facebook

Kandungan Nutrisi Wajib dalam Hidangan Sahur dan Buka Puasa

Jumat, 01 July 2016 - 09:58:26 WIB
Diposting oleh : Berry
Kandungan Nutrisi Wajib dalam Hidangan Sahur dan Buka Puasa

Berrykitchen.com > Tips > Tips > Kandungan Nutrisi Wajib dalam Hidangan Sahur dan Buka Puasa

Hai Berrykitcheners! Masih semangat untuk berpuasa, kan? Nah, kamu harus lebih cermat dalam memilih makanan yang dikonsumsi pada saat sahur agar kamu kuat berpuasa sehari penuh. Boleh saja menyiapkan resep masakan, tapi kamu juga harus memperhatikan bahan-bahan yang digunakan untuk membuat hidangan sahur sederhana tersebut. Berrykitchen akan memberi panduan mengenai jenis makanan yang wajib dikonsumsi saat sahur.


 


Nutrisi dalam Resep Masakan untuk Buka dan Sahur


Sebelum memikirkan resep masakan untuk sahur, kamu harus mengetahui beberapa jenis kandungan nutrisi yang wajib ada di dalam resep hidangan sahurmu. Berikut ini adalah kandungan nutrisi penting yang harus ada dalam makanan sahur.



  • Serat


Selama berpuasa, asupan serat sehari-hari tentu akan menjadi kurang. Waktu yang tepat untuk memenuhi kebutuhan serat adalah pada saat sahur dan buka puasa. Sumber serat alami terbaik bisa kamu peroleh dari buah dan sayuran. Jadi, usahakan untuk selalu mengonsumsi sayur pada saat sahur dan buah pada saat buka puasa. Di samping itu, untuk membantu agar tubuh tetap terhidrasi dengan baik usahakan memilih buah dan sayur yang memiliki banyak kandungan air.



  • Karbohidrat


Jika biasanya kamu mengonsumsi nasi putih sebagai sumber karbohidrat, cobalah untuk mengganti dengan jenis karbohidrat kompleks, seperti nasi merah atau roti gandum. Pasalnya, jenis karbohidrat kompleks akan dicerna secara lebih lama. Kondisi ini akan menjaga kadar gula darah tetap normal dan mampu memberikan rasa kenyang yang lebih lama.



  • Zat Besi


Zat besi adalah nutrisi penting yang harus ada dalam resep masakan yang akan kamu buat untuk sahur dan buka puasa. Pasalnya, pada saat puasa jumlah sel darah merah akan mengalami penurunan. Risiko kekurangan sel darah merah adalah letih, lesuh, mudah lelah, dan cepat mengantuk. Oleh karena itu, pastikan kamu mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi, seperti daging dan ikan.



  • Lemak


Lho, bukankah kita harus mengurangi konsumsi makanan yang berlemak untuk menghindari kolesterol? Tunggu dulu. Kamu memang harus mengurangi makanan yang mengandung lemak jenuh, tetapi kamu perlu tahu bahwa lemak berfungsi sebagai cadangan energi. Bukankah kamu membutuhkan energi selama berpuasa? Lemak juga membuat sistem pencernaan menjadi lebih lambat, sehingga kamu bisa merasa kenyang lebih lama. Kamu bisa memperoleh sumber lemak tak jenuh dari makanan seperti buah alpukat atau ikan salmon. Lemak tak jenuh adalah jenis lemak yang baik untuk tubuh.


 


Ide Resep Masakan Sederhana Bernutrisi untuk Buka dan Sahur


Masih bingung mencari ide resep masakan sederhana untuk buka dan sahur? Nah, simak beberapa ide makanan berikut ini, yuk!



  • Ayam Panggang atau Rebus


Karena kamu membutuhkan asupan protein selama berpuasa, cobalah untuk membuat ayam panggang atau ayam rebus (hainan chicken). Nah, pastikan kamu menggunakan ayam tanpa kulit agar lebih sehat.



  • Sandwich Roti Gandum


Tak sempat menyiapkan makan sahur? Kamu bisa membuat sandwich dari roti gandum. Isi sandwich ini bisa berupa tomat, selada, dan ikan tuna atau salmon. Baik ikan tuna maupun salmon sama-sama mengandung asam lemak omega 3 yang sangat sehat untuk tubuh.


 


Kamu punya ide resep masakan lainnya yang praktis dan sehat untuk berbuka puasa maupun sahur? Nah, gunakan resep tersebut untuk menyiapkan hidangan buka puasa dan sahur yang sehat dan bernutrisi.


 


Sources:



  • com/healthnewstopics/topik-utama/saran-dokter-menu-sahur-buka-puasa-yang-sehat

  • com/sex-health/read/2255794/5-nutrisi-penting-yang-harus-dicukupi-selama-menjalankan-puasa

  • com/menu-buka-puasa-yang-sehat/


Diakses pada 26 Mei 2016.


 

Kata Kunci: Kandungan Nutrisi Wajib dalam Hidangan Sahur
Bagikan ke teman Kamu

Gunakan voucher sebelum waktu habis 00 : 00
tutup