facebook

Diet Rendah Kolesterol

Senin, 04 April 2016 - 02:36:24 WIB
Diposting oleh : Berry
Diet Rendah Kolesterol

Berrykitchen.com > Tips > Tips > Diet Rendah Kolesterol

Hai, Berrykitcheners! Terima kasih untuk respon baik terhadap ask nutritionist minggu kemarin mengenai diet rendah kolesterol. Kami merangkum dan menyaring beberapa pertanyaan yang masuk ke email ahli nutrisi kami dan akan dibagikan ke dalam postingan berikut sehingga kamu yang belum sempat ikutan ask nutritionist minggu kemarin bisa mendapatkan informasi juga. Yuk disimak ya!


Q: mau tanya bagaimana diet untuk menurunkan kolesetrol yang baik? makanan apa yang sebaiknya dipilih dan harus dihindari? untuk penggunaan minyak goreng apa jenis yang terbaik untuk menghindari kolesterol?


A: Diet menurunkan kolesterol diperuntukkan bagi orang dengan kadar kolesterol tinggi di dalam darah yang dikenal dengan Diet Rendah Kolesterol. Nilai kolesterol dapat dilihat melalui cek darah, kadar kolesterol yang normal di dalam darah adalah 160 - 200 mg/dl (Nilai Total Kolesterol di dalam Tubuh). Pada prinsipnya diet rendah kolesterol untuk mengurangi kadar kolesterol dan lemak jenuh yang ada didalam makanan. Maka dari itu, harus mengindari makanan yang mengandung kolesterol tinggi per 100 gr seperti  kuning telur, daging merah, udang, produk susu, dll.


 


BAHAN MAKANAN YANG BOLEH DIBERIKAN
• Beras, kentang, macaroni, mie, bihun, havermut, roti tawar (whole wheat lebih dianjurkan)
• Ikan, ayam tanpa kulit, daging tanpa selap lemak, putih tellur
• Tempe, tahu, kacang kacangan
• Semua sayur boleh diberikan
• Semua jenis buah kecuali durian, alpukat dan nangka
• Lemak/ minyak tidak jenuh :minyak jagung, minyak biji bunga matahari, minyak kedelai, minyak wijen, minyak zaitun, margarine
• Susu non fat, keju low fat

BAHAN MAKANAN YANG TIDAK BOLEH DIBERIKAN
• Jeroan, kuning telur, udang, kerang, cumi, kepiting
• Susu full cream, mentega. Keju, santan kental
(Sunita Almatsier. Penuntun Diet Edisi Baru (Jakarta : Instalasi Gizi Perjan RS DR. Cipto Mangunkusumo dan Asosiasi Dietitien Indonesia)


 


Untuk pertanyaan mengenai minyak goreng, sebenarnya minyak goreng atau minyak kelapa sawit bukan termasuk kolesterol. Semua makanan nabati tidak mengandung kolesterol tetapi mengandung sterol lain yaitu fitosterol, yang dapat menyebabkan menjadi kolesterol adalah bahan makanannya yang diolah dengan minyak goreng. Namun, ibu dapat memilih minyak lemak tak jenuh tunggal dan lemak tak jenuh ganda untuk menggoreng seperti minyak kanola, minyak kedelai, dan minyak jagung.


 


Kolesterol adalah zat yang fungsinya sangat penting bagi tubuh. Sebenarnya zat ini merupakan zat lemak yang dikenal sebagai lipid. Lipid dalam sumber makanan hewani disebut dengan kolesterol, sedangkan lipid pada sumber makanan nabati disebut fitosterol, Di dalam tubuh, kita juga menyimpan kolesterol di dalam di hati, kadar normal kolesterol di dalam tubuh adalah 160 - 200 mg/dl (Total Kolesterol). Apabila  jumlah kolesterol tersebut melebihi yang dibutuhkan, maka kolesterol itu akan mengendap pada dinding-dinding arteri dan menyebabkan penyakit aterosklerosis, kolesterol yang membawa penyakit disebut dengan  LDL (Low Density Lipoprotein) atau dikenal sebagai kolesterol jahat. 


Kolesterol dapat mengendap pada dinding arteri, maka aliran darah di jantung, otak, dan bagian tubuh lainnya bisa terhambat. Jadi kolesterol tinggi meningkatkan risiko seseorang terkena penyempitan arteri atau aterosklerosis, penggumpalan darah di bagian-bagian tubuh tertentu, dapat menyebabkan stroke dan serangan jantung.


Menurut data WHO, sekitar 35% penduduk Indonesia mempunyai kolesterol yang lebih tinggi dari normal, namun hanya sedikit orang yang sadar untuk mengecek kadar kolesterolnya melalui medical check up.


Untuk mencegah dan menjaga kolesterol tetap normal dengan cara : 


- Memakan makanan yang seimbang


- Menghindari makanan yang mengandung lemak jenuh 


- Banyak makanan makanan yang mengandung tinggi serat. Serat dapat diperoleh dari semua jenis sayur dan buah (kecuali buah durian,nangka, cimpedak)


- Melakukan aktivitas fisik (olahraga atau kegiatan rutin yang dapat membakar lemak di dalam tubuh)


- Menjauhkan dari merokok, meminum minuman yang mengandung alkohol


- Mengontrol berat badan


 


Q: Apakah olahraga teratur di gym 1jam selama 3x dalam 1 minggu dapat menurunkan kadar kolesterol di dalam darah ? 


A: Ya betul, menurut penelitian HDL (lemak baik) juga dapat ditingkatkan dengan cara aktivitas fisik yang rutin, ketika kita berolahraga dengan rutin dan teratur tubuh sudah menangkap sinyal untuk memberikan impuls ke otak untuk memberikan respon kepada organ hati untuk memproduksi HDL, sehingga HDL akan didistribusikan untuk menghadang dan mengikis LDL (lemak jahat) yang telah menumpuk di dinding arteri (Sumber Buku Terapi Gizi dan Diet Rumah Sakit, dr. Andry Hartono, SpGK). Oleh karena itu, olahraga juga sangat penting dalam menurunkan kadar kolesterol di dalam darah,  Apabila Bapak sudah memiliki program 1 jam 3 x dalam 1 minggu, Lakukan secara rutin dan teratur agar kadar HDL bapak meningkat.


 


Semoga informasi dari kami membantu. Have a nice day, Berrykitcheners!

Kata Kunci:
Bagikan ke teman Kamu