facebook

Kandungan Gizi Hati Sapi, Tak Selamanya Jeroan Buruk Untuk Kesehatan :)

Senin, 06 July 2015 - 02:00:00 WIB
Diposting oleh :
Kandungan Gizi Hati Sapi, Tak Selamanya Jeroan Buruk Untuk Kesehatan :)

Berrykitchen.com > Tips > Tips > Kandungan Gizi Hati Sapi, Tak Selamanya Jeroan Buruk Untuk Kesehatan :)

Hai Berrykitcheners :)

Tidak terasa, kita sudah berada di 10 hari terakhir bulan Ramadhan, tentunya, ibadah kamu harus terus ditingkatkan ya berrykitcheners, karena 10 hari bulan Ramadhan ini adalah saatnya pahala paling besar dibagikan kepada kamu semua yang menjalankannya.

Kebanyakan dari kamu, pasti sangat menghindari yang namanya jeroan atau bagian dalam dari sapi. Padahal, tidak semua lho bagian dalam sapi itu buruk. Ada hati yang masih menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan kamu. :)

Beberapa orang memang enggan untuk mengkonsumsi makanan satu ini karena masih percaya dengan mitos yang mengatakan bahwa hati adalah organ yang penuh racun karena fungsi hati yang memang sebagai penawar racun. Nah, untuk kamu yang masih berfikiran seperti itu, sebaiknya buang jauh-jauh pemikiran seperti itu ya berrykticheners, karena hati adalah bagian dari tubuh sapi yang memiliki banyak sekali kandungan gizi, seperti vitamin A,D,E,K,B12,asam folat,dan mineral seperti tembaga dan besi yang tentunya sangat dibutuhkan untuk tubuh kita.

Nah, berikut berry jabarkan manfaat dari si hati sapi yang konon katanya bisa digunakan sebagai zat penambah darah.

1. Mengatasi Anemia

Anemia adalah penyakit yang disebabkan berkurangnya asam folat dan manfaat zat besi dalam tubuh. Asam Flat merupakan bahan esensial untuk sintesis DNA dan RNA yang penting untuk metabolisme inti sel termasuk sel darah merah. Dan zat besi merupakan unsur penting untuk membantu pembentukan sel darah merah. Seseorang yang mengalami anemia, bisa diartikan bahwa kadar hemoglobin dalam darahnya tidak normal yang menyebabkan pasokan oksigen dallam tubuh menjaddi terganggu. Oleh karena itu, tubuh akan terasa lemah, letih, lesu, dan muka pucat. Naah, asam fooalt dan zat besi ini, banyak terdapat di dalam hati nih berrykitcheners :)

2. Menyehatkan otak

Hati juga merupakan sumber vitamin B yang berguna utnuk kesehatan otak dan juga penting bagi kesiapan sel syaraf. Kekurangan vitamin B12 dapat menyebabkan gangguan pada selaput syaraf, gangguan memori, serta dapat menyebabkan terjadinya dimentia atau kepikunan, bahkan gangguan mental yang lebih parah. Duuh... Ini disebabkan oleh terhalangnya distribusi glukosa ke seluruh tubuh. Bahkan kekurangan vitamin B1 dapat menyebabkan penurunan kecepatan motorik, kekacauan mental, gangguan daya ingat dan fungsi kognitif. Wiih..serem banget yah...Tapi tenang, Hati Sapi adalah sumber vitamin B yang sangat baik. :)

3. Meningkatkan Daya Ingat

Di dalam hati sapi, terdapat senyawa yang bernama kolin, menurut jurnal Nutritional Neuroscience dan Behavioural Brain Research menyatakan bahwa kandungan kolin daapt membantu meningkatkan memori otak dalam jangka panjang.

4. SUmber Gizi yang Baik Untuk Ibu Hamil

Wanita yang sedang dalam masa kehamilan, sering kali mengalami gangguan gizi yang disebabkan oleh asupan nutrisi dalam tubuhnya berkurang. Tentunya, hal ini akan berimbas kepada perkembangan dan pertumbuhan janin menjadi terganggu. Sangat umum terjadi, wanita yang sedang mengandung, kekurangan asam folat dan zat besi. Naah, dengan begitu, hati sapi sangat baik dikonsumsi pada masa kehamilan.

5. Perkembangan Sistem Syaraf

Kandungan asam folat yang terdapat pada hati sapi sangat penting untuk perkembangan sistem syaraf dan dapat mencegah terjadinya kecacatan pada janin seperti cacat otak dan juga sumsum tulang belakang. Kebutuhan asam folat akan meningkat di masa kehamilan. Nah , kekuarangan asam folat pada masa kehamilan, daapt menyebabkan kecacatan pada saat bayi dilahirkan, cntoh yang sederhana adalah bibir sumbing, berat badan rendah, down syndrime, dan resiko keguguran.

6. Meningkatan sistem kekebalan tubuh

Zat besi dan vitamin A yang terdapat dalam hati sapi, dapat memelihara kesehatan jaringan epitel termasuk pembuluh darah. Kedua zat ini mampu mencegah kerusakan pembuluh darah dan juga bisa membantu menignkatkan sistem kekebalan tubuh. Apabila kekurangan vitamin A, dapat menyebabkan tubuh lebih rentan terhadap serangan infeksi baik karena virus, bakteri maupun mikroorganisme lainnya. Belum lagi gangguan autoimun. Kandugnan zinc dan vitamin A juga dapat melindungi sel darah putih dari kerusakan akibta radikal bebas. Wiiihhh....

7. Mencegah kanker dan jantung

Kandungan selenium dalam hati sapi dapat membantu melawan kerusakan sel dari radikal bebas utnuk antioksidan dalam melawan sel kanker dan juga dapat mencegah penyakit jantung.

8. Sebagai sumber energi

Hati sapi juga mengandung karbohidrat dan juga protein. Jadi, dengan mengkonsumsi hati sapi, bisa juga nih sebagai tambahan tenaga harian kamu, dan tentunya sangat pas apabila dikonsumsi pada saat sahur.

9. Menjaga kesehatan mata

Dengan adanya vitamin A, sangat penting untuk mencegah kataraj, infeksi mata dan juga degenerasi makula terkait usia. Vitamin A dalam hati sapi larut dalam lemak, sehingga tidak ada yang terbuang. Namun terlalu banyak vitamin A, justru akan meracuni tubuh kamu nih berrykitcheners, maka dari itu, konsumsi vitamin a, haruslah di batasi dan juga di jaga kadarnya.

Namun, dari sekian banyak manfaat yang dimiliki hati sapi, ia juga memiliki efek samping yang buruk apabila dikonsumsi berlebihan. Yaitu, kandungan kolesterol yang cukup tinggi terkandung di dalam hati sapi. Maka dari itu, jaga dan batasi asupan hati sapi kamu, agar kamu bisa mengambil manfaat darinya. :)

So, mulai sekarang, buang jauh-jauh fikiran bahwa hati sapi memiliki kandungan racun karena fungsinya sebagai penawar racun berrykitcheners. Jangan takut lagi untuk mengkonsumnya yaa :)

Rendang Padang Hati Sapi enak banget lhoo... :)

Akan berry bagikan rsepnya pada posting selanjutnya.

Salam Berrykitchen :)
Kata Kunci:
Bagikan ke teman Kamu

Gunakan voucher sebelum waktu habis 00 : 00
tutup