facebook

Jenis-jenis Pempek, Lebih Pintar Makan Pempek Dengan Tau Model-modelnya :)

Rabu, 27 May 2015 - 02:00:00 WIB
Diposting oleh :
Jenis-jenis Pempek, Lebih Pintar Makan Pempek Dengan Tau Model-modelnya :)

Berrykitchen.com > Tips > Tips > Jenis-jenis Pempek, Lebih Pintar Makan Pempek Dengan Tau Model-modelnya :)

Hai Berrykitcheners :)

Apa yang kamu tau dari Palembang? Sebelum kulturnya, sudah pasti kamu sangat mengenal panganannya. Yep, pempek!

Kabarnya, pempek sudah ada sejak zaman masuknya perantau cina ke Palembang sekitar abad 16 lho. Kisahnya, ada seorang apek (lelaki tua keturunan cina) yang merasa prihatin, karena olahan ikan yang begitu-begitu saja. Ia berkreasi dengan mencampurkannya dengan tepung sagu atau tapioka. Dan ia jajakan ske penjuru kota. Nah, karena penjualnya dipanggil "pek..pek" jadilah makanan tersebut lebih dikenal sebagai pempek. Untuk bukan mas-mas yang jual waktu itu ya berrykitcheners :p

Walaupun asalnya jauh dari Palembang, di Jakarta banyak juga kok yang menjajakan panganan berbahan dasar ikan ini. Bahkan, berrykitchen.com juga tersedia lho ^_^

Kalo misal kamu pergi ke kedai pempek, ternyata, ada jenis-jenis pempek yang mungkin sedikit bikin kamu bingung, karena lumayan banyak lho modelnya :D

Nah, daripada kamu bingung memilihnya sewaktu pergi ke kedai pempek, nih berry kasih jenis-jenis pempek buat kamu :)

1. Pempek Kapal Selam

jenis-pempek

Ini adalah jenis pempek yang paling populer. Bentuknya menyerupai kapal selam dengan isian telur ayam. Ini adalah jenis pempek yang paling besar ukurannya, dan biasanya harganya paling mahal diantara jenis pempek yang lainnya.

2. Pempek Lenjer

jenis-pempek

Bentuknya bulat memanjang seperti lontong, makanya disebut lenjer. Untuk lenjer, tersedia dalam dua ukuran, besar dan kecil. Lenjer besar disajikan dengan cara diiris lalu digoreng, untuk lenjer kecil bisa langsung di goreng.

3. Pempek Adaan

jenis-pempek

Sedikit berbeda dengan adonan pempek pada umumnya yang menggunakan pelarut air utnuk mencampur daging ikan giling dengan tepung sagu, pempek adaan menggunakan santan. Untuk rasa,, pempek jenis ini lebih gurih. Adonan kemudian dicampur dengan bawang goreng atau bisa juga parutan kelapa. Selanjutanya di goreng setengah matang, bukan direbus seperti pempek biasa. Ketika mau disajikan, Adaan ini baru digoreng sampai matang.

4. Pempek Pistel

jenis-pempek

Bentukannya mirip dengan kue pastel, tapi berisi campuran pepaya muda dan ebi yang dibumbui. Penyajiannya bisa di goreng atau langsung di santap. Pempek ini termasuk pempek yang langka, karena cara buatnya yang lumayan rumit, dan juga isian yang sangat tidak tahan lama. Di Palembang sekalipun, pempek ini jarang dibuat.

5. Pempek Keriting

jenis-pempek

Untuk jenis pempek yang ini, pembuatannya paling rumit, karena pempek harus dicetak dulu dengan batok kelapa berlubang halus. Caranya dengan meletakkan adonan pempek di wadah datar, lalu ditekan dengan menggunakan batok yang berlubang. Lalu pempek yang berbentuk mie akan terkumpul diatasnya. Dan selanjutnya, pempek direbus di atas air panas tidak mendidih, agar adonan tidak buyar, ini akan lebih mudah dengan mengukusnya. Pempek ini disajikan tanpa di goreng.

6. Pempek Kulit

jenis-pempek

Pempek kulit terbuat dari campuran ikan tenggiri dan juga kulitnya dengan perbandingan 1 : 4, contohnya, 1 kg daging ikan tenggiri, dicampur dengan 250 gram kulit ikannya. Pempek kulit dibuat dengan mencampur kedua bahan tadi dengan air dan tepung sagu lalu dibentuk bulat gepeng lalu digoreng setengah matang. Jika hendak disajikan, barulah di goreng sampai matang. Rasa pempek kulit gurih, naun terasa agak amis dilidah, mungkin karena ada campuran kulit ikan didalamnya.

7. Pempek Lenggang

jenis-pempek

Pempek lenggang dibuat dari pempek lenjer yang diiris-iris, kemudian dimasukkan ke dalam takir atau wadah serupa mangkuk berbentuk kotak yang terbuat dari daun pisang disemat lidi. Selanjutnya takir dituangi telur bebek kocok dan dipanggang di atas bara api sampai adonan setengah matang, lalu pempek lenggang setangah matang dilepaskan dari cetakan dan di panggang di atas bara api sampai matang. Pempek lenggang disajikan sama dengan pempek kapal selam.

Naah, sudah ada bayangan doong mau makan pempek model apa? :)

Jadi gak malu-maluin sama temen kamu karena gak tau nama-nama pempek yang dijual :)

Selamat ber-pempek ria berrykitcheners :)

Salam Berrykitchen :)
Kata Kunci:
Bagikan ke teman Kamu

Gunakan voucher sebelum waktu habis 00 : 00
tutup