facebook

How to Get Freckles with Make Up

Kamis, 26 July 2018 - 00:57:03 WIB
Diposting oleh : Berry
How to Get Freckles with Make Up

Berrykitchen.com > Tips > Tips > How to Get Freckles with Make Up

Belakangan ini banyak artis Indonesia memakai make up yang agak berbeda dari biasanya. Di area sekitar hidung dan pipi yang biasanya mulus, kini ditambahi bintik-bintik alias freckles. Freckles ini dibuat dengan make up karena kulit asli mereka tidak memiliki freckles. Ya, freckles memang sedang tren!

 

Apa Itu Freckles?

Freckles adalah sekelompok sel mengandung melanin (pigmen alami dalam tubuh) yang terkonsentrasi. Bintik-bintik ini berbeda dengan tahi lalat. Sebab, pada freckles, melanosit (sel yang memproduksi melanin) menghasilkan melanosom (butiran melanin) secara berlebihan, sedangkan pada tahi lalat melanosit itu sendiri yang terakumulasi di area kecil.

 

Freckles sebenarnya dapat terjadi di semua warna kulit dan etnis, namun lebih terlihat pada orang-orang berkulit cerah. Selain di wajah, bintik-bintik ini juga bisa muncul di area kulit tubuh lain yang terkena sinar matahari seperti lengan atau bahu.

 

Bintik-bintik bisa muncul akibat paparan sinar matahari. Jadi, jika seseorang sebelumnya tidak punya freckles, ia bisa tiba-tiba memiliki bintik-bintik setelah terkena sinar matahari dalam waktu cukup lama.

 

Meski freckles bukan penyakit, orang-orang yang memiliki bintik-bintik di kulitnya pada umumnya kurang memiliki melanin yang dapat melindungi kulit dari bahaya sinar matahari. Karena rentan, mereka disarankan selalu menggunakan tabir surya serta menghindari terlalu lama terpapar sinar matahari untuk menghindari efek buruk radiasi ultraviolet.

 

Tren Fake Freckles

Secara awam, freckles identik dengan kulit bule. Tak sedikit bule yang menganggap bintik-bintik di wajah mereka sebagai kekurangan sehingga mereka berusaha menghilangkan atau menutupinya.

 

Tapi, sejak Meghan Markle banyak menjadi sorotan karena menikah dengan Pangeran Harry, fake freckles alias bintik-bintik palsu jadi tren yang mendunia. Wanita keturunan kulit hitam dan kulit putih ini menyukai bintik-bintik di wajahnya sampai-sampai ia meminta make up artist untuk tidak menutupinya.

 

Sebenarnya, fake freckles sudah sering digunakan di panggung peragaan busana dunia. Freckles disukai karena menimbulkan kesan cantik tanpa make up, innocent, muda, dan segar seperti sehabis liburan di pantai. Freckles buatan biasanya dibuat menggunakan eyeliner, eyeshadow, atau pensil alis.

 

Cara Membuat Freckles dengan Make Up

Alat utama untuk membuat fake freckles adalah pensil alis atau eyeliner pensil warna cokelat. Caranya mudah sekali, tinggal buat bintik-bintik di area pipi dan menyeberangi batang hidung dengan ujung pensil. Pegang pensil dengan gaya melempar dart dan tekan-tekankan ujung pensil ke wajah dengan gaya memantul.

 

Setelah itu, agar tampilan freckles lebih halus, tepuk-tepuk dengan beauty blender, blush brush, atau sedikit cream concealer dengan shade lebih terang dari warna kulitmu. Jangan menggosok atau menarik karena akan membuat freckles luntur. Agar freckles lebih tahan lama, aplikasikan translucent setting powder lalu tambahi setting spray.

 

Tips Membuat Fake Freckles

  • Jadikan freckles sebagai langkah make up terakhir sebelum setting spray atau powder. Jadi, kamu bisa mengaplikasikan make up berbentuk krim seperti primer, foundation, concealer, blush, atau contouring seperti biasa sebelum membuat freckles agar freckles tidak tertutup lapisan make up.
  • Buat freckles di area yang menggelap secara alami karena matahari, umumnya di bagian tengah wajah. Kamu bisa melihat foto freckles alami untuk melihat pola dan area bintik-bintik di wajah mereka.
  • Semakin acak bentuk dan pola freckles, semakin terlihat alami hasilnya. Gunakan tekanan yang berbeda-beda saat membuat bintik-bintik di wajah agar intensitas warnanya berbeda-beda. Jangan terlalu seragam dan sempurna bentuk dan motifnya karena freckles jadi terlihat palsu.
  • Untuk hasil yang lebih natural, kamu bisa menggunakan lebih dari satu warna pensil alis. Misalnya, warna cokelat muda dan sedang untuk kulit putih sampai kuning langsat, serta warna cokelat sedang sampai cokelat tua untuk kulit yang lebih gelap.
  • Jangan gunakan eyeliner cair karena hasilnya tampak dibuat-buat

 

Sekarang kamu terlihat segar dengan freckles! Agar lebih fresh, coba, deh, nikmati Refreshing Fruit Selasi Tea. Bukan sekadar karena selasihnya mirip bintik-bintik di wajahmu, tapi karena vitamin yang terkandung dalam buah dan selasih baik untuk kesehatan kulitmu. Jadi double fresh, deh!

 

Foto: camillestyles.com

 

Kata Kunci: How to Get Freckles with Make Up
Bagikan ke teman Kamu

Gunakan voucher sebelum waktu habis 00 : 00
tutup