuk DM), rumput laut, lidah buaya

  4. Biasakan makan buah segar seperti buah potong atau dalam bentuk jus dan sari buah (namun tidak ditambah gula, atau beli dalam kemasan atau kalengan)

  5. Boleh minum susu  rendah lemak seperti susu skim, atau susu yang diperuntukkan untuk penderita DM


Dan yang terakhir adalah lakukan aktivitas fisik yang rutin.


 


Q: Untuk penderita gejala diabetes type 2 dan memiliki tingkat trigliserida tinggi, tetapi menyukai rasa manis. Pemanis apakah sajakah yang paling aman untuk dikonsumsi selain pemanis buatan? Apakah gula aren, gula batu, madu, sirup maple, agave nectar atau stevia?


A: Jika sudah terkena DM tipe 2, Penggunaan gula murni untuk makanan atau minuman tidak diperbolehkan, kecuali dalam jumlah sangat sedikit sebagai bumbu. Penggunaan gula alternatif dapat dipergunakan dalam jumlah yang dibatasi. Ada dua jenis gula alternatif yaitu gula alternatif yang bergizi seperti fruktosa (gula pada buah), dan gula alternatif yang tidak bergizi seperti aspartam dan sakarin


Saya menyarankan mengkonsumsi buah - buahan utuh dalam bentuk buah potong (bukan buah potong kalengan atau buah potong awetan) atau dalam bentuk jus dan sari buah (yang tidak ditambahkan gula dan bukan jus dalam kemasan).


 

Kata Kunci:
Bagikan ke teman Kamu