facebook

Ide Barbecue di Malam Tahun Baru

Rabu, 19 December 2018 - 23:33:37 WIB
Diposting oleh : Berry
Ide Barbecue di Malam Tahun Baru

Berrykitchen.com > Tips > Tips > Ide Barbecue di Malam Tahun Baru

Entah dimulai sejak kapan, bakar-bakaran (barbecue, barbeque, atau BBQ) jadi tradisi saat malam tahun baru di Indonesia selain pesta kembang api. Biasanya acara ini dilakukan di halaman rumah bersama anggota keluarga atau teman-teman.

 

Setelah menyiapkan arang dan peralatan lainnya, berbagai bahan makanan dipanggang di atas bara api. Makanan lalu disantap bersama-sama ditemani minuman (biasanya soda) sambil menunggu pergantian tahun. Asyik, ya?

 

Kalau kamu ingin memeriahkan malam tahun baru dengan bakar-bakaran, siapkan peralatannya mulai sekarang. Nanti, beberapa hari menjelang penghujung tahun, silakan berbelanja bahan makanan yang akan dipanggang beserta pelengkapnya.

 

Bingung mau bikin barbecue apa? Berrykitchen kasih ide bahan makanan untuk bakar-bakaran di malam tahun baru:

 

1. Ikan dan seafood

Ikan adalah salah satu jenis makanan yang paling populer dibakar saat tahun baru. Sebab, dibanding daging sapi dan daging ayam, ikan paling cepat matang saat dimasak. Jenis ikan yang sering dibakar adalah ikan gurami, bawal, nila, kuwe, baronang, kembung, dan kakap.

 

Untuk ikan berukuran kecil, kamu bisa memanggangnya utuh. Namun untuk ikan yang agak besar, agar matangnya merata, belah ikan lalu buka melebar serta kerat-kerat bagian tubuhnya sebelum dibakar. Jangan bakar terlalu lama agar ikan tidak gosong.

 

Bumbu rendaman ikan bisa berupa bumbu kuning, sedangkan bumbu olesnya bisa berupa bumbu kecap atau bumbu cabai. Tambahkan minyak goreng atau margarin pada bumbu agar daging ikan tidak terlalu kering saat dibakar. Setelah matang, ikan siap disantap hangat-hangat bersama nasi putih, sayuran tumis atau lalapan sayuran, serta aneka sambal.

 

Selain ikan, jenis seafood yang biasa dibakar adalah cumi-cumi dan udang.

 

2. Ayam

Membayangkan ayam bakar dengan lapisan bumbu tebal mengilat rasanya bikin air liur menetes, ya? Agar bumbu meresap ke dalam daging dan supaya tidak perlu membakar ayam terlalu lama, sebaiknya ayam diungkep terlebih dulu dengan bumbu. Dengan demikian, ayam sudah setengah matang dan empuk.

 

Saat dibakar, olesi dengan sisa bumbu agar rasa ayam semakin enak. Bumbu ayam bakar bisa berupa kecap, bumbu madu, bumbu kuning, atau bumbu rujak.

 

Sayap ayam bisa jadi alternatif yang lebih murah serta dapat dinikmati ramai-ramai sebagai camilan. Selain membakar potongan daging ayam, kamu juga bisa membuatnya menjadi satai.

 

3. Daging sapi

Untuk acara makan-makan spesial di malam tahun baru, kamu bisa menyajikan barbecue berbahan daging sapi. Misalnya steak. Bumbunya hanya garam dan merica, lalu disajikan dengan saus dan pelengkap. Atau, giling daging dan olah menjadi patty burger yang bisa disajikan sebagai sandwich (hamburger) atau seperti steak.

 

Bulgogi bisa jadi pilihan untuk kamu yang suka daging berbumbu. Hidangan bakar asal Korea ini berupa daging yang diiris tipis lalu direndam dalam bumbu campuran soy sauce, gula, minyak wijen, bawang putih, dan lada hitam, lalu dipanggang. Bulgogi disantap dengan cara dibungkus dengan selada, lalu dicelupkan ke ssamjang (semacam sambal asal Korea).

 

Daging sapi biasanya mahal, namun kamu juga bisa menikmati versi ekonomisnya berupa sosis dan bakso. Setelah dibakar, keduanya bisa disajikan dengan cocolan mayones dan saus sambal. Nikmat!

 

4. Sayuran

Bukan cuma makanan hewani, bakar-bakaran juga bisa menggunakan bahan nabati. Salah satu yang paling populer adalah jagung. Jagung yang sudah dikupas ditusuk dengan tusuk satai tebal lalu dibakar sambil sesekali dioles bumbu yang dicampur margarin. Wah, serasa di Puncak, ya?

 

Selain jagung, kamu juga bisa membuat shashlik. Satai yang populer di Asia Tengah ini berupa daging yang ditusukkan selang-seling dengan sayuran seperti paprika, bombai, nanas, jamur, atau tomat.

 

5. Lainnya

Setelah menikmati berbagai makanan gurih, lidah biasanya minta dimanjakan dengan makanan manis. Coba bikin s’more, deh. Makanan favorit saat berkemah di Amerika Serikat dan Kanada ini berbahan dasar marshmallow yang dibakar sampai meleleh.

 

Gula-gula lunak tersebut lalu diletakkan di sepotong cracker dan diberi sepotong cokelat di atasnya, lalu ditutup dengan sepotong biskuit lagi. Kalau tak mau repot, marshmallow bakar saja sudah enak, kok.

 

Wah, rasanya jadi lapar, ya. Ingin cepat-cepat malam tahun baru dan memanggang semua makanan tadi!

 

Foto: https://www.thesun.co.uk

 

Kata Kunci: Ide Barbecue di Malam Tahun Baru
Bagikan ke teman Kamu

Gunakan voucher sebelum waktu habis 00 : 00
tutup