facebook

Fakta dan Mitos Puasa

Senin, 29 May 2017 - 17:33:57 WIB
Diposting oleh : Berry
Fakta dan Mitos Puasa

Berrykitchen.com > Tips > Tips > Fakta dan Mitos Puasa

Hai Berrykitcheners! Sebagai bagian dari ibadah, umat muslim menjalankan puasa selama sebulan penuh di bulan Ramadhan. Telah ditanamkan secara turun temurun dari kecil, puasa pun sudah mendarah-daging dalam dirimu. Karena ditanamkan sejak kecil oleh generasi sebelumnya, puasa kerap lekat dengan sejumlah mitos yang menarik. Namun apakah mitos tersebut benar? Simak yuk!

 

1. Jangan berolahraga

wx

 

Selama hampir satu hari penuh menahan haus dan lapar, banyak dari kamu menghindari kegiatan yang satu ini. Padahal jika puasa dilakukan hanya dengan berdiam diri saja, waktu akan terasa berjalan dengan lama, sementara kadar gula darah jadi lebih cepat turun karena sel-sel tubuh tidak beraktivitas. Huh, makin lemas deh bila sudah begitu. Untuk itu, kamu bisa melakukan olah raga dengan intensitas ringan hingga sedang. Sebaiknya olahraga dilakukan setengah jam menjelang berbuka puasa untuk menangani rasa haus yang bisa menyergap segera setelah kamu selesai berolahraga.

 

2. Dapat menurunkan berat badan

axa

 

Yup! Salah satu manfaat puasa yang puasa favoritmu nih, Berrykitcheners. Setelah 11 bulan kamu asik cemal-cemil setiap saat, akhirnya puasa lah yang menjadi penyelamat berat badanmu. Puasa sangat bisa menjadi program diet yang bagus, namun itu semua bergantung pada dirimu sendiri. Jika saat berbuka kamu makan terlalu banyak dan berlebihan, berat badanmu justru akan bertambah lho. Hindari terlalu banyak mengonsumsi makanan berkalori tinggi, dan berkarbohidrat tinggi. Kamu bisa menyantap buah, sayuran, dan daging tanpa lemak.

 

3. Menyembuhkan berbagai penyakit

swdq

 

Salah satu berkah Ramadhan yang bisa kamu nikmati. Puasa dapat menyembuhkan berbagai penyakit seperti hipertensi, asam urat, mag, hingga diabetes. Namun semua bergantung pada kedisiplinan kamu sendiri, Berrykitcheners. Bagi penderita asam urat, kamu tetap harus menghindari daging berlemak, kacang-kacangan, dan sayuran berwarna hijau tua. Selain itu, puasa juga dijadikan sarana detoksifikasi oleh tubuh. Jika biasa sistem pencernaanmu tidak bisa istirahat dengan nyaman, maka saat sebulan berpuasa membuat penceranaan mandapat kekuatannya kembali.

 

4. Ibu menyusui tidak boleh puasa

wxw

 

Pernah dengar mitos tersebut? Faktanya, menurut Florentina R Wahjuni, ahli kesehatan holistik medis, RS Melia Cibubur, puasa tidak memengaruhi kualitas ASI. Namun yang dikhawatirkan pada ibu menyusui ialah rasa haus dan mengalami dehidrasi. Sebab itu, sangat penting menjaga kesehatan terutama bagi ibu menyusui. Kamu harus memerhatikan kebutuhan nutrisi, protein, vitamin, cairan, dan elektrolit. Minum air putih 8 gelas per hari, dan penuhi kebutuhan kalori harian yang mencapai 700 tambahan kalori atau setidaknya 500 kalori. Kamu pun dapat mengonsumsi daun katuk untuk membantu memperlancar ASImu.

 

Jika sejak kecil kamu sudah mendengar fakta dan mitos tersebut, kini tidak penasaran lagi bukan menyikapi mitos dan fakta di atas? Fakta dan mitos seputar puasa pun dapat menjadi penyemangatmu dalam berpuasa. Semoga bermanfaat ya, Berrykitcheners!

Kata Kunci: Fakta dan Mitos Puasa
Bagikan ke teman Kamu

Gunakan voucher sebelum waktu habis 00 : 00
tutup