facebook

Jangan Biarkan Makananmu Basi!

Jumat, 11 March 2016 - 03:59:11 WIB
Diposting oleh : Berry
Jangan Biarkan Makananmu Basi!

Berrykitchen.com > Tips > Tips > Jangan Biarkan Makananmu Basi!

Halo Berrykitcheners! Apa kamu suka memasak? Suka kesel nggak sih kalau makanan yang kita masak tidak habis dan akhirnya basi? Sayang sekali bukan untuk dibuang? Sedangkan diluar sana banyak orang yang kesulitan untuk makan.

Apa saja ya jenis-jenis bahan makanan yang mudah basi? Yuk disimak supaya kamu lebih berhati-hati saat menyimpan jenis bahan makanan ini.

1. Seafood

Makanan laut cukup cepat basi. Lebih baik cepat-cepat dicuci lalu dimasukkan ke dalam plastik kedap udara dan simpan di freezer ya.

2. Produk Susu

Produk olahan susu termasuk bahan yang cepat basi. Simpan produk berbahan susu seperti krim, susu, es krim, keju, dan lainnya dalam udara dingin seperti lemari es. Bahan dari produk susu harus cepat dihabiskan setidaknya 2 hari setelah kemasan dibuka.

3. Produk Telur

Jika meletakkan telur di luar lemari es, ada baiknya jika dikonsumsi maksimal 5 hari. Sedangkan untuk telur yang di masukkan ke dalam lemari es mampu bertahan antara 2 sampai 3 minggu.

4. Daging Mentah

Untuk menyimpan daging mentah sama seperti seafood, bersihkan dan masukkan ke dalam plastik kedap udara lalu masukkan ke dalam lemari es. Hal ini dilakukan untuk mencegah bakteri masuk yang nantinya menyebabkan daging menjadi busuk.

Nah seperti itulah bahan-bahan makanan yang mudah sekali basi. Bagaimana cara mencegahnya? Mungkin sebagian dari kamu tidak atau belum menyadari bahwa cara menghindari makanan untuk cepat basi ternyata sederhana loh. Penasaran?

  • Biasakan mencuci tangan sebelum masak dan sebelum makan untuk menghindari bakteri yang menjadi penyebab makanan cepat busuk
  • Hindari penggunaan sendok berkali-kali pada satu makanan ke makanan lainnya untuk menghindari basi dengan cepat
  • Jangan tutup makanan yang masih panas karena uap pada makanan panas bisa menjadi penyebab makanan cepat basi
  • Simpanlah makanan dalam wadah kedap udara untuk menghindari bakteri.
  • Simpanlah makanan ke dalam lemari es. Usahakan lemari es tidak penuh sehingga sirkulasi udara berjalan lancar
  • Jaga kebersihan permukaan meja dapur, dinding, lantai dan alat-alat memasak dalam keadaan kering dan bersih
  • Bersihkan tumpahan makanan dengan segera untuk menghindari datangnya bakteri penyebab pembusukan

Nah begitulah makanan yang cepat basi beserta tips ringan untuk mencegah basi. Sebagian dari kamu yang bekerja dan tidak bisa memasak pagi-pagi untuk keluarga karena harus cepat-cepat berangkat kerja bisa memasaknya di malam hari sebelum tidur dan masukkan ke dalam kulkas untuk dihangatkan besok paginya. Ingat, makanan rumah lebih terjamin kesehatan dan keamanannya. Jangan lupa gunakan bahan-bahan segar ya! Semoga informasi dari kami bisa membantu kamu. Have a nice day, Berrykitchenners!

Kata Kunci:
Bagikan ke teman Kamu