facebook

Ini yang Perlu Kamu Lakukan Saat Gempa

Kamis, 02 August 2018 - 03:49:40 WIB
Diposting oleh : Berry
Ini yang Perlu Kamu Lakukan Saat Gempa

Berrykitchen.com > Tips > Tips > Ini yang Perlu Kamu Lakukan Saat Gempa

Letak Indonesia yang dilewati gugusan gunung api dan merupakan pertempuan lempeng tektonik membuat negeri ini rawan bencana gempa bumi. Getaran yang terjadi di permukaan bumi kadang tidak terasa, namun tak jarang begitu kencang sehingga menimbulkan korban jiwa dan harta benda. 

 

Karena itu, kita perlu selalu siaga untuk menimalisir dampak jika terjadi gempa. Lakukan langkah-langkah ini sebelum, saat, dan setelah terjadi gempa bumi:

 

Persiapan Sebelum Gempa Bumi

  • Saat membangun rumah, pastikan konstruksi rumah memenuhi syarat minimum bangunan tahan gempa
  • Pasang peralatan seperti water heater dan lampu gantung dengan kuat ke dinding atau langit-langit. Tempatkan benda yang besar atau berat serta mudah pecah di rak yang paling bawah. Simpan barang yang mudah pecah di lemari dengan pintu terkunci. Jangan gantung barang berat seperti pigura besar dan cermin dekat tempat orang tidur atau duduk.
  • Siapkan tas siaga bencana yang berisi makanan kalengan, P3K, air minum, radio bertenaga baterai dan baterai cadangannya, serta senter. Letakkan di tempat yang mudah dijangkau
  • Ajari keluarga tentang cara menghadapi gempa, mulai dari langkah yang harus dilakukan saat terjadi gempa, tempat aman di rumah untuk berlindung saat gempa, sampai tempat-tempat yang harus dihindari di rumah saat gempa. Contoh tempat yang aman adalah di bawah meja yang kuat, atau – jika tidak ada furnitur yang dirasa cukup kokoh – duduklah merapat ke dinding dalam ruangan lalu lindungi kepala dan leher dengan tangan. Hindari berada dekat jendela, lemari, cermin, benda tergantung, atau furnitur tinggi yang berisiko menimpamu.

 

Hal yang Harus Dilakukan Saat Gempa

  • Di dalam ruangan: praktikkan DROP (berlutut atau dekatkan diri ke bumi), COVER (lindungi kepala dan tubuh), dan HOLD ON (tunggu atau berpegangan pada sesuatu yang kuat). Jangan terlalu banyak bergerak. Sebab, kebanyakan cedera yang terjadi saat gempa bumi adalah karena orang berlari-larian lalu jatuh dan mengalami keseleo, patah tulang, maupun luka di kepala. Tetaplah di dalam ruangan sampai gempa berhenti dan kamu yakin sudah aman keluar. Gunakan tangga – jangan lift – karena berisiko terjadi gempa susulan, mati listrik, atau rusak.
  • Di tempat tidur: bergelunglah dan lindungi kepala dengan bantal
  • Di dapur: matikan api dan segera berlindung di tempat aman.
  • Di luar ruangan: cari area terbuka lalu dekatkan diri ke bumi (misalnya berjongkok). Tetap diam sampai getaran berhenti. Jauhi bangunan, saluran listrik, pohon, maupun tiang lampu.
  • Di dalam kendaraan: minggirlah ke area yang jauh dari jembatan, jalan layang, pohon, plang besar, dan saluran listrik lalu berhentilah di situ dengan sabuk pengaman terpasang. Jika guncangan sudah berhenti, berkendaralah perlahan. Hindari jembatan dan jalan miring yang rusak. Jika mobil tertimpa tiang listrik, tetaplah di dalam mobil dan tunggu bantuan.
  • Di area pegunungan atau dekat lereng atau tebing yang tidak stabil: hati-hati akan jatuhan batu atau longsor.

 

Tindakan Pascagempa

  • Setelah gempa, sering terjadi bencana lanjutan seperti gempa susulan, longsor, atau bahkan tsunami untuk kamu yang tinggal di pesisir. Tetaplah waspada.
  • Sebelum menolong orang lain, cek diri sendiri apakah ada yang terluka. Jika iya, lakukan pertolongan pertama, baru kemudian bantu orang lain yang membutuhkan
  • Cek apakah ada kebakaran, gas bocor, air meluap, atau saluran listrik rusak. Jika ada tumpahan cairan yang mudah terbakar, segera bersihkan.
  • Cek juga kerusakan di dinding, tangga, jendela, dan bagian bangunan rumah lainnya untuk mencegah tertimpa roboh. Jauhi bangunan yang rusak.
  • Berhati-hatilah saat membuka lemari. Barang-barang di dalamnya sudah bergeser akibat gempa dan bisa berhamburan keluar saat kamu membuka pintunya.
  • Dengarkan informasi dan instruksi terkini mengenai gempa lewat radio
  • Sebisa mungkin tidak menggunakan handphone kecuali darurat, untuk mengirit baterai kalau-kalau listrik padam

 

Satu hal yang penting diingat: jangan panik saat menghadapi bencana, karena kepanikan dapat memperburuk keadaan. Semoga dengan tips di atas kita jadi lebih tenang menghadapi gempa, ya, Berrykitcheners.

 

Foto: Dreamstime

 

Kata Kunci: Ini yang Perlu Kamu Lakukan Saat Gempa
Bagikan ke teman Kamu

Gunakan voucher sebelum waktu habis 00 : 00
tutup