facebook

Jajanan Tradisional Ini Hampir Punah Loh!

Rabu, 02 March 2016 - 11:30:53 WIB
Diposting oleh : Berry
Jajanan Tradisional Ini Hampir Punah Loh!

Berrykitchen.com > Tips > Tips > Jajanan Tradisional Ini Hampir Punah Loh!

Halo Berrykitcheners, ada yang masih ingat jajanan tradisional favorit? Banyak dari kita yang sudah tidak menyukai jajanan tradisional dikarenakan banyaknya jenis jajanan baru yang menurut kita jauh lebih enak. Namun sadarkah kamu ada beberapa jenis jajanan tradisional yang saat ini sudah mulai hilang dari peredaran di karenakan berkurangnya peminat dan tidak banyak lagi orang yang berminat membuat jajanan tradisional. Bisa dikatakan jajanan tradisional ini hampir punah. Padahal mungkin dulu jajanan tersebut menjadi salah satu pilihan cemilan.

Jajanan tradisional memiliki ciri khas dan biasanya terbuat dari kelapa, sagu, gula merah, tepung kanji dan beragam bahan lainnya yang tidak asing lagi di telinga. Apa saja jajanan tradisional yang sekarang ini jarang kita lihat atau bisa dibilang hampir punah?

1. Klepon

Siapa yang tidak mengenal klepon? Jajanan berwarna hijau berbentuk bola-bola kecil yang diisi dengan gula merah dan dibalur parutan kelapa merupakan jajanan tradisional favorit kebanyakan orang namun akhir-akhir mulai jarang terlihat kecuali kamu mengunjungi pasar. Jajanan ini sudah tidak terlihat dijual dipinggiran jalanan seperti dulu.

2. Kue Putu

Suara uap seperti bunyi siulan ini tidak asing di telinga kita. Ketika penjual melewati depan rumah, pasti kita akan langsung mengetahui bahwa penjual kue putu sedang lewat. Kue putu tebuat dari tepung beras yang dimasukkan kedalam bambu lalu diletakkan di atas “alat siulan” dan kemudian diisi dengan gula jawa lalu dibaluri kelapa parut sebagai pelengkap. Biasanya jajanan ini dijual ketika sudah sore hingga malam hari. Dan biasanya juga, penjual kue putu kebanyakan menjual klepon dan diletakkan di atas daun pisang.

3. Clorot

Kue clorot adalah jajanan khas Jawa yang terbuat dari tepung beras, memiliki rasa manis aroma gula merah lalu dikukus dengan daun kelapa muda atau yang sering disebut dengan janur. Proses pembuatan clorot juga cukup sulit. Membutuhkan keterampilan karena membentuk adonan ke dalam daun kelapa muda supaya tidak bocor bukanlah mudah. Jajanan ini mungkin akan sulit didapatkan karena mulai kalah pamor dengan jajanan modern.

4. Kue Rangi

Jajanan khas Betawi satu ini cukup langka akhir-akhir ini. Bentuknya mirip dengan kue pancong atau bandros hanya saja ukuran kue rangi lebih kecil karena tidak menggunakan tepung atau telur. Kue rangi dibuat dari bahan sederhana seperti tepung kanji atau sagu tani dan kelapa parut. Biasanya, kue rangi dibakar dengan bambu sehingga rasanya lebih menyatu dank has.

5. Kembang Goyang

Banyak orang mengetahui hidangan ini. Apa yang membuat jajanan ini diberi nama kembang goyang? Hal tersebut dikarenakan saat menggoreng kembang goyang, untuk melepaskan adonan dari cetakan di atas minyak goreng adalah dengan menggoyang-goyangkan cetakan. Sekarang jajanan ini sangat sulit dicari kecuali dijual untuk pemesanan acara-acara tertentu karena peminatnya yang tak lagi banyak.

6. Cenil

Kue basah yang berasal dari Pacitan, Jawa TImur ini terbuat dari pati atau ketela pohon. Cenil dikenal dengan warnanya yang beragam seperti putih, hijau atau merah muda kemudian ditaburi kelapa parut dan gula pasir.Jajanan ini bisa dibentuk bulat, lonjong atau kotak sesuai dengan selera. Biasanya kue cenil dinikmati untuk sarapan atau kudapan sore hari dengan the hangat.

7. Permen Gulali

Jajanan sekolah pada masanya ini mulai hilang dari peredaran. Penjual gulali menyediakan lidi untuk kemudian dibentuk dengan manisan warni-warni sesuai bentuk yang kita inginkan. Sebenarnya bahan untuk membuat gulali satu ini cukup mudah yaitu gula jawa atau gula merah.

Apakah jajanan di atas mengingatkan pada masa lalu? Tidak semua jajanan ini mudah di dapat malah sepertinya mulai tenggelam. Jajanan tradisional akan lebih baik terus di lestarikan dan jangan dibiarkan menghilang begitu saja. Semoga informasi yang kami berikan membantu ya. Have a nice day, Berrykitcheners!

Kata Kunci:
Bagikan ke teman Kamu

Gunakan voucher sebelum waktu habis 00 : 00
tutup