facebook

Es Campur Ala Dunia

Selasa, 18 October 2016 - 16:00:08 WIB
Diposting oleh : Berry
Es Campur Ala Dunia

Berrykitchen.com > Tips > Tips > Es Campur Ala Dunia

Hai Berrykitcheners!  Bagi kamu penggemar rasa manis, makanan manis memang cocok dimakan dalam suasana apa pun, terlebih jika sedang bad mood. Tidak hanya dijadikan makanan, rasa manis juga tepat dikombinasikan dengan es yang dingin. Terlebih jika cuaca sedang  panas. Es manis apa yang jadi favoritmu? Es krim, es potong, atau es campur? Bicara tentang es campur, ternyata es campur yang selama ini kita kenal sebagai minuman lokal, memiliki beberapa versi di manca negara lho. Yuk langsung disimak!

 

1. Halo-halo

yguyg

Di Fillipina, es campur dikenal dengan sebutan Halo-halo atau Halu-halo. Halo diserap dari bahasa tagalog yang berarti es campur. Dalam penyajiannya es campur ini dihidangkan dengan aneka ragam bahan seperti kelapa kopyor, nata de coco, kacang, kolang-kaling, ubi manis, pisang, dan buah-buahan lainnya. Ups! Tunggu dulu, es campur memang belum lengkap jika belum ditambahkan susu kental manis di atasnya. Susu kental manis ditambah di atasnya lengkap dengan es krim.

 

2. Es air mata kucing

yty

Jika Indonesia menggunakan istilah lidah kucing untuk salah satu jenis kue manis, maka di Malaysia ada es air mata kucing. Disebut dengan mata kucing karena minuman ini menggunakan buahlengkeng yang dikenal dengan sebutan mata kucing di Negeri Jiran tersebut. Es ini menggunakan campuran sirup lo han kuo, buah kundur, lengkeng, dan gula batu. Tidak seperti kebanyakan es campur lainnya, minuman ini tidak menggunakan es serut, melainkan menggunakan es batu di dalamnya. Penggunaan lo han kuo dan bahan-bahan lain membuat es ini tergolong menyehatkan. Jika biasa es disalahkan sebagai penyebab kamu batuk waktu kecil, maka sebaliknya dengan es yang satu ini. Minuman ini berguna untuk membantu mengurangi batuk, radang tenggorokan, panas dalam, serta meningkatkan vitalitas tubuh.

 

3. Patbingsoo

uyguyghjyb

Buat kamu yang mengira Patbingsoo sebagai salah satu nama kafe dessert, ternyata patbingsoo juga merupakan istilah yang digunakan oleh penduduk Korea dalam menamai es campur favorit ini. Kata pat memiliki arti kacang merah. Jadi sudah kelihatan nih, patbingsoo mulanya memang terdiri dari es serut dan pasta kacang merah. Namun kini, patbingsoo telah banyak dikreasikan dengan bermacam toping. Mulai dari kobinasi es krim berbentuk telur mata sapi, kacang, buah-buahan, oreo, dan lainnya. Beberapa patbingsoo kini juga menggunakan es serut yang sangat halus dan memiliki aroma vanilla atau rasa susu yang lembut dan nikmat.

 

Gimana dengan es campur kita? Tentunya tidak kalah dengan varian es campur di atas dong. Kendati begitu, minuman-minuman es campur tersebut memang menggoda ya Berrykitcheners. Terlebih bila dikonsumsi di hari yang panas. Wah, kalau sudah begitu rasanya tidak mau berhenti makan manis ya.

 Referensi: Resep Masakan Nusantara

 

Kata Kunci: Es Campur Ala Dunia
Bagikan ke teman Kamu

Gunakan voucher sebelum waktu habis 00 : 00
tutup