facebook

Hindari Konsumsi Menu Makanan Low-Fat Ini untuk Diet Sehat

Selasa, 26 April 2016 - 09:52:53 WIB
Diposting oleh : Berry
Hindari Konsumsi Menu Makanan Low-Fat Ini untuk Diet Sehat

Berrykitchen.com > Tips > Tips > Hindari Konsumsi Menu Makanan Low-Fat Ini untuk Diet Sehat

Hai Berrykitcheners! Sedang bingung menentukan menu makanan sehat untuk diet? Pastikan untuk mengonsumsi makanan yang rendah lemak dan kalori, ya! Namun, tidak semua makanan rendah lemak baik dikonsumsi saat sedang diet, lho. Sebab, label “low-fat” pada kemasan makanan terkadang merupakan sebuah trap atau jebakan.


Banyak orang yang menganggap bahwa makanan berlabel low-fat atau rendah lemak itu sehat. Bahkan, para pelaku diet tidak ragu untuk mengonsumsi makanan yang sudah disertai label rendah lemak ini. Baru-baru ini, sebuah penelitian di Inggris menemukan bahwa 10% dari makanan berlabel rendah lemak yang dijual di pasaran mengandung kalori 40% lebih tinggi dibanding makanan yang tidak berlabel low-fat. Dengan kata lain, beberapa makanan rendah lemak dalam kemasan memang rendah lemak, tetapi sangat tinggi kalori.


Kesimpulannya, tidak semua makanan low-fat itu merupakan menu makanan sehat untuk diet. Kamu harus lebih selektif dalam memilih makanan yang rendah lemak. Nah, apa saja makanan low-fat yang harus kamu hindari saat diet? Berikut adalah beberapa di antaranya.



  1. Salad Dressing


Lho, bukankah salad adalah makanan yang tidak berlemak? Betul. Salad memang berasal dari buah dan sayur yang tidak mengandung lemak. Namun, saus dressing yang Anda gunakan pada salad itulah yang mengandung lemak. Bagaimana jika menggunakan saus dressing rendah lemak? Saus tersebut memang rendah lemak, tapi kandungan kalori di dalam saus tersebut sengaja ditinggikan agar cita rasa saus tersebut lebih baik.



  1. Selai Kacang Rendah Lemak


Meskipun ada tulisan “rendah lemak” pada label selai kacang. Namun, tahukah Anda bahwa produsen selai tersebut tetap menambahkan banyak gula dan minyak ke dalam selai kacang “rendah lemak” itu? Solusinya, buat selai kacang sendiri dengan memanfaatkan kacang polos panggang, paprika, bawang putih, dan bubuk bawang.



  1. Yogurt Rendah Lemak


Yogurt merupakan makanan yang dapat menyehatkan sistem pencernaan di dalam tubuh. Selain itu, masih banyak manfaat lagi yogurt untuk kecantikan dan kesehatan. Akan tetapi, yogurt yang rendah lemak tidak 100% sehat. Pasalnya, produsen yogurt rendah lemak tersebut banyak menambahkan gula, sirup jagung fruktosa tinggi, dan berbagai jenis pemanis buatan lainnya.



  1. Granola


Granola merupakan menu sarapan pagi favorit di Amerika Serikat. Ini adalah kombinasi oats dan buah-buahan kering. Namun, tidak semua granola sehat dan aman, lho. Bahkan, granola yang berlabel low-fat sekalipun juga tidak benar-benar sehat. Pada umumnya, produsen tetap menambahkan sirup beras merah atau sari tebu pada granola low-fat. Satu porsi granola (½ cangkir) mengandung hingga 17 gram gula.


Mencari menu makanan sehat untuk diet memang gampang-gampang susah. Butuh kecermatan dan ketelitian dalam memilih makanan sehat yang layak untuk dikonsumsi. Berrykitcheners tidak boleh malas membaca label informasi nilai gizi, ya! Pastikan makanan yang kamu pilih benar-benar rendah lemak dan rendah kalori.


 


Sources:



  • com/health/gallery/0,,20855740,00.html

  • com/life/6-low-fat-or-fat-free-diet-foods-you-shouldnt-eat.html/?a=viewall


Diakses pada 5 Februari 2016.

Kata Kunci: menu makanan sehat untuk diet
Bagikan ke teman Kamu