facebook

Tips Memilih Kerang Laut, Kenali Jenisnya, Nikmati Manfaatnya :)

Kamis, 11 June 2015 - 03:00:00 WIB
Diposting oleh :
Tips Memilih Kerang Laut, Kenali Jenisnya, Nikmati Manfaatnya :)

Berrykitchen.com > Tips > Tips > Tips Memilih Kerang Laut, Kenali Jenisnya, Nikmati Manfaatnya :)

Hai Berrykitcheners...

Siapa sih yang bisa menahan godaan enaknya makanan laut?

Ikan? atau Udang? atau Cumi?

Tapii, jangan lupakan biota laut yang satu ini ya berrykitcheners. Kerang, yup, makhluk lebut bercangkang keras ini memang menjadi salah satu biota laut yang dapat dijadikan sebagai bahan makanan.

Seperti kita tahu, biota laut memiliki protein yang sangat tinggi, belum lagi gizi yang terkandung di dalamnya. Wiiihh...

Walaupun kerang hijau adalah jenis kerang yang sangat sering dijadikan bahan makanan, tapi tahukah kamu jenis kerang konsumsi yang lain? Nah, kali ini, berry akan kasih tau kamu jenis kerang dan juga Tips memilih kerang nih berrykitcheners, simak terus ya :)

1. Kerang Kepa Tahu

jenis_kerang

Dimulai dari Kerang Kepa Tahu, kerang ini memiliki warna putihdan cangkang tebal, memiliki daging agak kecil. Kerang ini sering dijadikan barbagaii macam masakan.

2. Kerang Hijau

jenis_kerang

Kerang hijau memiliki cangkang berwarna hijau. Kerang ini adalah kerang yang paling umum ditemukan di pasaran Indonesia dan kerang yang paling digemari karena memang kerang hijau memiliki kandungan gizi yang cukup tinggi.

3. Kerang Bambu

jenis_kerang

Kerang Bambu atau Razor dalam bahasa Internasional adalah binatang laut yang juga termasuk ke dalam keluarga kerang-kerangan. Kerang ini memiliki kandungan protein yang tinggi dan juga memiliki ciri khas rasa gurih dan manis. Kerang Bambu memiliki cangkang yang panjang dengan dua sisi paralel. Tubuhnya kecil memanjang dan salah satu ujungnya meruncing. Kerang Bambu biasa dijadikan bahan pembbaut petis dan juga rengginang khas Jawa Timur khususnya Madura.

4. Kerang Kijing

jenis_kerang

Walaupun kerang kijing adalah kerang air tawar, namun dagingnya juga memiliki protein tinggi dan juga asam lemak tak jenuh yang sangat dibuutuhkan oleh tubuh. Kijing banyak dimanfaatkan untuk pembuatan kerupuk. Kerang ini memiliki bentuk pipih lonjong atau oval dengan dengan warna cangkang cokelat kehijauan.

5. Kerang Dara

jenis_kerang

Kerang Dara adalah kerang dengan warna merah seperti darah dan banyak berada di sekitar pasir berlumpur laut dangkal. Kerang dara banyak ditemukan dipasaran. Kerang ini biasa dikonsumsi oleh warga asia timur dan juga asia tenggara. Kerang ini juga biasa disebut sebagai Kerang Darah, karena selain warnanya yang merah seperti darah, ternyata kerang ini juga memiliki khasiat sebagai penambah sel darah merah dalam tubuh manusia. Hmm...mantaapp...

6. Kerang Simping

jenis_kerang

Kerang Simping atau Serimping hidup di laut pinggiran kota. Selain sebagai sumber makanan, kerang simping juga bisa digunakan sebagai bahan kerajinan. Kerang ini juga dianggap sebagai kerang yang paling aman untuk dimakan mentah. Daging kerang simping bisa dibilang lebih kenyal dan padat dibandingkan jenis kerang lainnya. Kerang simping mempunyai bentuk pipih dan bentuknya sepertii kipas.

Naah, dipasaran, tidak semua kerang dijual dalam keadaan bagus dan segar, nah kali ini juga berry akan kasih tau kamu cara untuk memilih keranag yang bagus nih :)

Simak ya :)

1. Untuk membeli kerang kupas yang segar, pastikan mempunyai ciri-ciri warna daging putih agak kekuningan atau berwarna sedikit oranye serta dagingnya masih utuh, kenyal dan berbau segar.

2. Apabila kamu membeli kerang yang masih bercangkang, pipihlah yang tidak berbau busuk, tidak berlendir, kulit cangkangnya masih dalam kondisi tertutup, dan apabila dibuka, daging kerang masih menempel kuat pada cangkang, tidak lembek dan juga utuh.

3. BErsihkan kerang dengan cara menyikat kulit kerang hingga lumpur yang menempel pada cangkang kerang menghilang dan bersih.

4. Untuk penyimpanan, bungkus kerang dalam plastik atau wadah bertutup rapat. Simpan di dalam kulkas. Dengan cara ini, kerang akan bertahan selama 2 minggu hingga 1 bulan. Namun jangan rendam kerang dengan air, karena kerang akan mati dan membusuk.

5. Rebus kerang hingga cangkang terbuka dan buang kerang yang tetap menutup ketika direbus.

6. Untuk mengurangi bau amis pada kerang, gunakan bumbu-bumbu beraroma tajam seperti lengkuas, daun jeruk, serai, kemangi atau jahe.

7. Setelah kerang dimasak, segera makan dan habiskan. Jangan memanaskan kerang lebih dari satu kali, karena untuk meminimalisir resiko keracunan yang ditimbulkan oleh kerang

8. Jangan makan kerang secara berlebihan.

Naah, yuk lebih pinter konsumsi makanan harian kamu, dengan mengetahui jenis dan cara memilih yang bagus, khasiat keren yang terkandung di dalam kerang.

Selamat menikmati kerang berrykitcheners :)

Salam Berrykitchen :)
Kata Kunci:
Bagikan ke teman Kamu

Gunakan voucher sebelum waktu habis 00 : 00
tutup