facebook

Hangatkan Tubuh Saat Sahur dengan Wedang Bajigur

Jumat, 01 July 2016 - 05:59:07 WIB
Diposting oleh : Berry
Hangatkan Tubuh Saat Sahur dengan Wedang Bajigur

Berrykitchen.com > Tips > Tips > Hangatkan Tubuh Saat Sahur dengan Wedang Bajigur

Halo Berrykitcheners! Tahukah kamu bahwa makanan dan minuman yang dikonsumsi pada saat sahur dapat mempengaruhi staminamu saat berpuasa sehari penuh? Oleh karena itu, pada saat sahur usahakan untuk membuat resep makanan praktis yang mengenyangkan dan minuman yang bisa menghangatkan sekaligus menyegarkan tubuh. Nah, kini saatnya Berrykitchen membagikan resep minuman yang pas dikonsumsi pada saat sahur!


 


Kombinasi Resep Masakan Praktis dengan Minuman Hangat


Berrykitcheners, sudahkah kamu memikirkan menu sahur untuk hari ini? Jika belum, kamu bisa memilih salah satu resep masakan praktis yang direkomendasikan oleh Berrykitchen pada blog ini. Nah, masakan praktis saat sahur ini sebaiknya dikombinasikan dengan minuman hangat. Segelas minuman hangat dapat membuat tubuh jadi terasa lebih segar saat sahur, lho. Pada kesempatan ini, Berrykitchen akan berbagi resep minuman hangat khas Sunda, yaitu Wedang Bajigur! Wah, apa saja manfaat bahan-bahan yang digunakan dalam minuman ini ya?


 


Manfaat Kopi dalam Wedang Bajigur


Bahan utama yang digunakan untuk membuat Wedang Bajigur adalah kopi hitam. Banyak orang yang masih ragu mengonsumsi kopi. Padahal, jika dicermati dengan seksama kopi menyimpan manfaat yang sehat untuk tubuh, lho.



  • Kafein di dalam kopi berperan sebagai stimulan dan zat psikoaktif yang paling umum. Keberadaan kafein di dalam kopi ini jelas dapat meningkatkan kewaspadaan, mood, dan daya ingatmu selama berpuasa. Pasalnya, ketika berpuasa kita menjadi lebih rentan lesu. Kafein dalam kopi dapat meningkatkan semangatmu saat bekerja.

  • Kopi dapat menurunkan risiko penyakit alzheimer. Sedikit informasi, alzheimer adalah gangguan neurodegeneratif yang paling umum di dunia dan penyebab utama demensia. Dalam studi prospektif, peminum kopi memiliki risiko penyakit alzheimer 60% lebih rendah dibanding orang yang tidak mengonsumsi kopi sama sekali.

  • Kopi diklaim dapat menurunkan risiko sirosis, yang merupakan tahap akhir kerusakan hati yang disebabkan oleh ketergantungan alkohol dan hepatitis. Kopi dapat menurunkan risiko sirosis hingga 80%.


 


Cara Membuat Resep Minuman Hangat Wedang Bajigur


Tak hanya perlu mengetahui cara membuat resep masakan praktis, kamu juga perlu mengetahui cara membuat resep minuman hangat yang cocok dinikmati saat sahur, seperti Wedang Bajigur ini.


 


Bahan-Bahan:



  • 2 sdm Kopi Hitam Bubuk

  • 1 liter Santan Kelapa Kental

  • 100 gr Gula Jawa / Gula Merah, yang sudah diiris halus

  • 2 sdm Gula Pasir

  • ½ sdt Garam

  • 2 lembar Daun Pandan, diikat membentuk simpul


 


Cara Membuat:



  1. Rebus santan kelapa kental di dalam panci, aduk perlahan dan tunggu hingga mendidih lalu kecilkan api

  2. Masukkan gula jawa ke dalam rebusan santan. Sembari tetap diaduk, tambahkan pula kopi hitam bubuk, dan gula pasir. Sembari menunggu hingga mendidih, terus aduk rebusan santan dan bahan-bahan lainnya ini agar tidak menggumpal

  3. Setelah mendidih, matikan api dan masukkan daun pandan ke dalamnya. Diamkan hingga rebusan bahan-bahan tersebut beraroma daun pandan

  4. Taburkan garam di atasnya, lalu kembali aduk hingga merata

  5. Ambil saringan dan letakkan di atas gelas saji. Kemudian, saring bajigur ke dalam gelas

  6. Wedang Bajigur hangat khas Sunda siap untuk diminum saat sahur


 


Bagaimana rekomendasi resep minuman hangat untuk sahur dari Berrykitchen ini? Cara membuat minuman ini semudah membuat resep masakan praktis lainnya yang dibagikan oleh Berrykitchen, kok! Selamat mencoba, Berrykitcheners.


 


Sources:



  • com/why-is-coffee-good-for-you/

  • com/nutrition/what-to-drink/6-surprising-health-benefits-of-coffee?page=2

  • com/resep-membuat-wedang-bajigur-nikmat-dan-hangat/

  • com/cara-membuat-bajigur-hangat-enak-khas-sunda/


Diakses pada 25 Mei 2016.


 

Kata Kunci: Hangatkan Tubuh Dengan Wedang Bajigur
Bagikan ke teman Kamu