facebook

Hidangan Tradisional Penyambut Paskah di Mancanegara

Kamis, 24 March 2016 - 01:21:43 WIB
Diposting oleh : Berry
Hidangan Tradisional Penyambut Paskah di Mancanegara

Berrykitchen.com > Tips > Tips > Hidangan Tradisional Penyambut Paskah di Mancanegara

Hai Berrykitcheners! Paskah sudah di depan mata, beberapa hari lagi umat nasrani akan menyambut hari Paskah di awali dengan Jumat agung. Biasanya umat nasrani menggunakan moment ini untuk ibadah dan berkumpul bersama keluarga. Ada beberapa jenis makanan yang disajikan saat Paskah atau bakan hanya sekedar berkumpul dan bercengkrama bersama keluarga besar. Di luar Indonesia, banyak negara yang menyambut Paskah cukup meriah, buktinya ada beberapa negara yang memiliki makanan khusus dalam menyambut hari Paskah. Seperti apa makanannya dan dari negara manakah makanan itu berasal?

1. Capirotada, Meksiko

Biasanya disebut dengan Capirotada de vigilia, hidagan tradisional dari Meksiko yang mirip dengan pudding roti. Bahan bakunya mengangkat simbol dari perjalanan singkat Yesus pada saat penyaliban. Hidangan ini banyak dinikmati oleh banyak masyarakat Meksiko dan keluarga Meksiko-Amerika sebagai pengingat penderitaan Yesus di kayu salib pada Jumat Agung. Roti melambangkan tubuh Yesus, sirup melambangkan darah, kismis melambangkan paku-paku pada kayu salib, kayu manis melambangkan kayu salib dan keju yang meleleh melambangkan kain kafan.

2. Colomba Pasquale, Italia

Sering juga disebut colomba di pasqua, kue Paskah tradisional asal Italia yang terbuat dari rgi alami, mentega, tepung, gula dan telur. Hidangan ini cukup terkenal dan digemari penduduk Italia karena rasa manisnya yang khas dan bentuknya seperti burung merpati. Merpati dikenal sebagai simbol perdamaian dan umat nasrani menyebutnya lambing Yesus.

3. La Mona de Pascua, Spanyol

Pada abad ke 15, hidangan ini pertama kali dibuat. Secara tradisional kue ini memiliki bentuk yang menyerupai donat besar dengan tambahan telur rebus. Seiring berjalannya waktu, hidangan ini sering dikreasikan dengan berbagai macang toping seperti coklat dan lainnya. La Mona de Pascua merupakan hidangan yang sangat digemari masyarakat dalam menyambut Paskah.

4. Paskha, Rusia

Dalam bahasa Rusia, Paskha berarti Paskah.  Kue ini adalah hidangan atau kue penutup dalam dinikmati pada saat perayaan Paskah. Kue ini sebelumnya sempat dilarang pada saat Lent (periode enam minggu sebelum Paskah). Paskha memiiki bentuk piramida, terbuat dari keju. Pada umumnya, kue ini dihiasi dengan simbol religious seperti XB dari Christos Voskres yang memiliki arti Kebangkitan Kristus.

5. Hot Cross Buns, Inggris

Roti yang berasal dari Inggris ini berisi kismis dan bagian atasnya dihiasi dengan gula beku berbentuk salib. Hot Cross Buns sangat diminati oleh masyarakat Inggris dan sudah dinikmati selama beratus-ratus tahun. Menjalani hari raya Paskah tanpa hidangan satu ini akan terasa tidak lengkap.

Cukup unik dan menarik bukan? Setiap hidangan memiliki simbol dan makna tersendiri. Kebanyakan masyarakat Indonesia yang juga umat nasrani menggunakan waktu Paskah sebagai moment bersama keluarga dan memperingati hari yang cukup penting. Mungkin ada yang mau mencoba membuat makanan-makanan di atas? Tidak ada salahnya mencoba. Have a nice day, Berrykitcheners!!

Kata Kunci:
Bagikan ke teman Kamu